Friday , 14 June 2024
Home / CSR / Agincourt Resources Dukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Lingkar Tambang Bangun KUB Batik Asal Batang Toru, Tapanuli Selatan 

Agincourt Resources Dukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Lingkar Tambang Bangun KUB Batik Asal Batang Toru, Tapanuli Selatan 

RESOURCESASIA.ID, BATANG TORU – PT Agincourt Resources (AR), pengelola Tambang Emas Martabe Batang Toru, telah banyak memberikan dukungan terhadap pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat Tapanuli Selatan, terutama bagi masyarakat Kecamatan Batang Toru dan sekitarnya melalui berbagai program.

Salah satu langkah positif yang dilakukan PT AR dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat yakni melakukan pembinaan terhadap home industri seperti pembinaan terhadap Kelompok Usaha Bersama (KUB) Batik Tapsel di Aek Pining, Kecamatan Batang Toru

Batik ini memiliki Motif Khas Tapanuli Selatan. Batik Tapsel memiliki berbagai motif yang diangkat dari Adat Istiadat dan Kebudayaan Batak Angkola serta keadaan alam dan Komoditas Unggulan di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Shanty Budi Lestari sebagai salah satu penggagas pengembangan Batik Tapsel ini. pada 2016, ia mulai rintis dan mengajak beberapa teman yang berada di kelurahan Aek Pining, Kecamatan Batang Toru, Sumatera Utara, untuk mengembangkan Batik Tapsel.

Shanty Budi Lestari sebagai salah satu penggagas pengembangan Batik Tapsel (Kanan)

“Saya mengajak beberapa teman yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga untuk mengembangkan Batik Tapsel ini, tujuannya untuk meningkatkan perekonomian,” jelas Shanty, Kamis (06/06/2024).

Pada 2018, Shanty mulai membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) dengan anggota 10 perempuan. Pucuk dicinta ulam tiba. Usaha dari Shanty ini dilirik oleh PT Agincourt Resources, perusahaan yang mengelola tambang emas Martabe yang lokasinya tak begitu jauh dari kelurahan Aek Pining dimana Santi dan kawan-kawan mengembangkan usaha batik ini.

PT Agincourt Resources (PTAR) melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) mulai menerjunkan personel untuk membantu Santi mengembangkan usaha Batik Tapsel ini. Agincourt Resources pun mulai melakukan pendampingan.

“Kami diajak studi banding ke Jogja untuk mempelajari mengenai ecoprint dan engolahan ramah lingkungan,” kata Shanty. Tak sampai di situ, Kelompok Usaha Bersama yang didirikan oleh Santi juga diajak untuk mengikuti berbagai pameran dan dikenalkan dengan berbagai distributor.

Berkat kerja sama yang apik tersebut, saat ini Kelompok Usaha Bersama Batik Tapsel mampu meningkatkan omzet penjualan. (RA)

Foto: Resourcesasia.id

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Program Gerilya Academy Antar Kementerian ESDM Raih Penghargaan “Sustainability Initiative” se-Asia

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM) berhasil meraih penghargaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *