Wednesday , 3 March 2021
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Salurkan Bantuan di 12 Titik PLT Dirut Pertamina Semangati Pengungsi di Lombok

Salurkan Bantuan di 12 Titik PLT Dirut Pertamina Semangati Pengungsi di Lombok

RESOURCESASIA.ID, LOMBOK – PT Pertamina (Persero) telah menyalurkan bantuan di 12 titik posko pengungsian korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sebagai bentuk dukungan, Plt Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengunjungi korban gempa di pengungsian, sekaligus memantau operasi penyaluran BBM dan LPG serta penyerahan bantuan.

Kunjungan tersebut sekaligus menyerahkan tambahan bantuan meliputi logistik berupa sembako, makanan bayi dan Ibu menyusui, pakaian serta selimut.

Bantuan dalam bentuk sarana dan prasarana, seperti penambahan 3 unit Mandi Cuci Kakus (MCK), Land clearing dan tangga menuju MCK, Genset, Terpal, Lampu dan jaringan kabel, dan senter. Adapun untuk bahan bakar, Pertamina menyerahkan bantuan 4 (empat) Bright Gas 12 Kg untuk Umat Hindu di Posko Terengan.

PLT Direktur Utama, Nicke Widyawati didampingi Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Agus Mashud terjun langsung melihat kondisi yang dialami warga terdampak bencana di tenda-tenda pengungsian Desa Pemenang Timur, Lombok Utara, pada Senin (13/8/2018).

Nicke Widyawati mengapresiasi pemuda Desa Pemenang Timur. Di tengah bencana yang telah dialami oleh masyarakat Lombok, pemuda di desa tersebut sangat kompak serta memiliki inisiatif yang tinggi. Para pemuda yang mengerjakan sesuatu secara mandiri, seperti pembagian makanan yang terorganisir dengan baik.

“Kami ingin datang langsung ke sini (Lombok Utara) bertemu dengan masyarakat yang terkena dampak bencana untuk memberikan support supaya semuanya tetap semangat, tetap positif. Saya senang sekali, di sini pemudanya berinisitif mengerjakan langsung semuanya secara mandiri sehingga untuk makan dan semuanya sudah organize. Ini contoh yang bagus. Bila di contoh desa lain tentu akan sangat baik,” ujar Nicke.

Di 3 (tiga) titik pengungsian di Desa Pemenang Timur yang dihuni sekitar 2.500 pengungsi, bantuan logistik, prasarana dan sarana Pertamina terus mengalir secara bertahap, berikut penempatan tim medis dari Pertamedika.

“Semua kebutuhan sehari-sehari ada, juga tim medis dari Perta Medika kita terjunkan. MCK sudah dibangun tiga, sekarang lagi dibangun lagi, kita akan tambah. Kita bertahap sesuai dengan kebutuhan. Yang penting sekarang semuanya punya tempat untuk tidur, kesehatannya terjamin, kemudian untuk makan cukup. Itu yang basic kita penuhi,” tambahnya.
Nicke terus memberikan dukungan kepada warga terdampak, ia berpesan untuk pengungsi diharapkan tetap semangat, dan mengambil sisi positif juga hikmah dari bencana ini. Ia menegaskan Pertamina akan mendukung masyarakat dibantu oleh Pemerintah Pusat dan Daerah.
“Tetap semangat. Setelah menghadapi masa ini, nanti ada pasca bencana, harus rekonstruksi, dan itu tentu perlu juga kontribusi atau peran dari masyarakat. Jadi kita bersama-sama, Pertamina akan support dan masyarakatnya juga secara mandiri dibantu oleh pemerintah pusat dan juga daerah,” katanya. (RA)

Sebagai informasi, pasca gempa Lombok hingga 12 Agustus 2018, Pertamina telah menyalurkan bantuan di 12 lokasi sebagai berikut :

• Posko Tanggap Darurat Sembalun (Sembako, BBM, LPG)

• Posko Tanggap Darurat Sambalia (BBM, LPG)

• Posko Utama Tanjung (BBM)

• Komando Daerah Militer (BBM)

• Dinas Pekerjaan Umum (BBM)

• RS Darurat Tanjung Wangi (BBM)

• Posko Kecamatan Pamenang (Air Mineral, BBM, LPG, Tenda)

• Dapur Umum PLN (LPG)

• Dapur Umum Rembige (LPG)

• Titik Posko 1 Pertamina Peduli Kecamatan Pamenang (Sembako, LPG, BBM, Tenda, Tim Medical, Obat-obatan, dll)

• Titik Posko 2 Pertamina Peduli Kecamatan Pamenang (Sembako, LPG, BBM, Tenda, dll)

• Titik Posko 3 Pertamina Peduli Kecamatan Pamenang (Sembako, LPG, BBM, Tenda, dll)

Foto: Sumber foto sindonews.com

Check Also

Pertashop Perdana di Sultra, Warga Horodopi Koltim Tak Lagi Mahal Beli BBM

RESOURCESASIA.ID, KOLAKA TIMUR – Haru dan bahagia, itulah yang dirasakan Safruddin (49) warga Kelurahan Horodopi, …

Leave a Reply