Saturday , 22 June 2024
Home / KELISTRIKAN / PLTMH Aek Silang dan PLTMH Hutaraja, Dua Pembangkit EBT yang Sukseskan F1 Powerboat di Sumut

PLTMH Aek Silang dan PLTMH Hutaraja, Dua Pembangkit EBT yang Sukseskan F1 Powerboat di Sumut

RESOURCESASIA.ID, MEDAN – PT PLN (Persero) sukses menyuplai kebutuhan listrik pada kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) di Balige pada 25-26 Februari lalu. Kunci suksesnya kelistrikan dalam event internasional ini ditopang Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dihasilkan dua Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) yang memanfaatkan aliran air sungai Aek Silang di Sumatera Utara yakni PLTMH Aek Silang dan PLTMH Hutaraja.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, persiapan matang PLN dalam gelaran F1H2O tersebut terbukti menghadirkan listrik andal tanpa kedip. Tak hanya itu, listrik yang disuplai PLN berasal dari energi baru terbarukan (EBT).

“Energi Baru Terbarukan yang memasok kebutuhan listrik dalam gelaran F1H2O ini sangat andal. Terbukti selama gelaran ini berlangsung, kondisi kelistrikan tanpa kedip atau padam sekalipun,” ujar Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara Tonny Bellamy mengatakan, EBT yang disuplai berasal dari PLTMH Aek Silang yang terletak di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan dengan kapasitas 2×5 Mega Watt (MW) yang dalam setahun mampu menghasilkan listrik daya sebesar 59,95 Giga Watt Hour (GWh). Sejak tahun 2020, energi listrik yang dihasilkan PLTMH ini dialirkan ke Gardu Induk yang ada di Siborong-Borong.

Selanjutnya, EBT juga berasal dari PLTMH Hutaraja yang terletak di Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan dengan kapasitas 2×2,5 MW yang dalam setahun mampu menghasilkan listrik sebesar 29,78 GWh. Sejak tahun 2022, energi litrik yang dihasilkan dievakuasi ke dua penyulang di antaranya penyulang 20 kilo Volt (kV) menyuplai ke Dolok Sanggul dan ke Gardu Hubung Siborong – Borong.

“Sumatera Utara memiliki banyak potensi energi ramah lingkungan, hal ini menjadi daya tarik bagi para investor untuk berinvestasi pembangkit listrik dengan bauran energi baru terbarukan,” kata Tonny.

Dia menjelaskan, bauran EBT di Sumatera Utara saat ini mencapai 43,47 persen. Salah satu penyumbang energi ramah lingkungan adalah Kabupaten Toba.

Tonny melanjutkan, Kabupaten Toba memang dikenal memiliki potensi EBT yang sangat banyak. Potensi mini hidro yang tersedia mampu menarik minat banyak investor untuk bangun pembangkit di Kawasan tersebut.

“Dengan suksesnya kejuaraan F1 Powerboat, PLN optimis dapat mensukseskan event apapun yang dilaksanakan di Sumatera Utara. Setelah kejuaraan F1 Powerboat, PLN akan bersiap diri untuk menyambut dan menyukseskan kejuaraan jetsky internasional dan Pekan Olahraga Nasional di tahun 2024,” pungkas Tonny.

Berkat kesuksesan menggelar kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O), menjadikan Sumatera Utara kini perbincangkan baik warga lokal hingga ke mancaranegara. Bukan hanya keindahan alam yang dimiliki, kini Sumatera Utara menjadi tempat favorit untuk pergelaran olahraga baik tingkat nasional maupun internasional.

Untuk diketahui F1 Powerboat di Balige Indonesia ini adalah Agenda lima tahunan pertama dilaksanakan di danau vulkanik terbesar di dunia, dan sekaligus menjadi_ race_ pembuka musim 2023. Ajang ini menghadirkan 20 pembalap dari 10 negara telah berlaga di danau Toba. (RAMA)

FOTO: Dok PLN

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Pemerintah : Potensi Indonesia Sebagai Pemimpin Produsen Hidrogen Dan Amonia Regional

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *