Thursday , 1 December 2022
Home / NASIONAL / Gelar Baksos di SDN Dayeuhkolot 07 Bolero, JMI Dukung Peningkatan Kualitas Sungai Citarum

Gelar Baksos di SDN Dayeuhkolot 07 Bolero, JMI Dukung Peningkatan Kualitas Sungai Citarum

RESOURCESASIA.ID, BANDUNG – Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) menggelar acara “Donasi Pendidikan untuk Anak Pinggir Sungai Citarum”, Sabtu 18 Desember 2021.

Pemberian paket pendidikan ke anak Sekolah Dasar dan santunan untuk anak yatim ini digelar di SDN 07 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.

Acara yang diselenggarakan dengan memberlakukan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat ini dihadiri Penasihat JMI Pratama Persada, Ketua JMI Firman Wibowo, Pembina JMI Bandung yang juga sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Hermansyah, Sr Officer External Communication & Stakeholder Relation Pertamina Hulu Energi Asep Prasetya Rachman dan Kepala SDN Dayeuhkolot 7 R. Dewi Asmayawati.

Pratama Persada, dalam sambutannya mengemukakan, kegiatan JMI tak hanya memancing, namun juga banyak kegiatan sosial, seperti pemberian donasi.

“Intinya bagaimana kita bersama-sama berbuat untuk sesama. Apa yang kita lakukan kita harap bisa membuat kita semua lebih sejahtera,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Pratama memberikan pesan kepada siswa untuk terus rajin belajar. Menurutnya, perkembangan zaman yang sejalan dengan kemajuan teknologi menuntut generasi muda untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

“Jangan sampai kemajuan teknologi membuat anak-anak sulit mendapatkan pekerjaan karena tergeser oleh robot,” tegasnya.

Ketua JMI Firman Wibowo menambahkan, komunitas ini sudah bergerak dalam kegiatan sosial sejak lama, dan dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Dia mengharapkan kegiatan positif ini akan terus dilakukan oleh JMI di wikayah-wilayah lainnya di berbagai daerah.

Dia juga mengharapkan kegiatan yang dilakukan kali ini dapat memberikan dampak positif terhadap pendidikan anak-anak yang pada ujungnya juga dapat mendorong peningkatan kualitas Sungai Citarum.

Pria yang akrab disapa Om Bowie ini juga mengucapkan terima kasih kepada Instansi dan Perusahaan yang mendukung acara ini, yakni Diskominfo Jabar, Dinas Kelautan & Perikanan Jabar, Pertamina Hulu Energi, Bank BJB, Biofarma, Pertamina Hulu Indonesia, Pertamina Geothermal Energi, Pertamina Perta Arun Gas, PDAM Tirtawening, Waringin Hospitality, Dua Putra Perkasa Pratama, Koprima, Pahala Bahari Nusantara, YBM PLN, dan SKKS.

Sementara itu, Kepala DKP Prov Jabar Hermansyah mengemukakan saat ini sudah ada sejumlah perbaikan di Sungai Citarum. Menurutnya, memang perlu effort yang besar oleh semua pihak untuk memperbaiki kualitas Sungai Citarum.

“Citarum jadi sumber air yang penting, baik untuk masyarakat di sekitarnya ataupun untuk yang lain seperti Waduk Jatiluhur. Karenanya sangat penting upaya-upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas Sungai Citarum ini,” tuturnya.

Hermansyah berpesan kepada anak-anak untuk semakin gemar memakan ikan karena selain rasanya yang lezat, beragam ikan pun memiliki gizi tinggi yang baik untuk pertumbuhan. Selain itu harga ikan pun cenderung terjangkau.

Tentang donasi, dia mengatakan semoga bermanfaat bagi banyak pihak. Dalam kegiatan ini, lanjutnya, DKP juga mendapatkan dukungan dari sejumlah mitra kerja.

Sr Officer External Communication & Stakeholder Relation Pertamina Hulu Energi Asep Prasetya Rachman menyambut baik acara ini yang merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan khususnya di Sungai Citarum. “Mudah-mudahan aksi ini bisa memberi inspirasi untuk semua pihak,” pungkasnya. (RJS)

Foto: DOK RESOURCESASIA.ID

Check Also

Melalui Ocean20, Dunia Wujudkan Laut yang Lestari

RESOURCESASIA.ID, BALI – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menghadiri pembukaan Ocean20 …

Leave a Reply