Friday , 21 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Berbekal Kompetensi & Kapabilitas, Pertamina Internasional EP Membuka Peluang Bisnis di Benua Afrika

Berbekal Kompetensi & Kapabilitas, Pertamina Internasional EP Membuka Peluang Bisnis di Benua Afrika

RESOURCESASIA.ID, JOHANNESBURG – PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP), anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE), selaku Subholding Upstream Pertamina, bersama dengan PT Pertamina (Persero) selaku holding – mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam lawatannya ke empat negara Afrika yaitu Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan. Lawatan tersebut membawa semangat kolaborasi dan meningkatkan hubungan bilateral masing-masing negara dan memperluas potensi bisnis kerjasama di bidang hulu upstream, midstream, downstream dan panas bumi (geothermal).

Saat kunjungan di Kenya, PIEP telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan National Oil Corporation Kenya (NOCK) terkait akses terhadap data dan informasi lapangan migas serta potensi terjalinnya kolaborasi dalam kegiatan eksplorasi di area frontier atau di area yang sudah berproduksi.

Di Tanzania, induk usaha PIEP, Pertamina, telah menandatangani Nota Kesepahaman (Memo of Understanding/MoU) dengan Tanzania Petroleum Development Company (TPDC pada bidang eksplorasi dan produksi hulu serta hilir migas di wilayah Tanzania.

Sedangkan di Mozambik, PIEP telah menandatangani MoU tidak mengikat dengan Buzi Hydrocarbons Pte Ltd (BHPL) terkait potensi kolaborasi di sektor migas mulai upstream, midstream, downstream, hingga pembangkit listrik tenaga gas.

“Pertamina membuka peluang untuk bekerja sama dan Afrika memiliki bisnis yang sesuai dan dibutuhkan oleh Pertamina. Kami memiliki pengalaman, kompetensi dan kapabilitas untuk mengerjakannya,” ucap Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

“Dengan spirit bring the barrel dan values home, footprint Pertamina di sektor hulu dalam meningkatkan produksi agar bisa diolah di kilang milik Pertamina di dalam negeri, untuk meningkatkan ketahanan energi nasional,” tambahnya.

Jaffee A. Suardin, Direktur Utama PT Pertamina Internasional EP (PIEP) mengungkapkan bahwa inisiasi kerjasama Pertamina Group dengan empat negara di Afrika sesuai dengan peran Pertamina sebagai BUMN yang terus berekspansi membawa semangat Go Global.

“Kenapa Afrika? Karena Benua Afrika ini merupakan salah satu benua dengan cadangan minyak yang cukup besar, ditunjang dengan pengalaman produksi serta footprints PIEP di Tanzania, Gabon, dan Algeria yang dapat menjadi modal besar bagi PIEP,” ungkap Jaffee.

PIEP optimis portfolio pengelolaan
wilayah kerja operasional yang berada di 12 negara di empat benua, dapat meningkatkan ekspansi PIEP dalam pengembangan lapangan menjadi lebih besar lagi. Sehingga dengan adanya kerjasama baru di bidang eksplorasi dan produksi hulu migas Afrika dapat meningkatkan produksi sebagai bagian dari upaya ketahanan energi nasional yang mana di tahun 2022 kontribusi kinerja produksi PIEP untuk minyak sebesar 29% dan gas sebesar 15% terhadap produksi Subholding Hulu Pertamina.*

Sekilas Perusahaan
Pertamina Internasional EP merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi, selaku Subholding Upstream Pertamina, berdasarkan kebutuhan untuk mengelola aset-aset internasional, dengan fokus utama yaitu mengelola aset luar negeri yang dimiliki oleh PT Pertamina (Persero). Didirikan tanggal 18 November 2013, PIEP bergerak melakukan inovasi dalam mengakuisisi dan mengelola lapangan migas overseas serta mencari sumber-sumber minyak dan gas (migas) di berbagai negara. Tujuannya, untuk pemenuhan kebutuhan migas domestik serta mendukung ketahanan energi nasional. Hingga saat ini, Pertamina telah memiliki aset lapangan migas luar negeri yang tersebar di 12 negara yaitu Aljazair, Malaysia, Irak, Perancis, Italia, Namibia, Tanzania, Gabon, Nigeria, Kolombia, Angola, Venezuela. (Rama)

Foto: Dok PIEP

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

SKK Migas Tetapkan Standarisasi Pengukuran CO2 Pada Program CCS/CCUS

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Untuk memperkuat program Carbon Capture Storage/Carbon Capture Utilization Storage (CCS/CCUS) guna mendukung target …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *