Thursday , 20 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / BKF KemenKeu: Ketidakpastian Sektor Hulu Migas Sering Gonta Ganti Menteri ESDM

BKF KemenKeu: Ketidakpastian Sektor Hulu Migas Sering Gonta Ganti Menteri ESDM

Resourcesasia.id, Jakarta – Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengakui saat ini memang terjadi ketidakpastian di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) Indonesia. Salah satu penyebabnya yakni pergantian Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang berlangsung beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir.

Proses pergantian itu membuat beberapa keputusan penting terkait hulu migas menjadi tertunda. Alhasil, mau tak mau suatu keputusan penting sulit diambil. “Contoh paling gampang dalam waktu beberapa tahun Menteri ESDM ganti, itu jadi salah satu faktor ketidakpastian,” katanya dalam diskusi kelompok atau Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Indonesia Petroleum Association (IPA) di Jakarta (29/3).

Namun, pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan juga sudah mencoba membuat industri migas bergairah. Upaya tersebut adalah dengan memberikan pembebasan pajak bagi kontraktor migas saat melakukan kegiatan eksplorasi, seperti pembebasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Di sisi lain, pemerintah menyadari salah satu faktor yang membuat iklim investasi hulu migas tidak menarik adalah persoalan perizinan. Untuk itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana memangkas izin agar investor mau menanamkan dananya di Indonesia. (Spon)

Foto: sumber dunia energi

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

TIBA DI LAUT JAWA, JACKUP RIG ‘EMERALD DRILLER’ PERTAMINA DRILLING SIAP BEROPERASI

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Jackup rig ‘Emerald Driller’ yang akan digunakan dalam proyek pengeboran offshore antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *