Wednesday , 29 September 2021
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Industri Hulu Migas Serahkan Bantuan 300 Tabung Oksigen Kepada Polri

Industri Hulu Migas Serahkan Bantuan 300 Tabung Oksigen Kepada Polri

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Industri hulu migas kembali melanjutkan penyerahan bantuan tabung oksigen untuk penanggulangan Covid-19. Kali ini, SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Petrochina International Jabung Ltd dan Medco E&P bersama dengan Kadin Indonesia menyerahkan bantuan 300 tabung yang sudah terisi oksigen kepada Kepolisian Republik Indonesia.

Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di Jakarta (25/8) yang diterima oleh Asisten Kapolri Bidang Logistik (ASLOG) Inspektur Jenderal Polisi Drs. Firman Shantyabudi M.Si. Turut mendampingi dalam acara penyerahan bantuan oksigen adalah Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas Rudi Satwiko dan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Hanafi.

“Penyerahan bantuan oksigen untuk Polri adalah rangkaian dari kegiatan program peduli oksigen yang digagas oleh SKK Migas dan Kadin Indonesia yang diluncurkan pada tanggal 16 Juli 2021. Peluncuran program peduli oksigen tersebut dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Sekretaris Jenderal Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, manajemen SKK Migas, Ketua Umum Kadin Indonesia dan pimpinan KKKS. Saat itu, SKK Migas mewakili KKKS menyerahkan bantuan secara bertahap 7 buah iso tank dengan ukuran 17.000 m3 dan 18.000 m3 serta 1.500 tabung oksigen ukuran 3 m3 dan 6 m3”. Kemudian Kadin Indonesia dengan dukungan industri oksigen mengisi tabung-tabung tersebut dan selanjutnya menyerahkan kepada instansi yang membutuhkan”, kata Rudi Satwiko saat memberikan sambutannya pada acara penyerahan bantuan tersebut.

Rudi menambahkan, penyerahan bantuan diberikan kepada berbagai instansi di pusat maupun di daerah. Untuk penyerahan bantuan di tingkat pusat SKK Migas berkoordinasi dengan Kadin Indonesia, sedangkan untuk bantuan di daerah Kepala Perwakilan SKK Migas berkoordinasi dengan Kadin Provinsi. “Ini merupakan salah satu bentuk nyata bantuan industri hulu migas untuk penangangan Covid-19 secara kolaboratif dan sinergi dengan jajaran Kadin memberikan dukungan dan bantuan kepada Pemerintah dalam penanggulangan wabah Covid-19”.

Terkait Kerjasama antara SKK Migas dengan Polri yang telah berjalan selama ini, Rudi menyampaikan bahwa SKK Migas dan Polri memiliki MOU terkait pengamanan aset maupun operasional hulu migas. Deputi Dukungan Bisnis pada kesempatan tersebut, menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan Polri sehingga operasional hulu migas dapat berjalan dengan baik.

“Sebagai wakil negara dalam mengelola aset hulu migas yang tersebar diberbagai wilayah Indonesia, dukungan dan bantuan dari jajaran Polri mutlak dibutuhkan”, kata Rudi.

“Kami juga saat ini terus melakukan koordinasi dengan jajaran Polri melalui Kepolisian Daerah dalam penanganan illegal drilling dan illegal tapping. Karena aktivitas pencurian di hulu migas sangat merugikan negara, mengganggu iklim bisnis di sektor hulu migas serta mengganggu operasional dan keselamatan kerja serta lingkungan di industri hulu migas”, pungkas Rudi.

Pada sambutannya Asisten Kapolri Bidang Logistik menyampaikan terima kasih atas dukungan dari SKK Migas dan Kadin Indonesia dalam penanggulangan Covid-19 yang dilakukan oleh jajaran kepolisian. “Pada bulan Juli yang lalu saat peningkatan tajam kasus Covid-19, Pemerintah dan rumah sakit kewalahan karena pasokan oksigen yang terbatas tidak sebanding dengan kebutuhan oksigen yang melonjak tinggi. Oksigen yang ada dihadapan kita, pada saat kondisi sakit membutuhkan bantuan peralatan dan teknologi agar oksigen bisa digunakan”.

Lebih lanjut Firman menyampaikan bantuan 300 tabung oksigen akan kami distribusikan ke RS Polri untuk menanggulangi Covid-19. Nantinya, tabung oksigen ini tidak hanya dimanfaatkan oleh anggota Polri yang dirawat, tetapi masyarakat yang dirawat di RS Polri juga akan mendapatkan manfaat dari bantuan tabung oksigen ini.

“Bantuan tabung oksigen dari SKK Migas dan Kadin Indonesia akan sangat berharga bagi RS Polri dan akan dipergunakan sebaik-baiknya. Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran SKK Migas dan Kadin Indonesia. Semoga dengan semangat, solidaritas dan kerja sama, kita dapat keluar dari pandemic ini sebagai pemenang”, pungkas Firman.(RAMA)

FOTO: DOK SKK MIGAS

Check Also

KOMIT DENGAN SDG’S POINT 8, PERTAMINA GO SUSTAINABLE BERDAYAKAN 8 RIBU UMK SEKTOR PERTANIAN

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Setiap tanggal 24 September adalah hari keramat bagi petani Indonesia. Tanggal ini …

Leave a Reply