Friday , 21 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Jajaki Kerja Sama Pendanaan untuk Investasi, PIS Temui Export Credit Agency di Korea

Jajaki Kerja Sama Pendanaan untuk Investasi, PIS Temui Export Credit Agency di Korea

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT Pertamina International Shipping (PIS) tengah gencar menjajaki kerja sama investasi dengan mitra-mitra skala global untuk percepatan pengembangan bisnis perusahaan dan rencana investasi di tahun 2023.

Salah satu strateginya adalah dengan melakukan pertemuan dengan Export Credit Agency (ECA) di Korea yakni The Export Import Bank of Korea (KEXIM) dan Korea Trade Insurance Corporation (K-SURE).

“Kunjungan dan pertemuan ini dilakukan untuk menjajaki potensi kerja sama pendanaan investasi, khususnya rencana pembelian kapal bangun baru untuk penambahan dan peremajaan armada kapal angkut PIS, untuk mendukung target pertumbuhan perusahaan di tahun ini dan ke depannya,” ujar Direktur Keuangan PIS Diah Kurniawati, Kamis (13/4).

Rangkaian kunjungan dilakukan pada Maret lalu, turut hadir dalam pertemuan adalah Direktur Keuangan PIS Diah Kurniawati dan Direktur Keuangan dan SDM Pertamina Trans Kontinental (PTK) Afan Aftory. Pertemuan dengan KSURE juga difasilitasi oleh bank komersial Jepang SMBC di kantor SMBC yang berada di Seoul, Korea Selatan.

K-SURE dan KEXIM adalah lembaga yang dibentuk pemerintah Korea Selatan yang berperan penting dalam mendukung ekspor dan investasi Korea di skala global melalui program pendanaan kepada pembeli produk produk manufaktur Korea, termasuk dalam hal ini industri pembangunan kapal baru (new built vessel).

Adapun fasilitas pendanaan dari agensi kredit ekspor Korea ini memiliki beberapa manfaat antara lain; tenor pinjaman yang lebih panjang, struktur pinjaman yang lebih kompetitif, pinjaman yang lebih besar, dan diversifikasi sumber pendanaan yang lebih luas.

Sejalan dengan kunjungan ke Korea tersebut, di waktu bersamaan juga dilakukan pelatihan dan upskilling mengenai Export Credit Agency (ECA) financing ke para pekerja Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) yang terdiri dari fungsi keuangan, fungsi strategic planning and business development , dan fungsi legal. Pelatihan ini difasilitasi oleh SMBC Singapore untuk memperluas dan memperdalam wawasan terkait pendanaan ECA dari Korea dan Jepang, khususnya untuk pendanaan produk perkapalan dan produk marine. (RAMA)

FOTO: DOK PIS

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

SKK Migas Tetapkan Standarisasi Pengukuran CO2 Pada Program CCS/CCUS

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Untuk memperkuat program Carbon Capture Storage/Carbon Capture Utilization Storage (CCS/CCUS) guna mendukung target …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *