Monday , 29 November 2021
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Kegiatan Vibroseis di Area Vulkanik Pulau Jawa Akan Segera Direaliasi

Kegiatan Vibroseis di Area Vulkanik Pulau Jawa Akan Segera Direaliasi

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Tidak lama lagi, PT Pertamina Hulu Migas Jambi Merang (PHE JM) akan merealisasi survei seismik 2D Vibroseis sepanjang 1000 km di area Sub Vulkanik. Pekan lalu, SKK Migas dan PHE JM telah melakukan kegiatan inspeksi untuk mengecek kehandalan peralatan yang akan digunakan untuk mendukung salah satu kegiatan Komitmen Kerja Pasti (KKP) tersebut. Apabila berjalan lancar, kegiatan akan direalisasi pada September 2021.

“Minggu lalu SKK Migas dan PHE JM telah melakukan inspeksi peralatan dan aspek keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) penyedia jasa survei seismic 2D yang akan mendukung kegiatan. PHE JM masih menunggu kedatangan beberapa peralatan vibroseis lainnya dari Singapura yang dijadwalkan akan datang pada minggu pertama September 2021. Kalau semuanya berjalan lancar, maka kegiatan akan direalisasi minggu ke-2 September,” kata Kepala Divisi Pemboran dan Perawatan Sumur Surya Widyantoro di Jakarta, Minggu (30/8).

Survei 2D seismic vibroseis adalah survei yang bertujuan meningkatkan image permukaan di bawah lapisan batuan vukanik yang nantinya akan membantu menentukan konsep potensi Eksplorasi migas. Kegiatan ini akan dilakukan di area sub-vulkanik Pulau Jawa dengan lintasan sepanjang 1.000 km.

Kegiatan akan dimulai dari area Jawa Barat terlebih dahulu lantaran persetujuan lingkungan (UKL/UPL) telah didapatkan. Selanjutnya, kegiatan survei akan dilanjutkan ke area Jawa Tengah dan Jawa Timur yang kesemuanya akan dilakukan pada tahun 2021.

Realisasi kegiatan survei akan menggunakan truk vibroseis yang mampu melintasi berbagai medan morfologi permukaan. Efek destruktif yang ditimbulkan oleh kegiatan itu, relatif lebih rendah dibandingkan pemanfaatan bahan peledak. Inilah yang menjadi alasan mengapa metode vibroseis menjadi opsi dalam kegiatan akuisisi data seisimik yang digunakan kebanyakan perusahaan migas saat ini.

Seperti diketahui, kegiatan survei 2D dengan vibroseis di area sub-vulkanik Pulau Jawa ini merupakan bagian dari komitmen kerja pasti (KKP) Jambi Merang. KKP adalah program pemerintah yang diusulkan SKK Migas untuk meningkatkan minat investor untuk melakukan kegiatan eksplorasi. Komitmen dalam program ini dibicarakan dengan pemerintah dan SKK Migas sebelum production sharing contract (PSC) ditandatangani kedua belah pihak.

Selain melakukan seismic 2D vibro vulkanik, Program KKP PHE JM juga melakukan survei full tensor gravity gradiometry (FTG) yang terdiri atas FTG Iwur-Akimeugah dan FTG Bird’s Head (Kepala Burung). Progres dimulai pada Agustus 2021 dan saat ini progresnya telah mencapai 39%.

Program lainnya, PHE JM juga melakukan survei seismic 2D sepanjang 31.908 km2 telah dilaksanakan tahun 2019 Agustus 2020. Saat ini PHE JM sedang melakukan review data, sebelum diserahkan kepada pemerintah.(RAMA)

FOTO: RAMA JULIAN SAPUTRA/ILUSTRASI

Check Also

Gubernur Riau dan Jabar Bahas Participating Interest Hulu Migas di Northern Sumatera Forum

RESOURCESASIA.ID, BATAM – Gubernur Riau Syamsuar dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga menjabat …

Leave a Reply