Thursday , 20 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Pecah Rekor, Pertamina Group Borong 34 Penghargaan PROPER Emas dari KLHK
Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati meraih penghargaan Green Leadership Utama sebagai pimpinan tertinggi perusahaan yang memperoleh peringkat emas dalam acara penghargaan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup (PROPER) periode 2022 – 2023 yang di selenggarakan di Birawa Assembly Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, (20/12/2023). (Biro Sekretariat Wakil Presiden).

Pecah Rekor, Pertamina Group Borong 34 Penghargaan PROPER Emas dari KLHK

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) dengan subholding dan anak usahanya berhasil memboyong 34 penghargaan PROPER Emas pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

KLHK juga memberikan penghargaan 76 PROPER Hijau untuk berbagai unit operasi Pertamina. Capaian PROPER Emas Pertamina Grup di tahun ini meningkat tajam dibanding tahun lalu yang sebanyak 20 PROPER Emas. Secara nasional, Pertamina berhasil menyabet 43 persen PROPER Emas dari total 79 PROPER Emas di tahun 2023. Pemberian PROPER ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin pada Selasa (20/12) di Hotel Bidakara, Jakarta.

Tak hanya itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga berhasil mendapatkan penghargaan Green Leadership Utama sebagai pimpinan tertinggi perusahaan yang memperoleh peringkat emas. Pertamina juga memborong 3 penghargaan Green Leadership Madya yang diraih para pimpinan subholding dan anak perusahaan.

Penghargaan Green Leadership Utama dan Madya diberikan kepada pimpinan Pertamina yang dinilai mampu memberikan solusi atas lima isu prioritas menyelamatkan bumi dan kemanusiaan yaitu mengakhiri kemiskinan, mengurangi ketimpangan, pemberdayaan perempuan, sistem pangan yang sehat & berkelanjutan, dan transisi energi.

BACA JUGA :

Konsisten Terapkan GCG, Pertamina Raih Predikat Badan Publik Informatif

Hal ini sejalan dengan keberhasilan Pertamina dalam mengelola energi terbarukan, pengelolaan air secara bertanggung jawab, sumber daya alam, membangun fisik infrastruktur untuk menjaga kesehatan ekosistem dan komunitasnya, serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan, memperlakukan secara adil dan tidak diskriminasi.

Direktur Utama Pertamina (Persero) Nicke Widyawati

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin mengungkap PROPER menjadi platform bagi perusahaan untuk ambil bagian dalam Pembangunan Berkelanjutan. Perusahaan mencegah kerusakan lingkungan dan pencemaran akibat aktivitas industri. PROPER juga menjadi kompas untuk memandu praktik bisnis berkelanjutan. Perusahaan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau dan dorong capaian melebihi ketaatan terhadap peraturan.

Menurut Ma’ruf, PROPER juga mengembangkan kriteria penilaian. Kriteria penilaian daur hidup, inovasi sosial, penilaian kepemimpinan hijau. PROPER juga membutuhkan transformasi penilaian ke depan, mendukung komitmen pemerintah terhadap penguatan aksi iklim dan pencapaian prioritas pembangunan nasional, menjawab dinamika tantangan global.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersama seluruh pemenang PROPER Emas dan Hijau Pertamina Grup.

“PROPER sepatutnya menjadi kompas yang mampu memandu praktik bisnis berkelanjutan dengan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau, bahkan mendorong capaian yang melebihi ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup. Selamat kepada penerima anugerah PROPER terutama peringkat emas dan CEO penerima penghargaan kepemimpinan hijau. Semoga menjadi contoh nyata yang menginspirasi dan mendorong kinerja Perusahaan lainnya,” ujar Ma’ruf.

BACA JUGA :

Kembangkan Potensi Panas Bumi, Pertamina Geothermal Energy Bangun PLTP Lumut Balai Unit 2 

Direktur Utama Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkap rasa syukur dan bangganya terhadap Perwira Pertamina di seluruh Indonesia atas pencapaian PROPER yang diselenggarakan oleh KLHK. Meski demikian, Nicke mengatakan agar tidak boleh berpuas diri, karena masih banyak tantangan ke depan agar Pertamina bisa lebih baik lagi.

“Syukur Alhamdulillah saya bangga sekali dan ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh perwira karena tahun ini pencapaiannya luar biasa. Kalau tahun lalu PROPER Emasnya hanya 20 sekarang jadi 34. Semua subholding ini pencapaiannya luar biasa. Selain itu juga kita mendapat 76 PROPER Hijau dan saya sendiri mendapatkan Green Leadership Utama, yang lebih membanggakan lagi Green Leadership Madya 3 dan tiga-tiganya kita borong. Tapi jangan berpuas diri masih banyak yang harus kita kerjakan, tahun depan harus lebih baik lagi dan pasti bisa,” kata Nicke.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan keberhasilan Pertamina memborong 34 PROPER Emas merupakan wujud nyata komitmen Pertamina dalam menjalankan usaha yang berbasis pada kepedulian lingkungan.

“Sebagai pemimpin transisi energi di Indonesia, Pertamina akan terus menjalankan bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Penghargaan ini diharapkan akan meningkatkan investor global terhadap praktik bisnis Pertamina yang telah konsisten menerapkan aspek ESG di seluruh operasionalnya,” ujar Fadjar.

Raihan PROPER Emas tahun 2023, imbuh Fadjar, tersebar di 5 Subholding yakni Upstream (12 PROPER Emas), Power & New Renewable Energy (3 PROPER Emas), Refining & Petrochemical Subholding (4 PROPER Emas), Commercial & Trading Subholding (12 PROPER Emas) dan Gas (3 PROPER Emas).

BACA JUGA : 

Percepat Transisi Energi, Pertamina Gandeng Perusahaan Jepang JOGMEC Mempercepat Transisi Energi

“Pertamina terus komitmen mendukung target pemerintah mencapai NZE di tahun 2060 dengan mengurangi emisi dan melakukan berbagai inovasi dekarbonisasi di berbagai sektor sehingga seluruh proses bisnisnya dijalankan dengan ramah lingkungan,” imbuh Fadjar.

Berikut Daftar Pertamina Group Penerima PROPER Emas 2023

1. Pertamina EP Field Rantau
2. Pertamina Hulu Energi – Jambi Merang
3. Pertamina EP Asset 5 – Field Sangasanga
4. Pertamina Hulu Kalimantan Timur Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS)
5. Pertamina Hulu Kalimantan Timur (DOBU)
6. Badak NGL
7. Pertamina Hulu Energi – West Madura Offshore (PHE WMO)
8. Pertamina EP Asset 4 – Field Sukowati
9. Pertamina EP Asset 4 – Field Donggi Matindok
10. JOB Pertamina – Medco E&P Tomori Sulawesi
11. Pertamina EP Asset 2 – Field Limau
12. Pertamina EP Asset 2 – Field Pendopo
13. Refinery Unit II Sungai Pakning
14. Refinery Unit III Plaju
15. Refinery Unit VII Kasim
16. Polytama Propindo
17. Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang
18. Pertamina Geothermal Energy Area Ulubelu
19. Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong
20. Perusahaan Gas Negara – Stasiun Kompresor Gas Pagardewa
21. Pertamina Gas West Java Area
22. Pertamina Gas Kalimantan Area – SKG Bontang
23. DPPU Minangkabau
24. Integrated Terminal Cilacap
25. DPPU Adi Sumarmo
26. DPPU Ahmad Yani
27. Fuel Terminal Rewulu
28. Fuel Terminal Boyolali
29. Fuel Terminal Maos
30. Integrated Terminal Balikpapan
31. DPPU Sepinggan
32. DPPU Supadio
33. Integrated Terminal Makassar
34. Fuel Terminal Pare-Pare

Pertamina sebagai Perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (Rama Julian)

Foto : Dok Pertamina

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

TIBA DI LAUT JAWA, JACKUP RIG ‘EMERALD DRILLER’ PERTAMINA DRILLING SIAP BEROPERASI

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Jackup rig ‘Emerald Driller’ yang akan digunakan dalam proyek pengeboran offshore antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *