Monday , 26 October 2020
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Menuju World Class, HSSE Training Center & Demo Room PT Pertamina EP Go Live

Menuju World Class, HSSE Training Center & Demo Room PT Pertamina EP Go Live

RESOURCESASIA.ID, CIREBON – PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, senantiasa menjalankan kegiatan operasional dengan memperhatikan aspek keselamatan kerja. Melalui unit Asset 3, PT Pertamina EP (PEP) sangat menyadari tentang pentingnya aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi semua pihak yang terlibat. Komitmen perusahaan untuk terus berusaha dalam menciptakan HSSE Beyond culture dibuktikan dengan pembangunan HSSE Training Center & Demo Room yang berlokasi di Komplek PT Pertamina EP Asset 3, Klayan, Kabupaten Cirebon – Jawa Barat.

HSSE Training Center & Demo Room dilengkapi dengan ruang peraga, ruang diskusi, perpustakaan, serta auditorium yang berkapasitas 32 orang. Tujuan dibangunnya fasilitas ini sebagai sarana pusat pelatihan dan meningkatkan awareness pekerja serta mitra kerja di bidang HSSE. Selain itu, ini merupakan bentuk perwujudan 11 Corporate Life Saving Rules. Bagi peserta dari pekerja maupun mitra kerja yang mendapatkan training pada fasilitas ini juga akan dihadapkan dengan tes tertulis bagi untuk mendapatkan HSE Passport sebagai salah satu syarat untuk bisa bekerja di lapangan migas.

Fasilitas yang diresmikan langsung oleh Presiden Direktur PT. Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf pada 28 Juli 2018 ini sudah digunakan untuk keperluan perusahaan dalam membekali dan melatih pekerja serta mitra kerja mengenai seluruh aspek keamanan di lingkungan kerja sehari-hari, guna memitigasi high risk yang ada. Selain karyawan dan mitra kerja PT. Pertamina EP, fasilitas ini juga terbuka bagi siswa sekolah dan masyarakat umum untuk keperluan edukasi dan implementasi aspek HSSE dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam berbagai kesempatan Presiden Direktur PEP menyampaikan,“Kita berharap HSSE beyond culture dapat menjadi habbit dan emboded dalam kehidupan sehari-hari, bahkan kalau bisa menjadi passion dalam diri kita masing-masing”.

Kedepannya, ia juga berharap melalui pembekalan dan training yang dilakukan di fasilitas ini, dapat membantu tercapainya target Zero Accident dan Zero Fatality, terutama kepada para pekerja dan mitra kerja di PEP yang tersebar di berbagai field.

Asset 3 General Manager, Wisnu Hindadari dalam Acara Go Live Demo Room (21/09) menyampaikan, “HSSE Training Center & Demo Room di Asset 3 ini telah melampaui standard requirement dari 11 life saving rules PT Pertamina secara korporate dan ini adalah sebuah capaian prestasi yang luar biasa dengan tujuan memberikan pelatihan secara gratis bagi pekerja dan mitra kerja khususnya agar lebih concern terhadap keselamatan kerja.”

SVP HSSE Corporate PT Pertamina (Persero), Lelin Eprianto turut mengapresiasi capaian prestasi Asset 3 dalam membangun dan mempersiapkan HSSE Training Center & Demo Room ini.

“Agar bisa Go Live itu asesmennya ketat dan harus memenuhi standard requirement baru bisa mendapat sertifikat. Untuk itu, saya ucapkan selamat kepada Asset 3 General Manager beserta Tim, HSSE Training Center & Demo Room Asset 3 telah terbukti melebihi standard requirement, dan resmi menjadi Training Center untuk aspek HSSE di Wilayah Cirebon dan sekitarnya,” ungkap Lelin Eprianto.

Upaya PT Pertamina EP Asset 3 dalam menerapkan aspek HSSE Beyond Culture telah mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak, baik level nasional maupun internasional. Penghargaan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, yaitu Penghargaan Kecelakaan Nihil dan Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award). Diperoleh Pertamina EP Asset 3 atas prestasinya dalam melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Untuk tahun 2018 periode Januari s.d. Agustus tercatat 11, 2 Juta jam kerja selamat kumulatif untuk Asset 3 (Kantor Asset 3, Field Jatibarang, Field Subang, Field Tambun). Sebuah usaha yang luar biasa dalam mempertahankan penerapan aspek Keselamatan kerja.

Sementara itu, Field-Field yang berada di wilayah operasi Pertamina EP Asset 3, telah mendapatkan sertifikasi internasional untuk System manajemen K3 (OHSAS 18001) Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001) dan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001). Selain itu, Pertamina EP Asset 3 juga memperoleh beberapa penghargaan lain, seperti Patra Nirbhaya Karya Utama Adi Nugraha dari Kementerian ESDM, PROPER Emas dan PROPER Hijau dari Kementerian LHK, ISRS8 Level 6, dan sebagainya. (Dimas)

Foto: Dok Pertamina

Check Also

MILIKI KINERJA TANGGUNG JAWAB SOSIAL YANG BAIK, PERTAMINA RAIH PENGHARGAAN INDONESIA CSR-PKBL AWARD 2020

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pertamina berhasil meraih penghargaan Best PKBL kategori Mining and Quarrying with Outstanding …

Leave a Reply