Monday , 29 November 2021
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Komitmen Implementasikan SDGs, PT Kilang Pertamina Internasional Raih 4 Penghargaan Indonesia SDGs Award

Komitmen Implementasikan SDGs, PT Kilang Pertamina Internasional Raih 4 Penghargaan Indonesia SDGs Award

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pertamina membuktikan komitmennya menyelaraskan kegiatan operasi dan tanggung jawab sosial lingkungan yang sejalan dengan Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Terbukti dengan diraihnya 4 penghargaan Indonesian SDGs Award 2021 oleh PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI). Penghargaan prestisius di bidang CSR ini diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD) bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas sebagai lead sector dalam SDGs di Indonesia, serta kementerian terkait dan lembaga pegiat Sustainable Development Goals (SDGs) lainnya.

Empat penghargaan tersebut meliputi 1 Kategori Platinum, 2 Kategori Gold dan satu Kategori Silver, dari beberapa program TJSL unggulan di lingkungan PT KPI. Di antaranya Program Gambut Berdikari yang mendorong masyarakat untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran lahan gambut di Kampung Jawa, Sungai Pakning, Bengkalis dan diintegrasikan dengan pengelolaan kebun nanas lahan gambut terintegrasi. Program unggulan PT KPI Unit Dumai di kawasan Sei Pakning ini memboyong penghargaan kategori Platinum atas kontribusi dalam pencapaian SDGs13.2 yakni Mitigasi Perubahan Iklim Masyarakat.

Sementara itu, Kategori Gold diraih PT KPI Unit Dumai atas kontribusinya dalam pencapaian SDGs 5.1 yakni Pemberdayaan Ekonomi dan Keuangan bagi Perempuan, melalui program Kalam Bersinar (Kampung Laksamana Bersih dari Narkoba). Kategori yang sama juga diraih PT KPI Unit Balikpapan atas kontribusinya pada implementasi SDgs 3.3 Partisipasi dalam Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Menular melalui program Coviducation Health RU V.

PT KPI Unit Balikpapan juga meraih kategori Silver atas kontribusi dalam pelaksanaan SDGs 11.4 Konservasi Cagar Budaya Bagi Masyarakat melalui program Cagar Budidaya Dahor Heritage.

Corporate Secretary PT KPI, Ifki Sukarya, menyatakan program tersebut merupakan bagian dari peran serta korporasi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan sebagaimana tema ISDA tahun ini. “Penghargaan tersebut hanya sebagian dari implementasi program pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan PT KPI, dimana lebih dari 60 program tanggung jawab sosial perusahaan yang direalisasikan di seluruh unit operasi PT KPI mengacu pada SDGs sebagai bentuk investasi sosial perusahaan dan memiliki nilai strategis dalam mendorong kemajuan pembangunan,” kata Ifki.

ISDA Award tahun ini merupakan tahun ke-4 dengan tema “Peran Serta Korporasi dan Stakeholders Dalam Pembangunan Berkelanjutan Untuk Kesejahteraan Bangsa” dan diikuti lebih dari 200 program, dari pilar lingkungan, sosial dan ekonomi. Pertamina Group meraih total 20 penghargaan.

Menurut Ketua tim penilai Prof. Hardinsyah tahun ini program yang diikutsertakan jauh lebih berkualitas dibandingkan ISDA tahun-tahun sebelumnya. “Ada 3 kategori yang diperlombakan dalam ISDA 2021 yang meliputi kategori SDGs korporasi yang berisi 17 goals dan 34 program, kategori CSR/CID program yang berisi 16 goals dan 30 program serta kategori perseorangan dengan 4 level yang meliputi level direksi, level general manager, level manager serta level mitra/local hero”,kata Prof. Hardinsyah

Ketua umum CFCD Thendri Supriatno menambahkan penganugerahan ISDA 2021 dapat mendorong sebuah korporasi untuk berupaya secara sungguh-sungguh berperan di dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan. (RAMA)

FOTO: DOK PERTAMINA

Check Also

Gubernur Riau dan Jabar Bahas Participating Interest Hulu Migas di Northern Sumatera Forum

RESOURCESASIA.ID, BATAM – Gubernur Riau Syamsuar dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga menjabat …

Leave a Reply