RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID bersama dengan seluruh Anggota Grup merangkul UMKM mitra binaan untuk memanfaatkan momentum Suka Cita Ramadan 2024.
Melalui ajang bazar “Sobat Energi Belanja UMKM 2024” yang diinisiasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai dari 26-28 Maret 2024, Grup MIND ID dan Anggota Grup mengajak beberapa UMKM mitra binaan untuk dapat meningkatkan kinerja penjualannya.
Adapun, Bazar Kementerian ESDM merupakan bagian dari upaya nyata dalam mewujudkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Kecil dan Koperasi. Acara ini juga bertujuan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.
Dalam ajang ini, terdapat 48 tenant yang berpartisipasi dengan harapan dapat mencapai target 2.000 pengunjung.
MIND ID melalui anggotanya memamerkan 46 produk dari UMKM binaan seperti makanan ringan, suvenir hingga pernak-pernik.
Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menjelaskan, bazar ini diharapkan dapat mendorong minat masyarakat berbelanja produk yang dihasilkan UMKM untuk meningkatkan stimulus ekonomi Indonesia, sekaligus membantu pegawai dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.
“Ini adalah bazar yang mengandung pengertian bahwa harga harus kompetitif, mendorong UMKM, dan juga kita ingin membantu menyediakan keperluan terkait Bulan Ramadan dan Idul Fitri ini,” ujarnya saat memberikan sambutan.
BACA JUGA:
DPR Sebut MIND ID Juru Kunci HIlirisasi Tambang RI
Diharapkan bazar ini juga menjadi sarana untuk mendorong produk UMKM agar dapat bersaing sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.
“Terima kasih atas dukungan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan bazar ini, semoga Kementerian ESDM bisa terus bersinergi antar Kementerian/Lembaga terkait, untuk dapat diadakan setiap tahunnya,” kata dia.
Sementara itu, Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengungkapkan keterlibatan MIND ID dalam kegiatan ini merupakan komitmen perusahaan dalam memajukan UMKM.
Ke depan, ia berharap dengan adanya pembinaan dari MIND ID, UMKM binaan bisa mandiri dan terus melanjutkan usaha mereka serta mengembangkan produk untuk bisa menembus pasar global.
“Kita terus berkomitmen agar UMKM mitra binaan kita bisa naik kelas. Ini adalah salah satu caranya, yakni dengan mengikutsertakan mereka dalam kegiatan bazar ataupun pameran seperti ini,” kata Heri. (Rama Julian)
Foto: Dok MIND ID