Thursday , 30 May 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Dorong Peningkatan Ekonomi dan Pelestarian Lingkungan, PHKT Gelar Pelatihan Pemanfaatan Ulang Sabut Kelapa di Penajam Paser Utara

Dorong Peningkatan Ekonomi dan Pelestarian Lingkungan, PHKT Gelar Pelatihan Pemanfaatan Ulang Sabut Kelapa di Penajam Paser Utara

RESOURCESASIA.ID, PENAJAM PASER UTARA – Salah satu anak perusahaan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina, yakni PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), berkolaborasi dengan Koperasi Kriya Inovasi Mandara (KIM), selaku mitra pendamping program CSR perusahaan, mengadakan pelatihan daur ulang sabut kelapa di Kelurahan Saloloang, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Pjs. General Manager Zona 10 Yoseph Agung Prihartono menyatakan bahwa pembuatan kriya limbah sabut kelapa ini merupakan bagian Program CSR Pusaka (Pemanfaatan Ulang Sabut Kelapa).

“Program ini dimaksudkan untuk mendukung pelestarian lingkungan, pengembangan ekonomi, dan peningkatan nilai ekonomi limbah sabut kelapa sejalan kebijakan perusahaan untuk menjalankan operasi migas yang selamat, patuh dan ramah lingkungan,” ujar Yoseph.

BACA JUGA :

Kejar Target Produksi Migas Nasional, PHI Lakukan First Cut of Steel Proyek Sisi Nubi AOI

Manager Communication Relations & CID PHI, Dony Indrawan menjelaskan bahwa perusahaan dengan dukungan SKK Migas secara konsisten melaksanakan program-program CSR yang inovatif untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Pengolahan sabut kelapa di Kelurahan Saloloang merupakan wujud inovasi sosial dan lingkungan pada Program PUSAKA yang dapat memberikan dampak signifikan dan berkelanjutan bagi masyarakat, serta mengurangi dampak lingkungan berupa pengurangan emisi dan limbah,” ungkap Dony.

Pelatihan tersebut menghadirkan pembicara dari Omah Sabut Kelapa (OESAKA) Jogjakarta. Para peserta belajar membuat produk dari limbah sabut kelapa berupa tempat tisu, sapu, tas, dan berbagai produk lainnya.

BACA JUGA :

Topang Lifting Nasional, PHKT Gelar “Santan Hebat Menuju Tahun 2024”

Dony menambahkan, Program PUSAKA ini turut mendukung pencapaian SDGs, khususnya Tujuan 1 tentang menghapus kemiskinan, Tujuan 5 tentang kesetaraan gender, Tujuan 8 tentang pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, dan Tujuan 13 tentang penangangan perubahan iklim.

Ketua Koperasi KIM Rusni Pebriyanti menyampaikan apresiasi kepada PHKT yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan tersebut. “Pelatihan ini melibatkan sekitar 15 perempuan dari Kelurahan Siloloang yang diharapkan dapat turut membantu peningkatan perekonomian keluarga,” pungkasnya.

BACA JUGA :

PHI dan SKK Migas Pantau Lifting Migas Akhir Tahun 2023 ke WK Mahakam di Kalimantan Timur

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) merupakan anak Perusahaan PHI yang menjalankan pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (Environment, Social, Governance) sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) SKK Migas, di Wilayah Kerja East Kalimantan & Attaka di Kalimantan Timur. PHKT bersama anak perusahaan dan afiliasi PHI lainnya menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang inovatif di bidang Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Infrastruktur dan Tanggap Bencana guna mendukung pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs). (Rama Julian)

Foto: Dok PHI

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Harumkan Nama Bangsa dan Negara, Inovasi PHE Raih Penghargaan Internasional

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA  – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina terus menorehkan prestasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *