Sunday , 16 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Tingkatkan Produktivitas, PIS Lakukan Percepatan Digitalisasi Terintegrasi

Tingkatkan Produktivitas, PIS Lakukan Percepatan Digitalisasi Terintegrasi

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Pertamina International Shipping (PIS) melakukan percepatan digitalisasi dengan menggelar pelatihan intens untuk menjalankan sistem informasi terintegrasi yang akan meningkatkan produktivitas perusahaan ke depan.

Pelatihan bertajuk Super User Training “Integrated Management Information System” (IMIS) ini merupakan program untuk Tim Management, Super User, serta Tim Administrator PIS dalam mengoptimalkan sistem digital yang meliputi keseluruhan proses bisnis termasuk Keuangan, Operasional, komersial, armada, dan penunjang bisnis lainnya.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh berbagai fungsi, mulai dari Direktorat Niaga, Direktorat Operasi, Direktorat Keuangan, Direktorat Armada, serta Direktorat SDM & Penunjang Bisnis. Pelatihan ini juga turut mengundang pelatih-pelatih andal dari Singapura dan Australia.

“Digitalisasi di level Holding (Pertamina) sudah sangat maju, dan tentunya ini akan selaras dengan program-program yang akan diturunkan di level Subholding,” kata CEO PIS, Yoki Firnandi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (16/5/23).

Ia memaparkan digitalisasi bermanfaat dalam membaca data analisis, baik kenaikan, penurunan, data penjualan, pasokan, dan data lain yang semuanya dapat terpantau melalui sistem sehingga akan sangat membantu dalam memberikan acuan keputusan.

Dalam program digitalisasi ini, PIS juga menggandeng mitra kelas dunia Vesson yang cukup dikenal dalam teknologi digital maritim. PIS dan Vesson sedang dalam tahap menyiapkan aplikasi industri shipping yang terintegrasi dan sedang dilakukan pengujian kesesuaiannya dengan proses bisnis dan potensi improvement melalui SUT (Super User Training) dan UAT (User Acceptance Test). Aplikasi ini diarahkan dapat memperkuat analisa data untuk perencanaan strategis.

“Perlu ditekankan bahwa saat data tersedia, banyak hal yang bisa kita ambil. Belum lagi kemudahan dalam bekerja nantinya, maka saya dorong untuk pastikan digitalisasi ini bisa berjalan,” ujar Yoki. (RAMA)

FOTO: DOK PIS

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Amankan Pasokan BBM dan LPG Jelang Idul Adha 1445 H

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat mengamankan pasokan BBM dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *