Saturday , 13 July 2024
Home / TAMBANG MINERAL & BATUBARA / 25 Tahun BUMA, Perkuat Industri Tambang dan Manfaat bagi Masyarakat
25 Tahun BUMA BERMAKNA: Memberi Manfaat untuk Indonesia," menekankan komitmen berkelanjutan BUMA dalam memberikan nilai tambah dan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan, serta dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat luas.

25 Tahun BUMA, Perkuat Industri Tambang dan Manfaat bagi Masyarakat

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) merayakan hari jadi yang ke-25 tahun. Tema perayaan tahun ini, “25 Tahun BUMA BERMAKNA: Memberi Manfaat untuk Indonesia.” Tema ini menekankan komitmen berkelanjutan anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk. (Delta Dunia Group) ini dalam memberikan nilai tambah dan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan, serta dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat luas.

“BUMA telah menempuh perjalanan luar biasa, dimulai dari sebuah perusahaan sub-kontraktor hingga bertumbuh menjadi salah satu perusahaan jasa pertambangan terbesar di Indonesia dan Australia. Selama 25 tahun, BUMA fokus menciptakan keunggulan operasional, mendorong inovasi, dan memegang teguh prinsip ESG untuk membangun industri pertambangan yang berkelanjutan,” ujar Presiden Direktur BUMA, Indra Kanoena, Kamis (7/12).

Dimulai sebagai perusahaan sub-kontraktor pertambangan pada tahun 1998, BUMA berkembang menjadi perusahaan jasa penambangan besar yang kemudian diakuisisi oleh Delta Dunia Group pada tahun 2009, terus bertumbuh menjadi perusahaaan jasa penambangan independen terkemuka di Indonesia.

Pada tahun 2021, BUMA mengakuisisi BUMA Australia (BUMA Australia Pty Ltd) dari Downer EDI Limited (Downer), memperluas layanan pertambangan ke salah satu pusat pertambangan dunia serta mendiversifikasi komoditas pertambangan perusahaan ke metallurgical coal, menyokong pesat pertumbuhan perusahaan.

BACA JUGA :

Perkuat Posisi, BUMA Tawarkan Obligasi Rupiah Perdana sebagai Perusahaan Jasa Pertambangan Terkemuka di Indonesia dan Australia

Sejak mengakuisisi BUMA Australia tahun 2021, buku pesanan BUMA Australia meningkat empat kali lipat, mendorong kinerja perusahaan lebih lanjut. Dengan riwayat hubungan pelanggan yang solid dan jangka panjang dengan perusahaan pertambangan terkemuka di Indonesia dan Australia, BUMA didukung oleh lebih dari 16.000 karyawan berpengalaman dan telah berhasil memegang pangsa pasar kedua di sektor pertambangan Indonesia dan kontraktor kelas satu di Australia.

Keunggulan Operasional

BUMA menyediakan rangkaian layanan pertambangan yang komprehensif dengan pendekatan dari hulu ke hilir. Mencakup pembongkaran lapisan tanah penutup, penambangan batu bara, pengangkutan, dan rehabilitasi tambang.

Keunggulan BUMA terletak pada kemampuannya mengelola operasi tambang yang kompleks dan menantang, termasuk di pulau-pulau kecil, serta menyelesaikan masalah teknis tingkat tinggi, seperti penanganan rembesan air laut, penanganan lumpur, antisipasi potensi dan penanganan geotechnical dan gelombang pasang air laut, hingga memindahkan sungai demi meminimalkan dampak lingkungan dan mencapai efisiensi operasional yang optimal.

Keunggulan operasional ini juga didukung oleh komitmen perusahaan dalam menerapkan inovasi teknologi di sektor pertambangan dan menggerakkan proyek perbaikan berkelanjutan (continuous improvement). Salah satu inovasi unggul BUMA adalah integrasi sistem manajemen armada (fleet management system) terkini guna optimalisasi operasional tambang serta penerapan teknologi algoritma machine learning yang mampu memprediksi potensi kerusakan komponen pada alat-alat berat, yang dikenal sebagai Predictive Maintenance (PdM).

BACA JUGA : 

BUMA Raih Fasilitas Pembiayaan Sindikasi Syariah Pertama Senilai USD 60 Juta

“Di BUMA, kami menyadari pentingnya inovasi dalam meningkatkan produktivitas, mendorong efisiensi dan keberlanjutan operasional. Kami terus berupaya mengeksplorasi teknologi perintis untuk merevolusi pemeliharaan dan manajemen peralatan kami. Penerapan teknologi ini sekaligus menjadi bagian dari strategi keberlanjutan perusahaan,” papar Indra.

Kinerja Keuangan

Kinerja keuangan BUMA terus menunjukkan pertumbuhan yang pesat, hingga mampu memecahkan rekor pendapatan dari tahun ke tahun. Selama sembilan bulan di tahun 2023, BUMA telah berhasil memecahkan rekor pendapatan sebesar US$ 1,363 miliar dengan EBITDA US$ 308 juta, yang menghasilkan keuntungan bersih sebesar US$ 30 juta.

Pada periode yang sama, BUMA menunjukkan kapasitas arus kas yang tangguh, di mana arus kas operasional perusahaan melonjak menjadi US$ 237 juta. Dengan EBITDA yang terus meningkat dan peningkatan rasio utang bersih terhadap EBITDA sebesar 1,85x, perusahaan siap untuk mempertahankan metrik kredit yang kuat.

BACA JUGA :

Delta Dunia Group Meningkatkan Saham di Asiamet Menjadi 34,5 Persen, Perkuat Komitmen Diversifikasi Bisnis

Pada 4-8 Desember 2023, perusahaan membuka masa Penawaran Umum Obligasi I BUMA Tahun 2023, yang sekaligus merupakan strategi diversifikasi perusahaan dalam memperluas opsi pembiayaan yang sebelumnya terdiri dari Obligasi, Pinjaman Bank Konvensional dan Syariah, serta skema pembiayaan Leasing yang semuanya dalam mata uang dollar AS.

“Kami bangga telah memasuki pasar Indonesia melalui inisiatif Penawaran Umum Obligasi I BUMA Tahun 2023. Langkah strategis ini merupakan tonggak bersejarah bagi BUMA sekaligus mempertegas kredibilitas BUMA sebagai perusahaan jasa pertambangan terkemuka di Indonesia dan Australia,” ujar Direktur BUMA, Silfanny Bahar.

Komitmen ESG

BUMA memiliki komitmen kuat terhadap ESG dan mendukung inisiatif pemerintah untuk mencapai target Indonesia bebas emisi pada tahun 2050, seperti yang ditetapkan dalam strategi dan framework perusahaan induk BUMA, Delta Dunia Group.

Komitmen terhadap ESG ini juga terefleksi dalam strategi diversifikasi bisnis perusahaan ke komoditas rendah karbon seperti batu bara metalurgi serta program perusahaan untuk mendukung kesejahteraan sosial dan ekonomi di area operasional BUMA. Program-program tersebut di antaranya, “Wifepreneur” atau program kewirausahaan bagi para istri karyawan dan karyawan perempuan; program edukasi BUMA School untuk meningkatkan jumlah pekerja terampil bersertifikat yang siap terjun ke dunia kerja; dan program pelatihan “Jika Maka” bagi warga di sekitar lokasi tambang yang putus sekolah. (Rama Julian)

Foto: Dok BUMA

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Mangrove Ranger Cuku Nyinyi, Usaha Grup MIND ID Jaga Kelestarian Pesisir

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Anggota BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID), PT Bukit Asam sukses …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *