Friday , 21 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Elnusa Petrofin dan SNF SAS MoU Chemical Polymer Enhanced Oil Recovery Dukung Target Pencapaian Produksi Minyak 1 Juta Barrel Tahun 2030

Elnusa Petrofin dan SNF SAS MoU Chemical Polymer Enhanced Oil Recovery Dukung Target Pencapaian Produksi Minyak 1 Juta Barrel Tahun 2030

RESOURCESASIA.ID, ANDREZIEUX, PRANCIS PT Elnusa Petrofin mendukung Pemerintah dalam mencapai target produksi Minyak 1 juta barel pada tahun 2030.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama dengan SNF SAS dalam Distribusi Eksklusif untuk proyek Polymer Injection Enhanced Waterflooding periode tahun 2023-2026.

Upacara penandatanganan dilaksanakan di Kantor Pusat SNF di Andrezieux, Prancis oleh Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Aditya Budi Prabowo dan CEO SNF SAS Pascal Remy. Acara ini juga dihadiri oleh Oki Muraza Senior Vice President Research Technology & Innovation (RTI) di PT Pertamina (Persero), Charles Harianto Lumbantobing Direktur Operasi PT Elnusa Tbk, Pascal Remy CEO SNF SAS, Flavien Gathier Technical Sales Director SNF SAS serta anggota manajemen lainnya.

Tujuan utama dari kerja sama ini adalah mendukung program Pemerintah Indonesia untuk mencapai produksi minyak sebesar 1 juta barel pada tahun 2030. PT Elnusa Petrofin dan SNF SAS telah menandatangani perjanjian untuk kerja sama dalam proyek Polymer Injection Enhanced Waterflooding yang bertujuan untuk meningkatkan pemulihan minyak dan mengoptimalkan produksi di lapangan minyak. Teknologi ini adalah teknologi yang mature dan telah diimplementasikan dibanyak tempat.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan kunjungan ke laboratorium dan pabrik kimia SNF SAS Prancis untuk memastikan kualitas dan kapasitas produk sesuai dengan kebutuhan.

Kerja sama antara PT Elnusa Petrofin dan SNF SAS sejalan dengan visi bersama dan meningkatkan pemahaman tentang implementasi Polymer Injection Enhanced Waterflooding di wilayah kerja Pertamina Group. Kunjungan ini juga bertujuan untuk memastikan pasokan yang dapat diandalkan dan produk polimer berkualitas tinggi serta peralatan injeksi yang diperlukan untuk proyek Polymer Injection Enhanced Waterflooding.

Menanggapi kerja sama ini, Flavien Gathier, Engineering Director – EOR/O&G Applications di SNF SAS, menyatakan, “SNF SAS menyambut baik kerja sama jangka panjang dengan PT Elnusa Petrofin dan sepenuhnya mendukung implementasi Chemical Enhanced Oil Recovery (C-EOR), khususnya Polymer Injection (Enhanced Waterflooding), di Indonesia.”

Sedangkan Aditya Budi Prabowo, Direktur Utama PT Elnusa Petrofin menyatakan “Kami sangat antusias dengan kerja sama dengan SNF SAS dan yakin bahwa kemitraan ini akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesuksesan proyek Chemical Enhanced Oil Recovery di masa depan di Indonesia.”

Kerja sama ini merupakan langkah maju dan besar dalam industri minyak dan gas, menggabungkan keahlian dan sumber daya PT Elnusa Petrofin dan SNF SAS untuk mengoptimalkan produksi minyak dan memenuhi permintaan energi yang terus meningkat di Indonesia. Keberhasilan implementasi proyek Polymer Injection Enhanced Waterflooding akan menjadi tolak ukur bagi inisiatif C-EOR di masa depan khususnya di Indonesia.**

Tentang PT Elnusa Petrofin (EPN)

Elnusa Petrofin (“EPN”) didirikan di Jakarta pada tanggal 5 Juli tahun 1996. EPN adalah anak perusahaan dari PT. Elnusa Tbk, dimana PT. Elnusa Tbk sendiri merupakan Anak Perusahaan PT. Pertamina Hulu Energi, Sub Holding Upstream PT Pertamina (Persero). PT Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM , terutama Jasa Transportasi BBM, layanan BBM Terintegrasi (Pengelolaan BBM, Pengelolaan Fuel/Integrated Terminal, & LPG), Trading BBM, lubricant dan Chemical.

Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara. (RAMA)

FOTO: DOK ELNUSA PETROFIN


About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

SKK Migas Tetapkan Standarisasi Pengukuran CO2 Pada Program CCS/CCUS

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Untuk memperkuat program Carbon Capture Storage/Carbon Capture Utilization Storage (CCS/CCUS) guna mendukung target …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *