Friday , 14 June 2024
Home / ENERGI TERBARUKAN / Pertamina Geothermal Energy Tbk Umumkan Pengurus Perseroan Baru RUPST Tahun 2023

Pertamina Geothermal Energy Tbk Umumkan Pengurus Perseroan Baru RUPST Tahun 2023

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) mengumumkan jajaran pengurus Perseroan baru pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan di Jakarta, Selasa (28/5). Kehadiran pengurus baru di jajaran Dewan Komisaris dan Direksi diharapkan dapat memperkuat posisi PGE dalam pengembangan panas bumi di Indonesia.

RUPST yang diselenggarakan di Graha Pertamina secara resmi mengangkat Edwil Suzandi sebagai Direktur Eksplorasi dan Pengembangan. RUPST juga menetapkan dua anggota Dewan Komisaris PGE baru, yaitu Abdulla Zayed sebagai Komisaris Independen dan John Eusebius Iwan Anis sebagai Komisaris.

Direktur Utama PGE, Julfi Hadi menyatakan bahwa pergantian jajaran pengurus Perseroan merupakan langkah strategis untuk memperkuat posisi PGE sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia. “Kehadiran pengurus baru Perseroan diharapkan memberikan energi baru untuk mewujudkan visi Perseroan sebagai perusahaan 1 GW dalam dua tahun ke depan dengan berbagai kegiatan eksplorasi dan pengembangan bisnis,” kata Julfi Hadi.

BACA JUGA:

Pertamina Geothermal Energy, GDC dan AGIL Sepakati Percepatan Pengembangan 2 Lapangan Panas Bumi di Kenya

*Edwil Suzandi* menggantikan Rachmat Hidajat sebagai Direktur Eksplorasi dan Pengembangan. Sebelumnya, Edwil menjabat sebagai Executive Vice President Upstream Business di PT Pertamina Hulu Rokan. Dengan dedikasi untuk mendorong kemandirian energi nasional, Edwil berkontribusi pada berbagai pencapaian selama berkiprah di Wilayah Kerja (WK) Rokan, salah satu blok minyak dan gas (migas) terbesar di Indonesia. Salah satunya adalah pencatatan lifting migas hingga 59 juta barel pada 2023 di blok tersebut, menjadikan WK Rokan sebagai produsen minyak terbesar di Indonesia.

Berkiprah di PT Pertamina sejak tahun 2010, Edwil telah menduduki berbagai jabatan strategis di proyek pengembangan hulu migas. Beliau pernah menjabat sebagai Vice President Production & Project PT Pertamina Hulu Energi, Direktur Operasional dan Country Manager Pertamina Algeria EP, dan Vice President Country Operation Pertamina Internasional EP Iraq. Dengan pengalaman panjang di bidang eksplorasi migas, kehadiran Edwil Suzandi diharapkan mampu memperkuat aktivitas pengembangan bisnis PGE ke depan.

Selain mengumumkan pergantian Direksi, Perseroan juga menyampaikan pergantian pada dua anggota Dewan Komisaris.

Abdulla Zayed, menggantikan Sujit S. Parhar, Abdulla merupakan Direktur Pengembangan dan Investasi Wilayah Asia dan Afrika di Masdar, perusahaan pengembang energi terbarukan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Berkiprah di bidang energi selama hampir 15 tahun, Ia pernah menjabat berbagai posisi strategis, salah satunya adalah sebagai Renewable Energy Financial and Commercial Analyst di Masdar. Saat ini, Abdulla Zayed turut menjabat sebagai Direktur Utama MW Energy, sebuah joint venture antara Masdar dan W Solar Investment, anak perusahaan investasi Alpha Dhabi. Kehadiran Abdulla Zayed merupakan inisiatif Perseroan untuk mengadopsi perspektif global dan memanfaatkan keahlian internasional dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan bisnis Perseroan.

BACA JUGA:

PGE Tetapkan Dividen Sebesar USD128,4 Juta

Lalu, John Eusebius Iwan Anis, menggantikan Dannif Danusaputro, menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina Power Indonesia. Ia pernah menduduki berbagai jabatan strategis di PT Pertamina (Persero), yaitu sebagai Direktur Utama PT Pertamina Hulu Indonesia dan Direktur Utama PT Pertamina Internasional EP. Dalam kiprahnya di PT Pertamina Hulu Indonesia, John Eusebius Iwan Anis berkontribusi dalam mendorong inovasi sehingga mampu melampaui target produksi migas. Kehadiran John Anis, dengan pengalamannya selama hampir 30 tahun di sektor energi, akan membantu Perseroan untuk terus mendorong optimalisasi kinerja produksi dan operasi.

Pengangkatan jajaran pengurus Perseroan baru ini diharapkan dapat mengantarkan PGE menjadi lebih tangguh dalam menghadapi tantangan saat ini dan di masa depan, termasuk mengawal transisi energi nasional menuju energi baru dan terbarukan dan upaya mencapai Net Zero Emission. PGE memiliki sejumlah sasaran strategis dalam pengembangan bisnisnya, termasuk pencapaian target kapasitas pembangkitan 1 GW dalam dua tahun ke depan.

Julfi Hadi mengucapkan terima kasih kepada Direksi dan Dewan Komisaris PGE atas dedikasi dan kerja kerasnya selama mengemban amanah di Perusahaan. “Kami berharap Anda terus menorehkan prestasi di masa yang akan datang setelah bekerja dengan sangat baik untuk PGE,” tutur Julfi Hadi.

Secara lengkap, susunan anggota Dewan Direksi dan Dewan Komisaris PT Pertamina Geothermal Energy Tbk adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris
Komisaris Utama/Independen : Sarman Simanjorang
Komisaris Independen : Abdulla Zayed
Komisaris: John Eusebius Iwan Anis
Komisaris: Harris

Direksi
Direktur Utama: Julfi Hadi
Direktur Eksplorasi dan Pengembangan: Edwil Suzandi
Direktur Operasi: Ahmad Yani
Direktur Keuangan: Yurizki Rio.  (Rama Julian)

Foto: Dok PGE

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Program Gerilya Academy Antar Kementerian ESDM Raih Penghargaan “Sustainability Initiative” se-Asia

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM) berhasil meraih penghargaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *