Saturday , 13 July 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Badak LNG Lepas Mahasiswa COOP Migas Kaltim

Badak LNG Lepas Mahasiswa COOP Migas Kaltim

(Resourcesasia.id) Bontang – Badak LNG resmi melepas delapan mahasiswa peserta Cooperative Education Program (COOP) Migas Kaltim angkatan XXVII di Rega Café Badak LNG, Jumat (10/3). Pelepasan dilakukan setelah mahasiswa dari berbagai universitas dan jurusan di Kalimantan Timur tersebut selesai menjalani masa magang di Badak LNG selama enam bulan.

“Kami sangat bahagia dapat menjadi bagian dari Badak LNG. Di sini kami dapat belajar mengenai dunia kerja,” ungkap salah satu mahasiswa COOP Muhammad Riduan ketika memberi sambutan. Mewakili teman-temannya, ia juga berterima kasih kepada Badak LNG karena sudah memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan diri.

Melihat dampak positif dari kegiatan praktik kerja tersebut, Manager Accounting Operation Ruli Widiasakti sebagai salah satu perwakilan pembimbing menilai, program COOP layak dilanjutkan untuk periode-periode berikutnya. Baik Badak LNG maupun para mahasiswa sama-sama mendapat manfaat.

“Mereka dapat belajar dengan cepat dan bisa langsung terjun ke dunia kerja nantinya,” terang Ruli.

Dengan berasimilasi bersama Perusahaan, mahasiswa dapat merasakan bahwa dunia kerja sangat berbeda dengan dunia akademisi. Banyak hal dan wawasan yang mungkin tidak diperoleh ketika kuliah dan justru didapat setelah masuk ke dunia kerja.

Dukungan senada juga diungkapkan Pjs. Senior Manager Corporate Communication Busori Sunaryo. Dalam sambutannya, ia melihat bahwa program COOP telah membantu menciptakan generasi handal khususnya bila sudah memasuki dunia kerja. Busori juga berharap, ilmu yang didapat dari Badak LNG dapat diserap dan dianalisa sebanyak mungkin sehingga kelak para mahasiswa tersebut dapat menjadi pekerja keras sekaligus cerdas.

“Semoga hal-hal yang sudah dipelajari selama mengikuti magang di Badak LNG dapat menjadi bekal, khususnya terkait etos kerja, kedisiplinan, cara bersikap, dan lainnya,” jelas Busori.

Pelaksanaan magang COOP merupakan salah satu wujud kepedulian Badak LNG terhadap dunia pendidikan khususnya di Kalimantan Timur. Berpartisipasi sejak tahun 2003, program ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk menggali berbagai pengalaman di dunia kerja industri.

Sebagai bagian dari Community Development (Comdev) bidang capacity building, program COOP secara rutin dilaksanakan dua kali setahun. Dengan mengikuti program COOP selama enam bulan, mahasiswa diharapkan dapat lebih memahami dunia kerja selepas melaksanakan kuliah di perguruan tinggi. Selama program magang, mahasiswa akan ditempatkan di berbagai fungsi departemen sesuai kebutuhan Perusahaan.

Program ini kemudian menjadi jembatan antara perguruan tinggi dengan dunia industri. Ke depannya, program ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman sekaligus mengasah kemampuan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Dengan demikian, akan tercipta generasi penerus yang unggul dalam berkarya, cerdas, serta berkualitas tinggi.(redaksi)

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Kurangi Beban Fiskal, Pakar Sebut Perlu Ada Relokasi Subsidi BBM

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Direktur Kebijakan Publik dari lembaga riset Center of Economic and Law Studies …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *