Thursday , 25 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Pastikan Lingkungan Hidup Tetap Terjaga, MedcoEnergi Bangun Strategi Bisnis Berkelanjutan

Pastikan Lingkungan Hidup Tetap Terjaga, MedcoEnergi Bangun Strategi Bisnis Berkelanjutan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) berkomitmen untuk terus melakukan langkah terukur dalam membangun bisnis berkelanjutan.

Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) Hilmi Panigoro mengatakan, Perusahaan senantiasa berupaya memastikan keberlangsungan bisnis tetap terjaga, dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang ada secara bertanggung jawab dan memastikan lingkungan hidup di sekitarnya senantiasa terjaga.

“Dengan memastikan lingkungan hidup di sekitarnya senantiasa terjaga dan memanfaatkan sumberdaya alam yang ada secara bertanggung jawab, menurut dia, Perusahaan berkeyakinan kelangsungan bisnis MedcoEnergi dapat terus dipertahankan untuk generasi yang akan datang, dan secara tidak langsung juga mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam menangani pemanasan global akibat perubahan iklim”, terang Hilmi dalam keterangan, di Jakarta, Rabu (7/6).

Sebagai bentuk komitmen MedcoEnergi dalam menangani pemanasan global akibat perubahan iklim, Perusahaan mencanangkan Strategi Perubahan Iklim dengan komitmen mencapai net zero untuk emisi Cakupan 1 dan 2 pada 2050, dan Cakupan 3 pada 2060. Komitmen ini merupakan bagian dari peta jalan pembangunan bisnis berkelanjutan MedcoEnergi sejak 2017.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh MedcoEnergi dalam mencapai net zero emisi ini adalah dengan melakukan transisi energi. Direktur Utama MedcoEnergi, Hilmi Panigoro, mengatakan, Perusahaan terus berupaya melakukan transisi energi menuju energi rendah karbon yang terjangkau.

Hilmi Panigoro mengatakan perusahaan juga terus berupaya melakukan transisi energi juga menyangkut pelibatan teknologi baru hingga isu sosial, ekonomi, serta lingkungan.

“Oleh karena itu, MedcoEnergi melakukan pendekatan terhadap keberkelanjutan bisnis dengan berpedoman pada tiga pilar utama: Kepemimpinan dari dan oleh Pekerja Kami, Pengembangan Sosial dan Lingkungan Hidup, serta Pemberdayaan Masyarakat Lokal.” kata Hilmi.

Sepanjang lima tahun terakhir menurut Hilmi, MedcoEnergi terus meningkatkan kinerja keberlanjutan bisnisnya dalam pengelolaan lingkungan, manajemen sosial, pemberdayaan masyarakat lokal, kesehatan dan keselamatan kerja, serta tata kelola, sehingga meraih berbagai pencapaian signifikan di akhir 2022.

Sejalan dengan kemajuan implementasi perubahan iklim dan transisi energi. MedcoEnergi juga mengedepankan program pengembangan masyarakat yang berkesinambungan demi terciptanya masyarakat mandiri di wilayah sekitar daerah operasinya.

Selain itu, di tahun 2019, Medco E&P Natuna mendapatkan sertifikasi ISO 37001:2016 ABMS, yang merupakan sertifikasi pertama diberikan kepada perusahaan minyak & gas di Indonesia. Medco Power menjadi perusahaan ketenagalistrikan pertama di Indonesia yang meraih sertifikasi ISO 37001:2016 Procure to Pay di tahun 2020.

Pencapaian MedcoEnergi selama lima tahun terakhir mendapat pengakuan dari lembaga pemeringkat ESG internasional di akhir tahun 2022. Peringkat ESG MSCI Perusahaan meningkat tiga level dari B di 2018 menjadi A menggunakan skala dari CCC (laggard) ke AAA (leader).

Sedangkan, nilai risiko Sustainalytics membaik dari 49,9 pada 2019 menjadi 36,7. MedcoEnergi juga meraih peningkatan nilai CDP (Carbon Disclosure Project), yaitu dari C pada 2021 ke B pada 2022, lebih tinggi dari rata-rata pencapaian di Asia dan sektor ekstraksi dan migas. MedcoEnergi terdaftar di IDX LQ45 sebagai Low Carbon Leaders pada November 2022.

Strategi Perubahan Iklim

Salah satu langkah Perusahaan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) adalah dengan mengurangi penggunaan energi dan meningkatkan efisiensi aset. Hal ini tercermin dalam pencapaian berbagai inisiatif pengurangan emisi GRK (flaring) di aset-aset pada 2022, dengan estimasi pengurangan mencapai 96.000 tCO2e/tahun. MedcoEnergi juga menjajaki peluang pemanfaatan teknologi terkini untuk pengurangan dan offsetting melalui penangkapan karbon.

Pada 2022, Perusahaan telah mencapai lebih dari 90% Sustainability Goals & KPIs (Tujuan dan Sasaran Keberlanjutan) yang ditetapkan sejak 2018. Perusahaan juga berhasil menurunkan 19% emisi GRK Cakupan 1 dan 2, dan 18% emisi metana dari base year 2019, serta mencapai 23% bauran energi terbarukan.

Perusahaan berkeyakinan dengan terus menerapkan Strategi Perubahan Iklim dan melakukan transisi energi, MedcoEnergi dapat terus meningkatkan pertumbuhan usaha, mempertahankan keberlanjutan bisnis, berkontribusi pada penurunan emisi yang dicanangkan Pemerintah Indonesia, serta memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia. (RAMA)

FOTO: DOK MEDCOENERGI

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Kolaborasi Pertamina – Toyota, Uji Coba Bioethanol 100% di GIIAS 2024

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pertamina terus mempertajam kompetensi dan memperluas kolaborasi untuk mendorong pengembangan dan pemanfaatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *