Sunday , 16 June 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Cek Pasokan BBM di Jalur Penyeberangan Merak, BPH Migas Minta Badan Usaha Tetap Menjaga serta Meningkatkan Komunikasi dengan Baik

Cek Pasokan BBM di Jalur Penyeberangan Merak, BPH Migas Minta Badan Usaha Tetap Menjaga serta Meningkatkan Komunikasi dengan Baik

RESOURCESASIA.ID, BANTEN – Guna memastikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) terpenuhi bagi masyarakat yang akan menyeberang melalui pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Anggota Komite BPH Migas Basuki Trikora Putra memantau beberapa fasilitas terkait di wilayah tersebut.

Pria yang kerap disapa Tiko ini meminta Badan Usaha Penugasan membangun komunikasi secara intensif dengan pihak eksternal, seperti Kepolisian, Jasa Marga, dan pihak terkait lainnya. Ia mengimbau untuk senantiasa memperhatikan dengan seksama berbagai hal yang mendukung pasokan dan pendistribusian BBM berjalan dengan lancar.

“Kami dari BPH Migas tentu akan terus memantau. Kita jangan fokus hanya kepada distribusinya saja, tetapi support system-nya dari seluruh teman-teman yang ada di Fuel Terminal. Kemudian, infrastruktur mobil tangki dipastikan kesiapannya baik semua, sehingga dapat bekerja secara maksimal”, terangnya saat ditemui di Fuel Terminal (FT) Tanjung Gerem, Cilegon, Banten, Senin (8/4/24).

Tiko juga mengapresiasi peran dan dedikasi Badan Usaha Penugasan dalam menyiapkan pasokan BBM selama periode Ramadan Idul Fitri (RAFI) 1445H/2024.

“Tentu kita berdoa terus sampai nanti dengan selesainya masa Satgas, dapat kita selesaikan dengan baik dan tanpa ada gangguan apapun”, tuturnya.

BACA JUGA:

Stok BBM di Sumbagsel Dipastikan Terjaga, BPH Migas Imbau SPBU Tingkatkan Pelayanan Kepada Konsumen

Selain FT Tanjung Gerem, Tiko juga mendatangi kantor ASDP Cabang Utama Merak, guna memastikan pasokan BBM untuk kapal tersedia dengan baik.

“Alhamdulillah, suplai berjalan dengan baik sampai hari ini. Tetap harus diwaspadai arus balik, dengan waktu yang lebih pendek dan jumlah volume yang bertambah serta kepadatan yang semakin meningkat. Mudah-mudahan dapat mensupport masyarakat yang akan melangsungkan kegiatan arus balik nanti”, pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Tiko mengakhiri kunjungan di 2 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Cilegon, yaitu SPBU 34.424.09 Kecamatan Gerogol dan SPBU 34.424.01 Kecamatan Cilegon, Cilegon, Banten. Ia menyapa sekaligus mendengarkan aspirasi masyarakat terkait pelayanan SPBU dan memberikan semangat kepada petugas SPBU yang tetap bekerja dengan baik jelang lebaran Idulfitri.

Senada dengan Tiko, Tenaga Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Tata Kelola Hilir Migas Mulyono menyampaikan bahwa dirinya mendapat arahan Menteri ESDM, yaitu memastikan Satuan Tugas (Satgas) RAFI 1445 H/2024 berjalan dengan baik.

“Pak Menteri ESDM minta tolong agar dipastikan Satgas RAFI berjalan dengan baik. Bulan April itu cuacanya bagus, lautnya juga dilihat biru tenang. Semua kondusif”, ucapnya.

Sedangkan, Direktur Rekayasa dan Infrastruktur Darat PT Pertamina Patra Niaga Eduward Adolof Kawi memastikan, selain arus mudik, pihaknya juga mengantisipasi mobilitas saat arus balik. Ia meminta jajarannya mempersiapkan arus balik dengan lebih baik.

“Silakan dibuat prognosa ataupun forecast-nya dibuat dengan asumsi-asumsi terjelek, kalau realisasinya lebih kecil itu bagus,” tambahnya.

Manajer Usaha Aneka Jasa dan Kerja Sama ASDP Cabang Utama Merak Eko Yulianto menyampaikan, secara keseluruhan suplai BBM dari Pertamina Patra Niaga kepada ASDP aman terkendali. “Kami berharap, saat arus balik nanti kuota masih tetap aman,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan, Direktur Rekayasa dan Infrastruktur Darat PT Pertamina Patra Niaga Eduward Adolof Kawi, Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Deny Djukardi, Fuel Terminal Manager Tanjung Gerem Muharyadi, Sales Area Manager Banten Region III Joko Priyambodo, dan Ketua DPC Hiswana Migas Banten Ivan Cahyadi. (Rama)

Foto: Dok BPH Migas

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak, oil dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan, industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Booth PLN di Jakarta Fair 2024 Jadi Primadona Pengunjung

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Booth PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya di Jakarta Fair 2024 menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *