Thursday , 20 June 2024
Home / TAMBANG MINERAL & BATUBARA / Adaro Energy Tunggu Kelanjutan Amendemen Kontrak Pertambangan
Pekerja mengatur sejumlah alat berat yang akan dikirim ke Sorong untuk kebutuhan tambang, di atas kapal pengangkutan, di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulsel, Sabtu (1/3). Himpunan Alat Berat Indonesia (Hinabi) menargetkan produksi alat berat dalam negeri berkapasitas 10-30 ton digunakan untuk proyek konstruksi dan tambang pada tahun 2014 tumbuh 6% menjadi 6.500 unit dari tahun 2013 sebesar 6.127 unit. ANTARA FOTO/Ekho Ardiyanto/ss/pd/14

Adaro Energy Tunggu Kelanjutan Amendemen Kontrak Pertambangan

Resourcesasia – PT Adaro Energy Tbk (ADRO), perusahaan tambang batu bara, menyatakan masih menunggu kepastian dari pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait amendemen kontrak pertambangan.
Mahardika Putranto, Sekretaris Perusahaan Adaro, mengatakan Adaro sudah menyetujui semua klausul dalam amandemen kontrak yang diajukan pemerintah.

“Posisi kita nunggu dari pemerintah. Enam poin yang diajukan pemerintah sudah kita setujui semua, seharusnya bisa lanjut,” kata Mahardika di Jakarta, Senin (19/12).

Penyelesaian amandemen kontrak pertambangan sudah dilaksanakan sejak 2011, terhadap perusahaan pertambangan pemegang Kontrak Karya (KK) dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B).

Hingga saat ini penandatanganan amandemen kontrak tercatat 9 Kontrak Karya dari 34 total kontrak, dan  22 PKP2B dari total 74 kontrak.
Terdapat 6 isu strategis dalam amandemen kontrak pertambangan, yaitu luas wilayah kerja, kelanjutan operasi penambangan, penerimaan negara, kewajiban pengolahan dan pemurnian, kewajiban divestasi, dan kewajiban penggunaan tenaga kerja, barang dan jasa pertambangan dalam negeri.

Adaro Energy melalui anak usahanya PT Adaro Power juga tengah menyelesaikan pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Batang, Jawa Tengah berkapasitas 2×1000 megawatt (MW). “PLTU Batang kita targetkan selesai 2020,” tandas Mahardika. (RA)

About Resources Asia

Resources Asia adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan/panas bumi, jasa penunjang/kontraktor, lingkungan, CSR, alat berat dan lainnya.

Check Also

Anggota DPR Desak Pemerintah Batalkan Izin Tambang untuk Ormas

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Anggota komisi VII dari Fraksi PKS, Mulyanto, mendesak pemerintah membatalkan rencana bagi-bagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *