Thursday , 30 May 2024
Home / KELISTRIKAN / Mudahkan Para Pengguna, Tiga Perusahaan Manufaktur Molis Sepakati Kerjasama Standardisasi Baterai

Mudahkan Para Pengguna, Tiga Perusahaan Manufaktur Molis Sepakati Kerjasama Standardisasi Baterai

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Manufaktur Motor Listrik (Molis) menyambut antusias upaya kolaborasi standardisasi perangkat baterai. Hal tersebut disampaikan para manufaktur yang terdiri dari Gesits, Alva dan Volta dalam agenda Penandatangan Nota Kesepahaman Pengembangan Ekosistem (Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Jakarta, Selasa (28/3).

Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (Gesits), Bernardi Djumiril mengapresiasi upaya kolaborasi dalam akselerasi ekosistem EV.

“Terus terang, dari kita bertiga kumpul saja sudah sangat bersyukur, kalau dulu kita ingat 25 tahun yang lalu ada Motorola, Siemens, dan semuanya itu berjalan sendiri-sendiri. Nah, sekarang dengan adanya kita menunjukkan bahwa ketiga produsen ini, kita kompak untuk membikin standardisasi baterai,”kata Bernardi.

Hal senada disampaikan oleh Direktur Utama PT Energi Selalu Baru (Volta) Abraham Theofilus. Dia mengatakan dengan standarisasi baterai yang sama, konsumen akan lebih mudah saat ingin mengisi daya ataupun mengganti baterai sepeda motor listrik mereka.

“Nanti kalau semuanya masing-masing beda, kami punya sistem ganti baterai sendiri, Alva punya sendiri, kemudian dari Gesits juga punya sendiri. Ada baiknya kita sama-sama kolaborasi dengan satu standar yang sama, jadi konsumen juga tidak bingung,” kata dia.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Electra Mobilitas Indonesia (Alva), Rahmat Septriwan mengungkapkan, bahwa secara natural kompetisi akan tetap terjadi, tetapi yang paling terpenting adalah kolaborasi dari semua pihak.

“Ini merupakan langkah yang sangat tepat kami pikir sebagai pendukung dari program pemerintah, kita lihat Indonesia punya potensi luar biasa besar. Dan dengan kolaborasi inilah kita diharapkan dapat mewujudkan dengan lebih cepat dan lebih baik untuk masyarakat kita,” ungkap Rahmat.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, bahwa baterai merupakan komponen terpenting dalam kendaraan listrik. Baterai adalah aset penting yang memerlukan manajemen rantai pasoknya.

“Untuk itu, kerja sama dalam penyeragaman komponen baterai ini dapat membantu memudahkan masyarakat dalam penggunaan motor listrik untuk kehidupan sehari-hari,” kata Darmawan.

Darmawan meyakini, kolaborasi ini hanya tahap awal dan akan terus melibatkan lebih banyak pihak yang terlibat dalam transisi energi melalui kendaraan listrik khususnya pada sektor transportasi.

“Kita melihat memang ini masih dalam tahap awal, untuk itulah kita perlu membangun suatu ekosistem. Ekosistem ini tidak bisa dilakukan oleh PLN sendirian. Kita perlu kolaborasi membangun ekosistem dalam suasana kebersamaan,” pungkas Darmawan. (RAMA)

FOTO: DOK PLN

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Srikandi PLN Bantu Masyarakat Gunakan Fitur Swacam pada PLN Mobile

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Di era digital ini, PT PLN (Persero) terus berinovasi untuk meningkatkan layanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *