Thursday , 20 June 2024
Home / KELISTRIKAN / Konsisten Lestarrikan Lingkungan dan Berdayakan Masyarakat, PLN Nusantara Power Tambah 6 PROPER Emas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah (kiri) saat menerima piala PROPER Emas dari Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin. Capaian piala PROPER Emas ini menjadi piala PROPER Emas ke 19 yang dimiliki PLN Nusantara Power.

Konsisten Lestarrikan Lingkungan dan Berdayakan Masyarakat, PLN Nusantara Power Tambah 6 PROPER Emas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PLN Nusantara Power (PLN NP) selaku subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara mendapatkan kado penutup di penghujung tahun yang manis. Sebanyak enam (6) Unit Pembangkit (UP) PLN NP dianugerahi penghargaan PROPER EMAS oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pada Rabu (20/12) di Hotel Bidakara, Jakarta. Kelima Unit Pembangkit tersebut adalah UP Paiton, UP Indramayu, UP Gresik, UP Rembang, UP Muara Karang, serta UP Muara Tawar. Sebanyak tujuh (7) Proper Hijau juga disematkan kepada UP PLN NP lainnya.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc di Hotel Bidakara dan diterima oleh jajaran Direksi PLN NP.

PROPER Emas merupakan penghargaan tertinggi dan terbaik yang diadakan oleh Kementerian Hidup dan Kehutanan (KLHK) setiap tahunnya untuk perusahaan yang peduli terhadap lingkungan. Perusahaan dinilai yang secara konsisten menunjukkan keunggulan dalam pengelolaan lingkungan dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Menteri KLHK, Siti Nurbaya turut mengucapkan selamat kepada seluruh penerima penghargaan PROPER. “Terima kasih kepada seluruh perusahaan yang telah berupaya untuk menjadikan Indonesia lebih hijau. PROPER juga sekaligus indikator perusahaan dalam peningkatan kinerjanya dalam memberikan kontribusi terhadap kualitas lingkungan yang leih baik. Melalui PROPER, akan banyak muncul inovasi sosial dari perusahaan sehingga dapat menyelesaikan masalah sosial yang dihadapi masyarakat dengan cara yang lebih efsien” ujarnya.

BACA JUGA :

Kolaborasi dengan Kabupaten Kampar, PLN Nusantara Power Hijaukan Danau Rusa Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia

Pencapaian ini kian memperkuat komitmen PLN NP untuk memastikan keberlanjutan bisnis perusahaan dalam jangka panjang sejalan dengan penerapan Environment Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs).

Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah (tengah), beserta seluruh Senior Manager Unit Pembangkit yang mendapatkan piala PROPER Emas dan PROPER Hijau. Di tahun 2023, PLN NP berhasil meraih 6 PROPER Emas dan 7 PROPER Hijau.

Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmanyah mengucapkan rasa syukur dan juga apresiasi kepada seluruh karyawan PLN NP yang telah bahu membahu memberikan kinerja terbaik unitnya untuk mendapatkan penghargaan PROPER. “Pencapaian ini menandakan PLN NP telah berhasil menanamkan budaya pengelolaan lingkungan yang lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance) dalam proses bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Setiap programnya, kita pastikan memenuhi 4 (empat) kategori sustainability compass, baik dari segi lingkungan, sosial, ekonomi maupun wisata.” jelas Ruly.

PLN Nusantara Power terus konsisten menambah PROPER Emas dan Hijau sejak pada tahun 2017, melalui UP Paiton, PLN NP menjadi pionir dalam mendapatkan PROPER Emas di PLN Group. Setelahnya, di setiap tahun PLN NP mendorong seluruh unit pembangkitnya di penjuru Indonesia untuk mendapatkan PROPER Hijau dan Emas.

Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi PLN Nusanatara Power, Karyawan Aji (kiri) saat menerima Piala PROPER Hijau dari Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong (kanan).

Dalam konsistensinya mendorong capaian PROPER ini, PLN NP tercatat sebagai perusahaan pembangkit listrik pertama di lingkungan PLN Group yang meraih PROPER Emas di tahun 2017 melalui UP Paiton 1-2. Selanjutnya setiap tahunnya, PLN NP selalu berhasil dalam menaikan jumlah perolehan piala PROPERnya. Hingga tahun 2023, PLN NP sudah mengoleksi 19 trofi PROPER Emas.

BACA JUGA :

PLN Nusantara Power Kembangkan Tambak Berinovasi Teknologi di Bawean

Capaian PROPER Emas 2022 ini merupakan kali keenam bagi UP Paiton 1-2 berhasil mendapatkan penghargaan PROPER Emas (2017, 2018, 2019, 2021, 2022, 2023). UP Gresik juga berhasil mempertahankan PROPER Emas lima tahun berturut-turut (2019-2023). Tahun 2023 ini merupakan tahun ketiga bagi UP Rembang yang berhasil mempertahankan raihan PROPER Emas (2021-2023).

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Jaga Keberlangsungan Sumber Daya Air, PLN Nusantara Power Tanam 80 Ribu Pohon di DAS Brantas

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PLN Nusantara Power (PLN NP) berencana menanam 80.000 bibit pohon di sepanjang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *