Wednesday , 24 July 2024
Home / TAMBANG MINERAL & BATUBARA / PT Freeport Indonesia Pecahkan Rekor Dunia: Bentangkan Bendera Terbesar di Puncak Grasberg dalam Rangka HUT ke-78 RI
PTFI berhasil membentangkan bendera merah putih berukuran 3.431,25 m2 di area tambang terbuka Grasberg pada ketinggian 4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl). Penghargaan pembentangan bendera ini diterima oleh Presiden Direktur PTFI Tony Wenas pada Rabu, 16 Agustus 2023.

PT Freeport Indonesia Pecahkan Rekor Dunia: Bentangkan Bendera Terbesar di Puncak Grasberg dalam Rangka HUT ke-78 RI

RESOURCESASIA.ID, TEMBAGAPURA PT Freeport Indonesia (PTFI) mengukir sejarah dunia dengan memecahkan Guinness World Records (GWR) untuk pembentangan bendera ukuran raksasa di gunung dan mengalahkan rekor dunia bendera terbesar sebelumnya dengan ukuran 2.742,43 meter persegi (m²). PTFI berhasil membentangkan bendera merah putih berukuran 3.431,25 m² di area tambang terbuka Grasberg pada ketinggian 4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-78 RI yang dilakukan oleh PTFI dengan tema “Kita Satu, Melaju untuk Indonesia Maju”. Penghargaan pembentangan bendera ini diterima oleh Presiden Direktur PTFI Tony Wenas pada Rabu, 16 Agustus 2023.

“Pembentangan bendera ini menggambarkan semangat kami dalam merayakan HUT ke-78 RI, semangat Kita Satu, memberikan yang terbaik untuk Indonesia Maju. Hal ini juga merupakan penegasan kembali dedikasi kami untuk Negeri. Meskipun berhadapan dengan ketinggian 4.285 mdpl beserta semua risiko yang ada, semangat kami terus berkobar. Saya percaya semangat ini yang akan membawa kami untuk terus berdedikasi, bekerja sama, dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” ungkap Presiden Direktur PTFI Tony Wenas

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas dan Ibu Roshita Wenas, beserta jajaran direksi PTFI membelakangi bendera merah putih berukuran 3.431,25 m2 di area tambang terbuka Grasberg pada 16 Agustus 2023. Pembentangan bendera ini berhasil memecahkan rekor dunia dan menerima penghargaan dari Guinness World Records.

Pembentangan bendera terbesar ini dilakukan sejak 14 Agustus 2023 di lokasi tertinggi area tambang terbuka Grasberg, yang dioperasikan PTFI sejak tahun 1991 dan selesai penambangannya di tahun 2020. Saat ini penambangan PTFI telah beralih ke tambang bawah tanah yang masih berada di area Grasberg. Kolaborasi dan kekompakan anggota tim dalam mengatasi berbagai tantangan memiliki peran utama dalam meraih kesuksesan pemecahan rekor dunia ini. Acara ini ditutup dengan konser musik KITA SATU, yang menghadirkan band legendaris Indonesia, Slank. Konser yang juga meraih rekor MURI sebagai konser musik tertinggi di Indonesia, diselenggarakan di area Tambang Grasberg Freeport Indonesia pada ketinggian 4.285 mdpl.

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas (kanan) dan Kepala Teknik Tambang PTFI, Carl Tauran (kiri) menerima sertifikat rekor dunia untuk pembentangan bendera terbesar di gunung dari Guinness World Records. PTFI mengalahkan rekor dunia bendera terbesar sebelumnya dengan ukuran 2.742,43 m2 dengan membentangkan bendera merah putih berukuran 3.431,25 m2 di area tambang terbuka Grasberg.

Sebelumnya, PTFI telah meraih rekor MURI pada tahun 2022 untuk pertunjukan musik yang digelar di lokasi terdalam, 1.220 meter di bawah permukaan tanah. Berlokasi di area Grasberg Block Caving (GBC) tambang bawah tanah PTFI. (Rama)

Foto : Dok PTFI

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Implementasi Prinsip Berkelanjutan, MIND ID Jaga Stabilitas Sektor Pertambangan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID terus memperkuat komitmen implementasi prinsip sustainability …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *