Friday , 4 December 2020
Home / ENERGI MINYAK & GAS / MENUTUP TAHUN 2018, PIEP RAIH HASIL POSITIF DI BERBAGAI SEKTOR

MENUTUP TAHUN 2018, PIEP RAIH HASIL POSITIF DI BERBAGAI SEKTOR

RESOURCESASI.ID – Sebagai anak usaha Pertamina di luar negeri, Pertamina Internasional EP mencatatkan torehan positif di tahun 2018 yaitu jumlah produksi minyak dan gas yang meningkat hingga 153 KBOEPD (102 KBOPD + 299 MMSCFD) per Desember 2018 dan lifting ke Indonesia sebesar 6,5 juta Bbl serta meraih pendapatan senilai USD1,2 milyar dengan EBITDA mencapai USD703 juta. Kenaikan angka produksi tersebut diperoleh dari program kerja organik operasi PIEP serta akuisisi anorganik Korporat Pertamina. Di samping itu, Kapasitas PIEP sebagai operator di lapangan Menzel Lejmet North (MLN), Aljazair juga ditunjukkan melalui suksesnya kegiatan pengeboran pertama di kawasan Gurun Sahara pada Juni 2018.

Selain mengembangkan aset-aset yang telah ada, PIEP juga telah menambah satu aset baru sehingga kini PIEP memiliki total dua belas aset yang tersebar di dua belas negara yaitu Aljazair, Malaysia, Irak, Gabon, Tanzania, Nigeria, Kanada, Kolombia, Prancis, Italia, Namibia, dan Venezuela.

Dari sektor operasi, proyek pengembangan Phase-4 di Aljazair mampu mencatatkan efisiensi biaya hingga USD16 juta dan waktu pengeboran yang lebih cepat 15-19 hari dari rencana awal. Dan juga, PIEP melakukan inovasi dengan mengembangkan teknologi geospasial untuk membantu penentuan titik sumur pengeboran guna menghindari potensi Geohazard seperti banjir atau lereng tidak stabil, dan juga implementasi konsep After Action Review di PIEP yang telah dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempercepat pengambilan keputusan sehingga proses pengeboran berjalan lebih cepat dan hemat biaya. Tak hanya itu, PIEP juga telah mencapai ISRS 8 Level 5, Zero Fatality & No Lost Time Injury sejak perusahaan beroperasi pada 2013.

Meski beroperasi di wilayah mancanegara, PIEP tidak melupakan kekayaan seni budaya tanah air. Hal tersebut diwujudkan perusahaan dengan meresmikan sekolah tari tradisional pada September 2018, yang menjadi bagian dari program Pertamina Budaya. Berkolaborasi dengan Keraton Kasepuhan Cirebon dan Yayasan Belantara Budaya Indonesia, kegiatan sosial perusahaan tersebut gratis bagi seluruh masyarakat yang ingin mempelajari tari tradisional Cirebon dan diharapkan dapat menjaga kelestarian budaya nusantara.

Mengawali 2019, perusahaan berencana untuk meningkatkan angka produksi hingga 163 KBOEPD dan melaksanakan kegiatan lifting mencapai 8 juta Bbl untuk meraih angka pemasukan hingga USD1,4 milyar dengan EBITDA mencapai USD698 juta. PIEP pun telah mempersiapkan investasi sebesar USD174 juta di 2019.(RA)

Foto: Dok Pertamina

Check Also

10 RIBU PESERTA HADIRI KONVENSI IOG 2020

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Secara tidak terduga, peserta 2020 International Convention on Indonesian Upstream Oil and …

Leave a Reply