Tuesday , 5 March 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Maksimalkan Potensi Hutan Kalimantan, Pertamina NRE – PT Inhutani I Tandatangani Perjanjian Komersial NEBS 30 Tahun

Maksimalkan Potensi Hutan Kalimantan, Pertamina NRE – PT Inhutani I Tandatangani Perjanjian Komersial NEBS 30 Tahun

RESOURCESASIA.ID, SENTUL – Pertamina New & Renewable Energy dan PT Inhutani I menandatangani perjanjian komersial untuk proyek Nature and Ecosystem Based Solutions (NEBS) di wilayah Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH) Kalimantan Utara. Perjanjian ini akan berlangsung selama 30 tahun. Berlangsung di Sentul Eco Edu Tourism Forest (18/12) perjanjian ini ditandatangani oleh CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro dan Direktur Inhutani I Oman Suherman.

Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari Penandatanganan Kerja Sama Induk (Master Cooperation Agreement) yang telah mengikat pada 9 konsesi Perhutani Group yang telah ditandatangani antara Pertamina NRE dan Perum Perhutani pada tanggal 20 Februari 2023. Perjanjian ini memiliki potensi menghasilkan kredit karbon mencapai 270 ribu tonCO2e/tahun berdasarkan hal ini merupakan hasil kajian feasibility study bulan Juli 2023.

Proyek NEBS ini bertujuan untuk mengintegrasikan solusi berbasis alam dalam manajemen sumber daya alam dan keberlanjutan lingkungan. Pertamina NRE dan Inhutani berkomitmen untuk bekerja sama dalam mengimplementasikan strategi inovatif yang berfokus pada pelestarian ekosistem, mitigasi perubahan iklim, dan pengembangan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Dalam perjanjian ini, Pertamina NRE akan memberikan dukungan keuangan, teknis, dan manajerial, sementara Inhutani akan bertanggung jawab atas pelaksanaan proyek secara langsung. Kemitraan ini mencakup pengembangan hutan berkelanjutan, pelestarian biodiversitas, dan penerapan praktik-praktik terbaik dalam kehutanan.

BACA JUGA :

KPI Gandeng Pertamina NRE Kerjasama Terapkan Efisiensi Energi

“Kami sangat antusias dengan kolaborasi ini dan yakin bahwa proyek NEBS ini akan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap lingkungan, masyarakat serta biodiversitas sekitar,” ujar Dannif Danusaputro. “Melalui kombinasi keahlian dan sumber daya kedua belah pihak, kami berharap dapat menciptakan model keberlanjutan yang dapat diadopsi di 8 konsesi hutan lainnya,” terang Dannif.

Pertamina NRE dan PT Inhutani I percaya bahwa kemitraan ini tidak hanya akan memberikan manfaat ekologis, tetapi juga ekonomis dan sosial bagi masyarakat setempat. Proyek ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi lokal.

Hutan Kalimantan merupakan salah satu paru-paru dunia karena areanya yang sangat luas dan merupakan salah satu hutan tropis terbesar di dunia. Pertumbuhan pohon di hutan tropis tiga kali lebih cepat dibandingkn pohon yang ditanam di hutan non tropis. Kondisi ini menjadikan hutan tropis memiliki kemampuan penyerapan CO2 lebih efektif. Keunggulan ini menjadikan Indonesia memiliki potensi NBS dengan biaya termurah kedua di dunia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, dalam rangka mempercepat realisasi bisnis rendah karbon, Pertamina perlu memperkuat sinergi dan kolaborasi sehingga Pertamina dapat mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan optimal.

“Sebagai pemimpin dalam energi transisi, Pertamina akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak dalam membangun ekosistem energi baru terbarukan demi tercapainya aspirasi keberlanjutan nasional dan mewujudkan target pemerintah Net Zero Emission 2060,” tandasnya.

Komitmen Pertamina Mendukung Net Zero Emission
Selaras dengan pemerintah, Pertamina juga memiliki aspirasi untuk mencapai net zero emission selambat-lambatnya tahun 2060. Aspirasi ini dicapai melalui dua inisiatif strategis, yaitu dekarbonisasi terhadap aktivitas bisnisnya dan membangun bisnis baru yang ramah lingkungan. Salah satu yang dilakukan Pertamina untuk merealisasikan kedua inisiatif strategis tersebut adalah dengan membentuk subholding yang fokus di bisnis transisi energi dan energi hijau, Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE).

Pertamina NRE memiliki visi energizing people and planet with green energy. Untuk mencapainya, Pertamina NRE memiliki tiga pilar strategis, yaitu solusi rendah karbon (low carbon solutions), energi terbarukan, dan pengembangan bisnis baru. Pada pilar solusi rendah karbon, inisiatif Pertamina NRE antara lain pembangkit listrik berbasis gas alam, NBS, dan konservasi energi. Sedangkan pilar energi terbarukan mencakup antara lain tenaga panas bumi, tenaga surya, tenaga biogas, tenaga angin, dan tenaga arus laut. Dan pada pilar ketiga, yaitu pengembangan bisnis baru, mencakup hidrogen bersih, ekosistem baterai dan kendaraan listrik, serta perdagangan karbon.

BACA JUGA :

Perkuat Indonesia Menuju Transisi Energi, Pertamina NRE Sampaikan Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di COP28 Dubai

Pengelolaan ESG Pertamina NRE Ketiga Terbaik

Pertamina NRE memiliki komitmen kuat mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals). Pertamina NRE baru saja mendapatkan nilai environmental, social, and governance (ESG) sebesar 13 dari Sustainalytics, lembaga pemeringkat ESG global, atau tergolong risiko rendah (low risk). Artinya, risiko bisnis yang dijalankan Pertamina NRE relatif rendah dikarenakan pengelolaan ESG yang baik. Nilai ini menempatkan Pertamina NRE terbaik ketiga di dunia di sektor independent power producer and traders (IPP & traders).

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (Rama Julian)

Foto : Dok Pertamina NRE

 

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Tahun ini PDC Berkomitmen Ciptakan Kembali Operation Excellence dengan Zero accident

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Patra Drilling Contractor (PDC), bagian dari PT Pertamina Drilling Services Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *