Thursday , 25 July 2024
Home / KELISTRIKAN / Dirut PLN: PLN Mobile One Stop Solution Jawab Kebutuhan Kelistrikan Selama Idul Fitri 1444 H

Dirut PLN: PLN Mobile One Stop Solution Jawab Kebutuhan Kelistrikan Selama Idul Fitri 1444 H

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT PLN (Persero) memastikan seluruh layanan kelistrikan akan terjaga andal untuk seluruh masyarakat terlebih lagi saat perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah. Masyarakat kini tak perlu risau untuk mengakses kebutuhan layanan kelistrikan meski sedang perjalanan mudik ataupun berkumpul dengan keluarga.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN memiliki SuperApp PLN Mobile sebagai one stop solution kebutuhan listrik masyarakat. Ia mengatakan dalam PLN Mobile terdapat fitur aduan jika masyarakat mengalami kendala kelistrikan selama di kampung halaman.

“Masyarakat tidak perlu repot mencari kantor PLN untuk menyampaikan gangguan. Lewat telepon genggam, masyarakat bisa langsung melaporkan keluhan ataupun gangguan,” ujar Darmawan dalam Apel Siaga Kelistrikan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, Rabu (5/4).

Momen mudik tahun ini juga menjadi salah satu yang dinanti masyarakat. PLN menjawab kebutuhan momen ini bagi para pemudik. Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik tak perlu bingung mencari charging station untuk mengisi daya kendaraan listriknya.

“Masyarakat bisa mencari lokasi charging station melalui aplikasi PLN Mobile. Kami siap melayani 24 jam dan menyiagakan personel untuk membantu masyarakat mengisi daya kendaraan listriknya,” tambah Darmawan.

Saat ini PLN telah mengoperasikan sebanyak 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 237 lokasi di seluruh Indonesia. Di jalur mudik, terdapat 19 titik SPKLU di jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

“Di rest area kami siapkan SPKLU dengan tipe ultra fast charging dan fast charging, untuk jenis ultra fast charging hanya butuh waktu 15 menit saja untuk pengisian daya, mobil listrik bisa langsung penuh,” tambah Darmawan.

PLN dalam menyambut momen Idul Fitri 1444 H menyiagakan 2.300 posko siaga kelistrikan yang siap melayani kebutuhan masyarakat. Selain itu, PLN juga menyiagakan 81.690 personel siaga baik petugas PLN maupun petugas lapangan yang siap melakukan mitigasi kelistrikan.

PLN juga menyiapkan alat pendukung dalam periode Siaga di antaranya menyediakan 1.478 Genset, 559 uninterruptible power supply (UPS), 925 unit gardu bergerak (UGB), 37 unit Emergency Restoration System (ERS), 16 Trafo Mobile, 120 UKB/UCKB, 259 Crane, 3.260 Mobil, dan 3.395 Motor.

Darmawan mengimbau seluruh masyarakat untuk bisa mengamankan sistem kelistrikan rumah masing masing sebelum melakukan perjalanan mudik. Hal ini untuk mengantisipasi potensi bahaya listrik.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan pemeriksaan listriknya nanti sebelum mudik, pastikan seluruh alat elektronik sudah dicabut dari stop kontak dan aliran listrik yang tidak digunakan sudah dimatikan. Jangan lupa juga untuk membayar tagihan listrik bulanan bagi pelanggan pascabayar dan sudah mengisi token listrik bagi pelanggan prabayar sehingga perayaan Idul Fitri berlangsung nyaman karena suplai listrik terus menyala,” tutup Darmawan. (RAMA)

FOTO : DOK PLN

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Hari Anak Nasional, Srikandi PLN Icon Plus, Ajak Anak Indonesia Bermain dan Belajar

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2024, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *