Tuesday , 16 July 2024
Home / CSR / Hari Lingkungan Hidup, Elnusa Gelar Gerakan Bersih Pantai di Indramayu

Hari Lingkungan Hidup, Elnusa Gelar Gerakan Bersih Pantai di Indramayu

RESOURCESASIA.ID, INDRAMAYU – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) Anak Usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, menunjukkan komitmen terhadap pelestarian lingkungan dengan berpartisipasi dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup, Hari Laut Sedunia, dan Bulan Cinta Laut Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Eretan Wetan, Kecamatan Kandang Haur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Gerakan bersih pantai dan laut yang dilaksanakan pada 3 Juli 2024 ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan asri di kawasan tersebut. Lokasi Pantai Eretan Wetan dipilih karena kondisinya yang masih kurang maksimal dan sering ditemui tumpukan sampah akibat air laut pasang (rob). Dengan aksi ini, Elnusa berharap dapat meningkatkan kualitas lingkungan laut serta kehidupan dan ekonomi masyarakat sekitar yang bergantung pada hasil laut.

Elnusa bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu dan stakeholder setempat dalam mendukung program pemerintah yaitu tujuan pembangunan berkelanjutan. Melalui aksi nyata ini, Elnusa menanam 5000 pohon mangrove di beberapa pantai yaitu Pantai Plentong, Pantai Panjiwa, Pantai Samboja, dan Pantai Tambak Raya. Langkah ini merupakan bagian dari usaha Mendukung ketahanan lingkungan yang berkelanjutan.

BACA JUGA:

Teknologi Tagging Elnusa Dukung Pelestarian Hiu Paus di Papua Tengah

Corporate Secretary Elnusa Frida Lidwina mengatakan, “Melalui gerakan bersih pantai dan laut ini menunjukan bagian dari komitmen kami untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kami berharap aksi ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat di Pantai Eretan Wetan.”

Frida menambakan, “Program CSR ini sekaligus bertujuan untuk mewujudkan salah satu poin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s), yakni poin 13 (Penanganan perubahan iklim), poin 14 (Menjaga ekosistem laut), dan poin 15 (Menjaga ekosistem darat). Ini juga merupakan wujud nyata dukungan Elnusa terhadap Environmental Social Governance (ESG),” tutup Frida.

Kegiatan ini diharapkan dapat membawa kesadaran untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan sehingga tercipta sinergi dalam menjaga dan merawat alam demi masa depan yang lebih baik. (Rama Julian)

Foto: Dok Elnusa

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Dukung Produksi Migas, PHE ONWJ Aktifkan Kembali Platform LES di Lepas Pantai Karawang

RESOURCESASIA.ID, KARAWANG – Untuk menjaga ketahanan energi, Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *