Friday , 2 December 2022
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Berhasil Implementasikan ESG, Pertamina meraih ESG Awards 2021 Kategori Leadership A

Berhasil Implementasikan ESG, Pertamina meraih ESG Awards 2021 Kategori Leadership A

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) meraih ESG Awards Kategori Rating Leadership A dalam ajang ESG Awards 2021 yang diselenggarakan secara daring oleh Beritasatu Media Holdings dan Bumi Global Karbon Foundation (BGKF), Rabu (27/10) lalu.

Selain Pertamina, subholding gas, PT Perusahaan Gas Negara TBK juga menerima Apresiasi ESG Awards 2021 untuk Kategori Rating Commitment CCC.

Menurut News Director Beritasatu Media Holdings, Primus Dorimulu, ESG Awards diberikan kepada perusahaan di Indonesia yang sukses mengimplementasikan aspek Environment, Social, & Governance (ESG).

“Saat ini implementasi ESG menjadi isu paling penting di dunia karena menjadi solusi konkret dalam mengurangi global warming atau pemanasan global dan berbagai reaksi negatif dari bumi yang mempengaruhi kehidupan manusia,” ujarnya.

Primus menjelaskan, pada awalnya penerapan ESG membutuhkan tambahan biaya dan investasi. Tapi seiring dengan kesadaran yang semakin besar terhadap lingkungan, penerapan ESG justru membuat perusahaan atau semakin efisien, lebih digandrungi oleh konsumen, disukai investor dan memberikan keuntungan yang jauh lebih besar.

“Sustainability development juga hanya bisa terwujud dengan penerapan ESG. Jadi korporasi tidak hanya dituntut untuk menjaga kinerjanya, tapi juga menjaga bumi, lingkungan dan sosial.

Pemberian ESG Awards merupakan ungkapan komitmen Kami dalam ikut mewujudkan green economy dan green product sehingga bumi lebih sehat,” tambahnya.

Pjs Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relation Pertamina Juferson Victor Mangempis menyampaikan, penghargaan ini merupakan salah satu bukti bahwa Pertamina sangat serius menerapkan ESG dalam proses bisnisnya. Ia mengungkapkan, Pertamina memiliki ESG strategy, roadmap hingga policy yang terus diperbarui untuk mewujudkan bisnis keberlanjutan.

“Apresiasi ini tentunya membawa energi baru bagi kami untuk terus meningkatkan implementasi ESG. Penghargaan ini semakin meningkatkan reputasi kami sebagai perusahaan energi nasional yang berkelas dunia,” ucapnya.

Pertamina juga telah berkomitmen bukan hanya ingin menjadi perusahaan energi nasional berkelas dunia, tetapi juga memiliki reputasi sebagai perusahaan yang ramah terhadap lingkungan, bertanggung jawab sosial dan mengedepankan good governance

Juferson menegaskan, “Sebagai BUMN energi, Pertamina berkomitmen untuk terus melakukan pengurangan emisi, sesuai target emisi yang sudah dicanangkan oleh pemerintah dan mendukung Paris Agreement,” ujarnya

“Kami percaya, implementasi ESG di seluruh lini bisnis Pertamina ini memberikan manfaat yang sangat besar, bukan hanya bagi perusahaan tapi juga bagi konsumen dan pemangku kepentingan lainnya,” tuturnya.

Juferson pun mengajak kepada seluruh pihak, “Mari kita seluruh pelaku usaha, bahu membahu bersama dengan pemerintah, konsumen dan seluruh stakeholder untuk menciptakan bumi yang lebih baik, untuk generasi selanjutnya. Lets work together, to build a better world for our next generation,”

Sementara itu, Deni Daruri sebagai Founder & CEO BGKF sekaligus dewan juri memberikan apresiasi kepada penerima ESG Awards 2021, termasuk Pertamina Group. “Dari ribuan perusahaan, dewan juri berhasil menemukan 120 perusahaan yang sudah mengimplementasikan ESG,” ujarnya.

Deni menjelaskan, BGKF mengidentifikasi 33 faktor utama ESG berdasarkan studi, peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan. Faktor-faktor ini sangat mempengaruhi sustainability reporting Perusahaan dan cara menjaga operasi bisnis yang sustainable.

“Metode penilaian juga dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya masuk ke dalam website perusahaan untuk melihat apakah telah membuat laporan keberlanjutan, melihat apakah laporan keberlanjutan melalui assurance pihak ketiga, bagaimana tingkat kesesuaian keberlanjutan dengan 33 faktor ESG, serta bagaimana perusahaan mempersiapkan laporan keberlanjutan secara rinci,” pungkasnya. (RAMA)

FOTO: DOK PERTAMINA

Check Also

Terapkan ESG Dalam Bisnis Korporasi, KPI Siap Jadi Perusahaan Kilang dan Petrokimia Skala Global

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Kilang Pertamina Internasional (KP) sebagai Subholding Refining & Petrochemical Pertamina memiliki …

Leave a Reply