Tuesday , 16 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Lanjutkan Capaian Positive, ELNUSA Cetak Laba Bersih Rp250 miliar di Semester I-2023

Lanjutkan Capaian Positive, ELNUSA Cetak Laba Bersih Rp250 miliar di Semester I-2023

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, melaporkan kinerja Perseroan sepanjang semester pertama tahun 2023 dengan pertumbuhan laba yang positif.

Melanjutkan pencapaian yang baik pada kuartal sebelumnya, Elnusa berhasil mencatatkan laba bersih kinerja tengah tahun 2023 sebesar Rp250 miliar atau naik 11% secara tahunan (year on year/yoy). Perseroan membukukan pendapatan usaha sebesar Rp5,8 triliun atau tumbuh 8% dari tahun 2022 pada semester yang sama (year on year/yoy). Pendapatan usaha konsolidasi tersebut dikontribusikan melalui segmen jasa distribusi dan logistik energi sebesar 55%, jasa hulu migas 32% dan jasa penunjang migas 13%.

Corporate Secretary ELNUSA Asmal Salam, mengatakan “Alhamdulilah Perseroan menutup semester I/2023 ini dengan torehan kinerja yang positif. Adapun kinerja Elnusa secara konsolidasi pada semester I/2023 ini didukung oleh sejumlah proyek pekerjaan diantaranya pada segmen jasa distribusi dan logistik energi, terjadi peningkatan kinerja pada unit jasa transportasi BBM dan manajemen depo. Pada segmen jasa hulu migas, meningkatnya aktivitas jasa produksi migas cukup menopang pertumbuhan pendapatan usaha maupun laba bersih diantaranya melalui unit bisnis pada jasa hydraulic workover, modular rig, drilling fluid services, coiled tubing unit, well testing, dan electric wireline,” ungkap Asmal.

“Kami berterima kasih kepada pemegang saham dan stakeholder lainnya atas kepercayaan serta dukungannya sehingga Elnusa secara konsisten mampu menghasilkan kinerja bisnis yang bertumbuh positif dan tentunya berdampak pada kinerja keuangan perusahaan dengan menghasilkan peningkatan EBITDA sebesar 9 persen (year on year/yoy) menjadi Rp668 miliar dan kas setara kas mencapai Rp1,75 triliun. Manajemen Elnusa juga mengapresiasi seluruh Perwira Elnusa group atas kontribusi positifnya melalui semangat SATU Elnusa untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” kata Asmal.

Sebagai Perusahaan Jasa Energi Terkemuka yang Memberikan Solusi Total, Elnusa memiliki DNA Resilience dan Inovasi yang terbukti mampu memperkuat fundamental bisnis dari tahun ke tahun menuju pertumbuhan yang kompetitif dan berkelanjutan. Fundamental Elnusa yang kokoh dan tercermin dari kinerja pada semester I 2023 ini juga turut diapresiasi pasar dengan pergerakan positive saham ELSA dari Januari 2023 yaitu Rp312 menjadi Rp378 per penutupan perdagangan Kamis 27 Juli 2023 kemarin. (Rama)

Foto: Dok ELNUSA

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Tinjau Keandalan Kilang, PT KPI Unit Dumai Terima Kunjungan Ditjen Migas

RESOURCESASIA.ID, DUMAI – Dalam upaya pembinaan dan pengawasan keselamatan migas, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *