Thursday , 1 December 2022
Home / ENERGI MINYAK & GAS / ELNUSA Site Visit ke Mitra Kerja di Wilayah Duri – Pekanbaru, Gelar Sosialisasi VMS & Penerapan CSMS

ELNUSA Site Visit ke Mitra Kerja di Wilayah Duri – Pekanbaru, Gelar Sosialisasi VMS & Penerapan CSMS

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Elnusa Tbk (Elnusa) perusahaan jasa energi terkemuka yang memberikan solusi total lakukan rangkaian sosialisasi secara langsung kepada mitra kerja di Pekan Baru, Riau (2-8 juli) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Rangkaian sosialisasi tersebut berupa coaching validasi registrasi mitra kerja melalui aplikasi Vendor Management System (VMS) dan penyampaian penerapan Contractor Safety Management System (CSMS) Elnusa untuk mitra kerja yang sudah terdaftar di area kegiatan operasi Pekan baru dan Duri.

Kolaborasi yang diinisiasi oleh fungsi HSSE dan Supply Chain Management Elnusa ini melibatkan 34 mitra kerja lokal di Duri, Rokan Hilir, dan Pekanbaru. Guna memastikan standar dan kriteria CSMS Elnusa dapat dimengerti dan dipahami oleh mitra kerja yang akan maupun yang telah berkerjasama dengan Elnusa, mitra kerja yang hadir dilibatkan secara aktif juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi bertanya mengenai VMS dan CSMS. Selain itu, melalui kegiatan ini, Elnusa juga berkesempatan untuk memastikan kapabilitas mitra kerja, dokumen administrasi, serta pengelompokan mitra kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dengan dilakukannya agenda site visit ke 36 Mitra Kerja yang berada diwilayah Duri dan Pekanbaru.

Direktur SDM & Umum Elnusa, Tenny Elfrida menyampaikan, untuk membangun lingkungan bisnis yang sehat serta berkelanjutan, Elnusa terus berupaya bersinergi dengan berbagai pihak salah satunya dengan mitra kerja. “Tantangan industri jasa migas ke depan akan semakin besar, sehingga selain upaya meningkatkan kapabilitas SDM diperusahaan, pemilihan mitra kerja yang tepat juga akan menjadi salah satu ikhtiar baik dalam merespon tantangan tersebut”.

Tenny menambahkan, terlepas dari tantangan yang ada, Elnusa berharap dapat memberi makna serta nilai untuk pertumbuhan ekonomi di wilayah setempat atas pelibatan mitra kerja lokal yang tengah dijaring melalui kegiatan ini. “Atas harapan tersebut, kami selalu mengutamakan aspek keselamatan, untuk itu Tim Elnusa yang ditugaskan dalam kegiatan ini juga melakukan kunjungan secara langsung dan memastikan mitra kerja yang nantinya akan digandeng tidak hanya paham namun juga menerapkan serta menjadikan aspek keselamatan sebagai budaya kerja. Tidak hanya itu, Tim juga memastikan dukungan yang didapatkan secara langsung dari mitra kerja sesuai dengan kompetensi serta kualitas yang disesuaikan atas kebutuhan perusahaan”.

Agenda kunjungan ke mitra kerja ini dilakukan sebagai bagian dari misi perusahaan untuk memberdayakan mitra kerja lokal dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan di wilayah Duri. Adapun mengenai penerapan CSMS di Elnusa memiliki beberapa tujuan penting yakni memastikan mitra kerja dapat melaksanakan pekerjaan sesuai standar di Elnusa dengan kriteria terkait keselamatan, kesehatan kerja dan lindungan lingkungan dengan melakukan evaluasi pada penerapan CSMS Full Cycle.

“Selain sebagai upaya pencegahan terjadinya kecelakaan kerja, pemilihan mitra kerja serta alat yang sesuai standar dengan kriteria yang ditetapkan ini, kami yakini ke depan dapat meningkatkan kinerja perseroan serta HSSE di lingkungan Elnusa, yang pada akhirnya mampu mendukung Pertamina dalam pemenuhan target pemerintah pada peningkatan produksi minyak 1 Juta Barel per day dan gas bumi 12 miliar standar kaki kubik per hari (MMscfd) pada 2030 mendatang”. Kata Tenny. (RA)

Foto : Dok Elnusa

Check Also

Terapkan ESG Dalam Bisnis Korporasi, KPI Siap Jadi Perusahaan Kilang dan Petrokimia Skala Global

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Kilang Pertamina Internasional (KP) sebagai Subholding Refining & Petrochemical Pertamina memiliki …

Leave a Reply