Friday , 21 June 2024
Home / TAMBANG MINERAL & BATUBARA / Menuju Indonesia Emas 2045, MIND ID Fokus Lakukan Hilirisasi

Menuju Indonesia Emas 2045, MIND ID Fokus Lakukan Hilirisasi

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – MIND ID atau Mining Industry Indonesia menyatakan hingga saat ini tengah fokus melakukan hilirisasi, yang menjadi salah satu dari tiga mandat yang diberikan pemerintah kepada MIND ID. Hilirisasi tersebut di antaranya terejawantah melalui serangkaian proyek strategis yang kini sudah rampung ataupun sedang digarap Grup MIND ID.

Melalui anggota perusahaannya, meliputi PT Antam Tbk., PT Bukit Asam Tbk., Pt Freeport Indonesia, PT Inalum, dan PT Timah Tbk., MIND ID terus berupaya melakukan hilirisasi industri pertambangan dengan tujuan memberikan nilai lebih untuk Indonesia di sektor pemanfaatan minerba.

“Keseriusan MIND ID dalam menggarap berbagai proyek strategis hilirisasi industri pertambangan menjadi sebuah persembahan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. MIND ID terus memberikan nilai lebih bagi Indonesia,” kata Direktur Pengembangan Usaha BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Dilo Seno Widagdo, di Jakarta, Senin (16/10/2023). 

MIND ID, BUMN Holding Industri Pertambangan di Indonesia, telah mengalami peningkatan dalam berbagai aspek sejak Erick Thohir menjabat sebagai Menteri BUMN pada 2019. Komitmen terhadap hilirisasi merupakan langkah konkret dalam mewujudkan visi “Indonesia Maju”.

Untuk itu, dalam rangka memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-78, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia, menggelar event deck booth di Sarinah Thamrin, Jakarta, pada 13-15 Oktober 2023.  Event tersebut menjadi salah satu upaya pengenalan terkait pertambangan di Indonesia khususnya sepak terjang MIND ID dalam dunia pertambangan Tanah Air.

BACA JUGA:

Pastikan Pengamanan Wilayah Tambang, MIND ID Gandeng Kementerian ATR/BPN

Sejumlah acara digelar dalam acara ini. Pengunjung yang datang disuguhi booth permainan bertema tambang, instalasi, foto dan video informatif mengenai praktik pertambangan, hingga kompetisi media sosial.

Di area deck booth, masyarakat diberi edukasi terkait produk hilirisasi pertambangan Indonesia yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT INALUM, dan PT Timah Tbk.

Dilo mengatakan dalam memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi 2023, MIND ID menekankan pentingnya edukasi kepada masyarakat terkait komitmen Grup MIND ID dalam menyokong target pemerintah menuju Indonesia Emas 2045. 

“Salah satu tugas yang kini sedang dikebut MIND ID yakni melakukan hilirisasi industri pertambangan Indonesia. MIND ID menjadi yang terdepan dalam melakukan hilirisasi sektor pertambangan,” ucap Dilo di Jakarta, Sabtu, 14 Oktober 2023. 

Selain itu, dalam acara peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi 2023, MIND ID turut serta menggarap program bagi-bagi bibit pohon dalam rangka Gotong Royong Boyong Pohon yang digagas Kementerian BUMN untuk ikut serta mengatasi masalah polusi udara di Jakarta dan sekitarnya. 

MIND ID menyiapkan 5.000 bibit pohon yang nantinya akan dibagikan cuma-cuma kepada para pengunjung event deck booth MIND ID tersebut. “Tentunya dalam perayaan Hari Jadi Pertambangan dan Energi 2023, MIND ID sangat mendukung dan berkomitmen untuk mengatasi masalah polusi udara di Jakarta salah satunya melalui program Gotong Royong Boyong Pohon,” ucapnya. 

BACA JUGA :

Freeport Indonesia Sabet 5 Penghargaan dari Kementerian ESDM

Pembagian bibit pohon akan dilakukan saat car free day pada Minggu, 15 Oktober 2023. Selain mendapatkan bibit pohon gratis, masyarakat pun bisa ikut serta mengkampanyekan pentingnya menanam pohon sebagai bagian dari upaya mengatasi masalah polusi udara. 

“Nantinya warga yang mendapatkan bibit pohon diarahkan untuk menyebrang sambil membawa bibit pohon menuju tempat photobooth. Mereka bisa melakukan sesi foto dengan bibit pohon,” katanya. (Rama)

Foto : Dok MIND ID

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Ciptakan Tempat Kerja Kondusif dan Ramah Lingkungan, Tripatra Raih Penghargaan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Tripatra Engineers and Constructors (Tripatra), penyedia solusi berbasis rekayasa teknik bagian dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *