Tuesday , 16 July 2024
Home / CSR / Kampung Bestari, Strategi Grup MIND ID Jaga Kelestarian Daerah Aliran Sungai

Kampung Bestari, Strategi Grup MIND ID Jaga Kelestarian Daerah Aliran Sungai

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) berkomitmen penuh pada pemeliharaan lingkungan melalui konservasi daerah aliran sungai (DAS) di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Komitmen itu ditunjukkan salah satunya oleh Anggota Grup MIND, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang menginisiasi Kampung Bestari (Berani Sehat Sanitasi Resik). Program ini diluncurkan di Kelurahan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, dengan fokus pada peningkatan kesehatan dan sanitasi warga.

Corporate Secretary MIND ID, Heri Yusuf mengungkapkan bahwa pemeliharaan DAS menjadi salah satu langkah keberlanjutan yang digagas Grup MIND ID dalam menjaga kesehatan dan lingkungan masyarakat di sekitar aliran sungai.

Terlebih, daerah aliran sungai berfungsi memelihara keseimbangan ekologis yang menjadi sistem penunjang kehidupan, dan merupakan tempat penyedia air pertanian, industri dan pemukiman.

“MIND ID secara konsisten mendorong setiap unit bisnis melakukan upaya pemeliharaan DAS untuk menjaga bentang alam dan habitat flora dan fauna akibat kegiatan operasional,” jelas Heri.

Adapun, pelaksanaan program Bestari berfokus pada kesehatan dan sanitasi warga. Lewat program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), ANTAM turut membangun septic tank komunal. Fasilitas ini bertujuan agar membantu masyarakat untuk lebih peduli terhadap daerah aliran sungai di sekitarnya.

Tidak hanya itu, program Bestari ANTAM juga mencakup pendampingan kader posyandu dan tenaga kesehatan, sosialisasi kesehatan di antaranya pencegahan stunting dan penerapan pola hidup bersih dan sehat.

Kemudian, intervensi Gizi Prioritas 1.000 HPK, bantuan Pemberian Makan Tambahan (PMT) yang dikemas dalam kegiatan KIKUSUMA (Kini Ku Siap Makan) seperti bubur kacang ijo, susu, biskuit, peningkatan akses pangan bergizi dan sanitasi layak serta fasilitasi sarana dan prasarana penunjang kesehatan.

Target sasaran program ini yaitu kelompok rumah tangga tidak mampu dimana sebanyak lebih dari 324 Kepala Keluarga pada bulan Februari 2023 telah tercatat tidak ada lagi aktivitas yang mencemari aliran sungai di sekitarnya. Bahkan, pada tahun 2023, Kelurahan Jatinegara Kaum sudah resmi menyandang status Zero BABS.

Selanjutnya, ANTAM turut melaksanakan program penanaman 4,99 juta pohon di atas area seluas 4.541 hektare (Ha) di kawasan pasca tambang, yakni wilayah aliran sungai (DAS) dan area pesisir.

BACA JUGA:

Mengenal Lebih Dekat Metode Pengolahan Air Grup MIND ID

Heri mengungkapkan, keanekaragaman hayati merupakan salah satu topik keberlanjutan pada Sustainability Pathway dan dijadikan sebagai panduan bagi Anggota MIND ID dalam menyusun kebijakan dan implementasi kegiatan keanekaragaman hayati.

“Konservasi DAS merupakan salah satu rencana jangka panjang Grup MIND ID untuk mendukung dekarbonisasi. Untuk itu, setiap anggota MIND ID dalam melakukan kegiatan operasional juga turut memperhatikan dampak dan mitigasi yang tepat untuk menjaga lingkungan,” tutup Heri. (Rama Julian)

Foto: Dok MIND ID

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Dukung Produksi Migas, PHE ONWJ Aktifkan Kembali Platform LES di Lepas Pantai Karawang

RESOURCESASIA.ID, KARAWANG – Untuk menjaga ketahanan energi, Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *