Sunday , 16 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Berdayakan Masyarakat dengan Energi Bersih, Kilang Pertamina Plaju Jadi “Winner” di Ajang Bergengsi World Petroleum Council Excellence Awards 2023

Berdayakan Masyarakat dengan Energi Bersih, Kilang Pertamina Plaju Jadi “Winner” di Ajang Bergengsi World Petroleum Council Excellence Awards 2023

RESOURCESASIA.ID, KANADA – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju terus berkomitmen menjadi perusahaan migas kelas dunia yang menunjukkan kepedulian pada pengembangan dan pemberdayaan komunitas masyarakat, terutama pada pemanfaatan potensi energi baru dan terbarukan.

Komitmen itu kemudian mengantarkan Kilang Pertamina Plaju didapuk sebagai Winner di ajang World Petroleum Council (WPC) Excellence Awards 2023, yang diselenggarakan di Calgary, Kanada, (21/9/2023).

Perusahaan kilang minyak Pertamina di Palembang, Sumatera Selatan ini menjadi satu-satunya perusahaan yang mewakili Indonesia bahkan Asia Tenggara yang mengungguli 400 nominasi dan finalis lainnya, karena telah beroperasi dengan kepekaan sosial yang tinggi pada komunitas masyarakat, dengan mengusung program Desa Energi Berdikari (DEB).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Presiden WPC Energy, Pedro Miras kepada Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari, didampingi Ahmad Adi Suhendra (Jr. Officer II CSR & SMEPP) dan Daniswara Krisna Prabatha (Engineer I Offsite & Product Distribution Process).

Pedro mengatakan, pihaknya merasakan atmosfer positif yang dibangun dengan karya-karya dan dialog produktif dari para peserta WPCEA 2023 kali ini. “Dalam sepekan ini kami merasakan banyak kemajuan serta dialog produktif,” katanya.

Apalagi, ia mengemukakan visi WPC Energy sebagai organisasi migas dunia memfasilitasi dialog terbuka tentang industri minyak, gas dan energi, berikut produk-produk serta bagaimana suatu perusahaan berkontribusi maksimal dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik, salah satunya lewat tanggung jawab sosial (Social Responsibility) yang menjadi salah satu kategori penghargaan di WPCEA.

Bawa Dua Program CSR/TJSL Unggulan

Adapun program CSR/TJSL Kilang Pertamina Plaju yang mengantarkannya menjadi Winner dalam ajang WPC Excellence Awards 2023, bertajuk kategori Social Responsibility, yakni “Lighting More Hopes (Desa Energi Berdikari)”.

Program Desa Energi Berdikari, dengan yang dipresentasikan dalam paper berjudul “Lighting More Hopes: Enhancing Livelihood of Rural Communities through Empowerment in Sustainable and Cleaner Energy Sources” berawal dari adanya beberapa desa di Sumatera Selatan yang belum teraliri listrik selama puluhan tahun, namun terdapat potensi aliran air konsisten dan paparan sinar matahari yang cukup baik.

Sehingga, Kilang Pertamina Plaju mengembangkan Desa Energi Berdikari yang memungkinkan masyarakatnya mendapat suplai listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dengan kapasitas 28 kWh, serta Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 8,2 kWp berbasis pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Sebelumnya, program yang sama juga pernah mendapat penghargaan internasional International CSR Excellence Awards 2022 lalu di London, serta didapuk sebagai Runner-Up WPC Excellence Award 2021 silam di Houston, USA, menjadi salah satu Finalis pada WPC Excellence Awards 2023 untuk kategori Social Responsibility.

Selain itu, Program Kampung Iklim (Climate Village Program) juga masuk sebagai Finalis dengan paper berjudul “Empowering Local Heroes Leadership: How Cultural Understanding Can Empower Local Leaders in Climate Change Adaptation and Mitigation Efforts”, sebagai jawaban atas tantangan perubahan iklim di lingkungan perkotaan.

Program ini bertujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim pada masyarakat di sekitar wilayah operasional Kilang Pertamina Plaju melalui pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Dengan melakukan pengukuran dampak program secara sistematis dan terukur, program ini berhasil menciptakan aksi yang lebih berkelanjutan dan membuat masyarakat lebih siap dalam menghadapi perubahan iklim.

Dorong Komitmen Bersama

General Manager Kilang Pertamina Plaju Yulianto Triwibowo mengungkapkan, pihaknya berkomitmen penuh untuk terus berkontribusi dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat serta lingkungan melalui program-program CSR/TJSL yang berkelanjutan.

“Komitmen kami untuk terus menciptakan kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan, diwujudkan dalam berbagai program yang menciptakan kemandirian di masyarakat, serta mewujudkan kesadaran bersama pada aksi-aksi iklim yang berkelanjutan,” kata Yulianto

Dilanjutkannya, pencapaian perusahaan dalam menembus penghargaan tingkat global ini diraih dengan dukungan banyak pihak. “Kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama seluruh stakeholders yang terlibat dari unsur pemerintah, masyarakat serta akademisi,” sambungnya.

Ia mengucapkan syukur yang tak terhingga, Kilang Pertamina Plaju menjadi sebagai satu-satunya perusahaan dari Indonesia bahkan Asia Tenggara, dapat mengangkat nama baik negara dan kawasan Asia Tenggara di kancah dunia, dengan didapuk sebagai Winner di ajang bergengsi ini.

“Ini adalah penghargaan untuk semua yang terlibat dalam upaya dan komitmen bersama stakeholders Kilang Pertamina Plaju yang terkait, dalam rangka menciptakan dunia yang lebih baik lewat program Desa Energi Berdikari (DEB) dan Program Kampung Iklim (Proklim). Apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam keberhasilan program ini,” imbuhnya.

Dukung SDGs & ESG

Melalui dua program yang disubmit ini, Kilang Pertamina Plaju mendukung penuh implementasi SDGs pada tujuan ketujuh, yakni menjamin akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan dan modern untuk semua. Poin SDGs lainnya yakni tujuan 13 yakni mengambil tindakan cepat untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya.

Selain itu, melalui program ini Kilang Pertamina Plaju juga mendukung implementasi ESG, terutama pada aspek Environmental dan Social.

Tentang WPC Excellence Award

WPC Excellence Awards (WPCEA) merupakan sebuah penghargaan yang diadakan setiap tiga tahun sekali untuk proyek dan inovasi yang luar biasa di sektor industri minyak dan gas dengan 3 (tiga) jenis kategori penghargaan, diantaranya: 1. Gender and Inclusion 2. Social Responsibility 3. Technological Development.

Tentang WPC Energy

World Petroleum Council (WPC) Energy sebagai penyelenggara kegiatan penghargaan tersebut merupakan organisasi berbentuk NGO yang berbasis di London, Inggris dan berdiri tahun 1933.

NGO ini berfokus pada fasilitasi dialog terbuka dan berdedikasi mempromosikan pengelolaan yang berkelanjutan dan memberikan manfaat umum di bidang minyak, gas, dan produk turunannya.

WPC Energy saat ini juga mengembangkan fokusnya untuk memimpin transisi global menuju sistem energi rendah karbon yang dicapai melalui bauran sumber energi yang beragam dan berkelanjutan. Untuk informasi pemenang penghargaan lebih lanjut, pembaca dapat mengunjungi website https://www.world-petroleum.org/wpc-excellence-awards.

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Amankan Pasokan BBM dan LPG Jelang Idul Adha 1445 H

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat mengamankan pasokan BBM dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *