Wednesday , 24 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Kementerian BUMN Meriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan Menggelar Bazar UMKM di Sarinah

Kementerian BUMN Meriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan Menggelar Bazar UMKM di Sarinah

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen dalam mendukung UMKM naik kelas melalui program kolaborasi BUMN yaitu Bazar UMKM Untuk Indonesia. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI, Kementerian BUMN berkolaborasi dengan Pertamina dan Angkasa Pura II menggelar bazar UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Gedung Sarinah Jakarta pada 11-14 Agustus 2023. Ajang bazar UMKM ini bertujuan untuk memperluas jangkauan pangsa pasar para pelaku bisnis UMKM dan mendorong pertumbungan ekonomi lokal.

Acara ini menghadirkan berbagai produk-produk UMKM mulai dari fashion, kecantikan, kuliner, kriya, serta akan ada juga penampilan musik, trunk show, demo produk, fashion show oleh pekerja BUMN, mini workshop, lomba kemerdekaan hingga penampilan Salma Indonesian Idol.

Terdapat Lebih dari 100 UMKM binaan dari Pertamina dan Angkasa Pura II dihadirkan pada bazar ini. Kementerian BUMN melalui Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM, Loto Srinaita Ginting menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wadah bagi para UMKM agar semakin dikenal masyarakat.

“Sejak tahun 2023 bazar UMKM Untuk Indonesia ini hadir setiap bulan. Kementerian BUMN mendukung penuh pelaku UMKM dari mulai pembinaan, pembiayaan, perluasan pemasaran juga program kemitraan. Diharapkan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan dukungan tersebut dengan cara membangun reputasi yang baik agar naik kelas,” ujar Loto pada acara pembukaan bazar UMKM ini.

Turut hadir juga Fajriyah Usman selaku VP CSR Pertamina yang memberikan penjelasan terkait program CSR Pertamina dan UMKM binaan Pertamina yang sudah bisa ekspor ke luar negeri.

“Selain batik dan kebaya, ada 60 Mitra Binaan UMKM beberapa yang unggulan sudah ekspor salah satunya adalah Haluan Bali yang mengkreasikan antara seni dan teknologi. Ditambah lagi terdapat UMKM yang memberikan pembinaan kepada 300 disabilitas di daerah Kebumen. Saya yakin dalam bazar yang diadakan dalam 4 hari ini akan mendapatkan value lebih dari 1 Milyar. Pertamina memiliki 4 akses untuk UMKM yaitu pelatihan, penyelenggaraan pameran dalam skala nasional maupun internasional, pendanaan, dan networking. Pertamina sudah melakukan pendanaan lebih dari 66 ribu UMKM di seluruh Indonesia.” jelas Fajriyah.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, Pertamina mendukung UMKM melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), salah satunya dengan mengikutsertakan UMKM binaan Pertamina dalam pameran atau bazar di dalam negeri maupun keluar negeri. UMKM Binaan juga menjadi salah satu perwujudan upaya Pertamina dalam mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs), terutama target 8 mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif. “Progam ini merupakan sarana untuk memberdayakan UMKM. Melalui program ini, Pertamina dapat terus mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, dan penyediaan lapangan pekerjaan yang layak, yang diharapkan berdampak bagi upaya menggerakan ekonomi masyarakat,” jelas Fadjar.

Di kesempatan yang sama Ajar Setiadi selaku Direktur Human Capital Angkasa Pura II menambahkan bahwa bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II juga sudah banyak terdapat UMKM.

“Kita mengajak 58 mitra binaan UMKM Angkasa Pura II dimana pelaku UMKM ini terdapat di 20 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II. Mayoritas produknya makanan, yang menarik ada pengrajin yang langsung membuat produknya jadi masyarakat bisa lihat proses produksinya.” ungkap Ajar Setiadi.

Kementerian BUMN akan terus berkolaborasi dengan BUMN untuk dapat terus mendukung UMKM yang ada diseluruh Indonesia agar dapat naik kelas dan go global salah satunya melalui kegiatan Bazar UMKM ini yang diharapkan dapat terus berjalan setiap bulannya secara konsisten dan lebih meriah lagi.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (Rama)

Foto: Dok Pertamina

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Siap Dukung Event Internasional, Pasokan dan Distribusi BBM di Bali dipastikan Berjalan Lancar

RESOURCESASIA.ID, BALI – Bali terkenal dengan daerah tujuan wisata dan menjadi tempat perhelatan nasional hingga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *