Sunday , 19 September 2021
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Dukung Penyediaan Energi Terbarukan, Pertamina adakan Solar panel di Masjid Muhammadiyah Berkapasitas 7000 Watt

Dukung Penyediaan Energi Terbarukan, Pertamina adakan Solar panel di Masjid Muhammadiyah Berkapasitas 7000 Watt

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pertamina mendukung penyediaan energi terbarukan yang berkelanjutan pada Masjid At-Tanwir Muhammadiyah, Jakarta Pusat yang diresmikan bertepatan dengan Peringatan Isra Mi’raj, Kamis (11/3).

Dukungan Pertamina pada pembangunan masjid tersebut antara lain diwujudkan dalam bentuk solar panel yang dapat memasok kebutuhan listrik masjid sebesar 7.000 watt.

Peresmian dihadiri oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Koordinator PMK, Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Direktur SDM PT Pertamina (Persero), Erry Sugiharto. Peresmian ini juga disiarkan secara Live melalui TV Channel Muhammadiyah

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto mengatakan pembangunan masjid ini memiliki terobosan salah satunya dengan pemanfaatan energi terbarukan melalui solar cell yang dibantu Pertamina. Ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan untuk menyediakan fasilitas ibadah yang baik dan ramah lingkungan

“Komitmen Pertamina untuk membangun Masjid At-Tanwir Muhammadiyah yang menggunakan energi bersih sesuai dengan SDGs poin 7 yaitu memastikan energi bersih dan terjangkau dan SDGs poin 11 yaitu membangun kota dan pemukiman inklusif, aman, tahan lama, dan berkelanjutan,” ujar Agus.

Agus menambahkan, hal ini juga bagian dari komitmen Pertamina dalam implementasi ESG (Environmental, Social, Governance) untuk bisnis energi yang berkelanjutan.

Selain Pertamina, pembangunan Masjid At-Tanwir Muhammadiyah tidak luput dari partisipasi BUMN dan donatur lainnya.

Secara korporasi, imbuh Agus, Pertamina saat ini tengah menjalankan transisi energi menuju energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan. Sebanyak 63 SPBU tercatat telah menggunakan PLTS Rooftop dan akan dikembangkan ke seluruh SPBU. Pertamina juga mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di TBBM serta Kilang Pertamina.

“Pertamina akan terus berkomitmen untuk melakukan inovasi dan pengembangan energi baru dan terbarukan untuk masyarakat, sehingga, seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakan energi bersih,” pungkas Agus. (RA)

Foto: Dok Pertamina

Check Also

Pertamina Call Center 135 Meraih 10 Penghargaan Pada Kompetisi 16th Annual Contact Center World Asia Pacific Award 2021

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pertamina meraih 10 penghargaan di tahun kedua keikutsertaannya pada ajang Contact Center …

Leave a Reply