Saturday , 22 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Produksi Minyak PT Pertamina EP Jatibarang Field Meningkat

Produksi Minyak PT Pertamina EP Jatibarang Field Meningkat

Resourcesasia.id, Indramayu – Menutup akhir triwulan pertama 2017, PT Pertamina EP selaku anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak di industri hulu migas dan merupakan Kontraktor Kontrak Kerjasama di bawah naungan SKKMigas menunjukkan kinerja yang positif.

Peningkatan produksi kali ini didapatkan dari hasil reparasi sumur atau Kerja Ulang Pindah Lapisan (KUPL) Sumur XA 09 di lapangan lepas pantai Platform XRay yang dioperasikan oleh Jatibarang Field.

“Sumur XA-09 merupakan sumur existing, dimana pekerjaan yg dilakukan adalah Reparasi Sumur pindah lapisan dari existing Lapisan X-35 & Lapisan X-32 (commingle) ke lapisan X-26 (single completion)”, ujar Herman Rachmadi Jatibarang Field Manager, Senin (28/3).

Sebelumnya, produksi terakhir sumur XA-09 lapisan X-35 & X-32 per tanggal 3 Februari 2017 dengan tingkat produksi minyak mentah sebesar 87 Barel Oil Per Day (BOPD).

Setelah dilakukan reparasi sumur, dengan pindah lapisan ke X-26, tercatat saat tanggal 22 Maret 2016, produksi XA-09 meningkat dan stabil dengan tingkat produksi minyak mencapai 2011 BOPD. Dan per tanggal 27 Maret 2017 produksi minyak XA09 mencapai 2532 BOPD.

Lebih lanjut, Herman Rachmadi menjelaskan bahwa untuk mencapai peningkatan produksi di sumur XA09, metode yang digunakan adalah mengoptimalkan Lifting dengan Electronic Submersible Pump (ESP).

“Kami selaku manajemen PT Pertamina EP mengapresiasi apa yang sudah diraih oleh rekan – rekan pekerja di Jatibarang Field, yang mampu mengoptimalkan asset yang ada dan berhasil mendapatkan penambahan produksi minyak”, ujar Nanang Abdul Manaf, PTH President Director PT Pertamina EP saat ditemui di sela kegiatannya.(Rama)

Foto: Ist

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

SKK Migas Tetapkan Standarisasi Pengukuran CO2 Pada Program CCS/CCUS

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA –¬†Untuk memperkuat program Carbon Capture Storage/Carbon Capture Utilization Storage (CCS/CCUS) guna mendukung target …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *