Friday , 14 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / PT MEDCO CAHAYA GEOTHERMAL MENANDATANGANI PERJANJIAN PEMBIAYAAN DENGAN PT SARANA MULTI INFRASTRUKTUR (PERSERO) UNTUK PENGEMBANGAN PROYEK PANAS BUMI IJEN

PT MEDCO CAHAYA GEOTHERMAL MENANDATANGANI PERJANJIAN PEMBIAYAAN DENGAN PT SARANA MULTI INFRASTRUKTUR (PERSERO) UNTUK PENGEMBANGAN PROYEK PANAS BUMI IJEN

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Medco Power Indonesia (“Medco Power”), melalui anak usahanya, PT Medco Cahaya Geothermal (“MCG”), menandatangani Perjanjian Pembiayaan dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“SMI”) untuk pengembangan Ijen, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (“PLTP Ijen”).

Tahap pertama pengembangan diharapkan menghasilkan 34 MW pada tahun 2025. MCG, perusahaan milik bersama antara Medco Power dan Ormat Technologies (“Ormat”) (NYSE: ORA), akan mengembangkan dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga panas bumi pertama di Jawa Timur.

Penandatanganan disaksikan oleh Harris Yahya, Direktur Panas Bumi Kementerian ESDM, Adi Lumakso Direktur Manajemen Pembangkitan PT PLN (Persero), Hilmi Panigoro Direktur Utama MedcoEnergi, Doron Blachar CEO Ormat, Eka Satria Direktur Utama Medco Power dan Edwin Syahruzad Direktur Utama SMI.

“Penandatanganan ini merupakan milestone lanjutan dari strategi perubahan iklim kami untuk memperluas portofolio energi terbarukan kami,” kata Hilmi Panigoro.

Eka Satria menambahkan, “Penandatanganan ini menunjukkan komitmen Medco Power untuk mengembangkan energi bersih dan terbarukan di Indonesia setelah selesainya PLTGU Riau sebesar 275MW dan PLTS Sumbawa sebesar 26MWp pada tahun 2022.”

“Penandatanganan ini merupakan langkah lanjutan untuk mendukung ekonomi Indonesia menuju
energi terbarukan yang bersih dan rencana jangka panjang Ormat untuk meningkatkan kehadiran di Indonesia baik sebagai pemilik pembangkit listrik maupun sebagai pemasok peralatan” kata Doron Blachar, Chief Executive Officer Ormat.

Melalui sambutannya, Edwin Syahruzad juga menyampaikan apresiasinya atas kerjasama ini, “Proyek ini merupakan milestone untuk memberikan kontribusi terhadap komitmen Indonesia terkait perubahan iklim. SMI juga berterima kasih kepada USAID SINAR atas dukungannya dalam proyek ini”.

Tentang PT Medco Power Indonesia
Didirikan pada tahun 2004, Medco Power Indonesia adalah salah satu Independent Power Producer terkemuka di bawah grup MedcoEnergi. Beroperasi di bisnis IPP dan O&M, Medco Power memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan kapasitas lebih dari 3,1 GW di 15 lokasi di Indonesia.

Saat ini Medco Power sedang mengembangkan proyek Ijen Geothermal di Jawa Timur, proyek pembangkit PV di Bali Barat dan Timur. Medco Power dimiliki sepenuhnya oleh PT Medco Energi Internasional Tbk.

PT Medco Energi Internasional Tbk (“MedcoEnergi”) adalah perusahaan energi dan sumber daya alam terkemuka di Asia Tenggara yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (MEDC-IDX). MedcoEnergi memiliki tiga segmen bisnis utama, Minyak & Gas, Energi Bersih dan Pertambangan Tembaga.

MedcoEnergi mengeksplorasi dan memproduksi minyak dan gas terutama di Indonesia dan memperluas kehadirannya di Asia Tenggara. Grup mengoperasikan pembangkit listrik tenaga gas, panas bumi, dan air di Indonesia melalui Medco Power Indonesia dan kepemilikan non-konsolidasi di Amman Mineral Nusa Tenggara yang mengoperasikan tambang tembaga dan emas berskala besar di Indonesia.

Tentang PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) didirikan pada tanggal 26 Februari 2009 sebagai Badan Usaha Milik Negara di bawah koordinasi Kementerian Keuangan berbentuk Lembaga Keuangan Non Bank (LKBB), dengan peran dan mandatnya sebagai katalis percepatan pembangunan infrastruktur.

PT SMI memiliki berbagai fungsi dan keunikan produk/fitur untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi juga sebagai enabler melalui implementasi skema Public Private Partnership (PPP) yang melibatkan berbagai lembaga keuangan, baik swasta dan multilateral.

PT SMI secara aktif mendukung implementasi KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui produk pinjaman daerah.

PT SMI memiliki tiga pilar bisnis, yaitu (1) Pendanaan dan Investasi, pembiayaan proyek infrastruktur, (2) Jasa Konsultansi, solusi kebutuhan tenaga profesional dan ahli di bidang infrastruktur, dan (3) Pengembangan Proyek, pendampingan Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) dalam penyiapan proyek infrastruktur.

Tentang Ormat Technologies Berpengalaman lebih dari lima dekade, Ormat Technologies, Inc. adalah perusahaan panas bumi terkemuka dan satu-satunya perusahaan yang terintegrasi secara vertikal yang bergerak di bidang panas bumi dan pembangkitan energi yang terbarukan (“REG”), dengan rencana besar untuk mempercepat pertumbuhan jangka panjang di pasar energy storage dan untuk membangun posisi terdepan di pasar energy storage AS.

Perusahaan memiliki, mengoperasikan, merancang, memproduksi, dan menjual pembangkit listrik panas bumi dan REG terutama berdasarkan Ormat Energy Converter – unit pembangkit listrik yang mengubah panas bersuhu rendah, sedang, dan tinggi menjadi listrik.

Perusahaan telah merekayasa, memproduksi dan membangun pembangkit listrik, yang saat ini dimiliki atau telah dipasang untuk utilitas dan pengembang di seluruh dunia, dengan total kapasitas bruto sekitar 3.200 MW. Ormat memanfaatkan kemampuan utamanya di industri panas bumi dan REG serta kehadiran globalnya untuk memperluas aktivitas Perusahaan menjadi layanan energy storage, Fotovoltaik (PV) surya, dan energy storage plus PV Surya.

Portofolio pembangkit total Ormat saat ini adalah 1.173 MW dengan portofolio pembangkit panas bumi dan surya 1.085 MW yang tersebar secara global di AS, Kenya, Guatemala, Indonesia, Honduras, dan Guadeloupe, serta portofolio energy storage 88 MW yang berlokasi di AS. (RAMA)

FOTO: DOK MEDCOENERGI

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Indonesia Andalkan LNG di Era Energi Transisi, Infrastruktur Harus Disiapkan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Transisi energi di Indonesia dengan memanfaatkan gas bumi semakin nyata terwujud. Ini …

One comment

  1. Kepada Yth, Perusahaan Pemerintah BUMN & Swasta

    PT/CV, LTD, TBK
    Up: Pimpinan / Finance Manager
    Perihal: Penawaran Jasa Penerbitan , BANK GARANSI, SURETY BOND ASURANSI (Non Collateral).
    Terlampir : Rate/Rincian Biaya Penerbitan Bank Garansi & SURETY BOND Tanpa Collateral/ Tanpa Agunan.
    Adapun Rate BANK GARANSI (BG) & SURETY BOND di Antaranya :

    NAMA JAMINAN

    BANK GARANSI

    BANK GARANSI

    SURETY BOND

    LINES OF INSURANCE

    Jenis Jaminan

    Rate/Triwulan

    Rate / Tahun

    Rate / Triwulan

    Fire Insurance, ASKREDAG

    Jaminan Penawaran

    1,50 % Flat

    0,35 %

    Cargo, Asuransi Kebakaran, CUSTOMS BOND KITE, OB 23, VOORUITSLAG, KABER BC 2,3, PPJK, SPKPBM, ANGKUT LANJUT, PJT.

    Jaminan Pelaksanaan

    1,75 %

    3 %

    0,35 %

    Marine Hull Insurance

    Jaminan Uang Muka

    2 %

    3 %

    0,4 %

    All Risk Insurance, Asuransi Kendaraan

    Jaminan Pemeliharaan

    1,75 %

    3 %

    0,35 %

    SP2D(Jaminan PembayaranAkhirTahun)

    Administrasi

    Rp. 250.000,-

    Rp. 150.000,-

    (C.A.R, E.A.R, MB)Etc…

    Rate tertera di atas masih bisa dinegosiasi

    Noted : Kami juga biasa membantu untuk PENERBITAN JAMINAN PEMBAYARAN AKHIR TAHUN (SP2D) TANPA AGUNAN) Non COLLATERAL.

    Beberapa Jenis ASURANSI Kerugian Umum :

    ü Asuransi Pengangkutan

    ü Asuransi Pengangkutan Barang (Cargo Insurance)

    ü Angkutan melalui Laut (Marine Cargo)

    ü Angkutan melalui darat (Land Cargo)

    ü Angkutan melalui Udara (Air Cargo)

    ü Asuransi Rangka Kapal (Marine Hull)

    ü Asuransi Pesawat Terbang (Avition)

    ü Asuransi Rekayasa Teknik (Engineering)

    ü Asuransi Kebakaran

    ü Asuransi Kendaraan

    ü Seluruh Asuransi Kerugian Lainnya.

    KONFIRMASI LEBIH LANJUT :
    PT. ASIA WINER SOLUSINDO
    Agen/Consultan Bank Garansi & Surety Bond Tanpa Agunan Non COLLATERAL
    Div.Pemasaran : Rezki Gopa.SE
    Wa : 0852-8273-9987
    Telepon : (021)- 48672474
    Office : Jl.Sandang No.1-8,Rt.13 Rw17 Klender,Kecamtan Duren Sawit,Kota Jakarta Timur Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13470.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *