Friday , 21 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Direksi PT KPI Tinjau Kehandalan Operasional Kilang Pertamina Plaju

Direksi PT KPI Tinjau Kehandalan Operasional Kilang Pertamina Plaju

RESOURCESASIA.ID, PLAJU PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju terus memastikan kehandalan operasionalnya dalam peran mengolah BBM & LPG serta produk petrokimia.

Hal ini juga menjadi perhatian penuh Direksi PT KPI. Direktur SDM & Penunjang Bisnis PT KPI Isnanto Nugroho mengatakan, direksi PT KPI mendukung penuh kehandalan operasional di Kilang Pertamina Plaju dengan terus memastikan diterapkannya Asset Integrity & Process Safety.

“Kita terus memastikan aspek-aspek teknis berkaitan dengan asset integrity & process safety diterapkan dengan baik di Kilang Pertamina Plaju, mengingat kompleksitasnya yang tinggi,” kata Isnanto saat momen Impressive Management Walkthrough (iMWT) atau kunjungan ke Kilang Pertamina Plaju pada Rabu (05/04/2023).

Ia mengapresiasi kinerja dan prestasi yang berhasil ditorehkan Kilang Pertamina Plaju beberapa waktu terakhir. “Memang RU III Plaju termasuk RU yang baik dan berprestasi, ini sangat membanggakan berkat kerja keras, tangkas, dan tuntas kita semua,” tuturnya.

Selain aspek operasional, Isnanto juga tak henti-hentinya menegaskan pentingnya aspek HSSE yang penerapannya dilakukan dengan full compliance. “Aspek HSSE harus didukung dengan monitoring, dan dilengkapi dengan konsekuensi yang mengikat, ini demi keselamatan kerja,” tuturnya.

Dengan turun langsung meninjau kondisi kilang, Isnanto berharap memupuk semangat pekerja dalam mendongkrak kinerja perusahaan, menegaskan komitmen Kilang Pertamina Plaju dalam menjaga ketersediaan energi untuk negeri.

Tingkatkan Kapasitas Produksi
General Manager Kilang Pertamina Plaju, Yulianto Triwibowo dalam kata sambutannya mengatakan bahwa secara umum, kondisi operasional kilang aman dan terkendali serta meningkatnya kapasitas produksi yang biasanya hanya di angka 80 MBSD (Ribu Barel Per hari), kini telah dinaikkan menjadi 90 MBSD.

Di satu sisi, peningkatan SDM juga ditingkatkan dengan menumbuhkan rasa kesadaran dan rasa memiliki (awareness & ownership) di dalam setiap diri pekerja. “Kita juga sudah mulai melakukan kegiatan Mindset and Culture Day dan dengan turut memperhatikan hal-hal kecil, harapannya kita bisa meningkatkan rasa awareness dan ownership bagi para pekerja serta tetap bisa memberikan sumbangsih bagi masyarakat Sumbagsel meski kilang ini sudah berumur” ujar Yulianto.

Yulianto juga menyampaikan, hubungan dengan para pemangku kepentingan terus dijaga dengan baik. “Kita selalu menjaga komunikasi dengan para stakeholder pemerintahan maupun masyarakat, dengan demikian mereka akan ikut mendoakan keselamatan kilang kita,” kata Yulianto.

Ia berharap, Kilang Plaju dapat terus beroperasi dengan aman, handal dan comply to regulation, serta selalu berdampingan dengan para stakeholder dan masyarakat sekitar. “Kami berharap agar dapat terus mengolah energi terbaik untuk negeri,” tutupnya.

Tentang Kilang Pertamina Plaju
Kilang Pertamina Plaju atau PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju merupakan salah satu unit kilang dari enam kilang yang dioperasikan PT Kilang Pertamina Internasional sebagai bagian dari Sub-Holding Refining & Petrochemicals PT Pertamina (Persero).

Kilang minyak yang beroperasi di Palembang, Sumatera Selatan ini merupakan salah satu unit kilang tertua di Indonesia yang masih beroperasi sejak tahun 1904, berkontribusi memenuhi kebutuhan energi nasional terutama di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). (RAMA)

FOTO: DOK KPI

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

SKK Migas Tetapkan Standarisasi Pengukuran CO2 Pada Program CCS/CCUS

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Untuk memperkuat program Carbon Capture Storage/Carbon Capture Utilization Storage (CCS/CCUS) guna mendukung target …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *