Sunday , 15 December 2024
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Cara Pertamina Ajak UMKM Cari Cuan di Momen Ramadan

Cara Pertamina Ajak UMKM Cari Cuan di Momen Ramadan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, sekaligus menjadi momen kebangkitan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas akses pasar. Tak mau ketinggalan, PT Pertamina (Persero) mengikutsertakan UMKM binaannya di berbagai pameran Ramadan.

Di Jakarta, pada pekan lalu Pertamina menggandeng UMKM untuk tiga gelaran bazar Ramadan yakni di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan kantor Pertamina. Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyatakan, bazar di momen spesial ini menjadi salah satu wujud Pertamina untuk mengenalkan produk UMKM dan memperluas pasar. Pertamina terus berkomitmen untuk memperkuat daya saing dan memberi manfaat nyata bagi para pelaku UMKM.

“Kami mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan bekerjasama dengan UMKM di seluruh Indonesia. Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap UMKM lebih terpacu untuk memberikan kualitas produk terbaik bagi konsumennya,” ujar Fadjar.

Pada Bazar Sobat di Kementerian ESDM, sebanyak 8 UMKM Pertamina bersemangat mengenalkan beragam produk seperti, Bagore, Batino, Pastry, Alika Batik, Prabu by Yangke, Sambal Nyonya, Arcisu by Monalisa Collection, Riya Butik, serta Shokha. Kegiatan yang berlangsung pada 26 – 28 Maret 2024 marak didatangi oleh pengunjung.

BACA JUGA:

Peduli Masyarakat di Wilayah Operasi, Pertamina EP Jatibarang Field Adakan Sosialisasi, Bantuan Sosial, dan Pengobatan Gratis

“Kami berharap, bazar ini bisa menjadi sarana untuk mendorong produk UMKM agar dapat bersaing secara global sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi,” ungkap Sekretaris Jenderal KESDM, Dadan Kusdiana dalam sambutannya saat membuka bazar.

Selain di KESDM, UMKM Pertamina juga menggelar pameran di gedung Grha Pertamina. Aneka produk kuliner, fashion, dan perlengkapan ibadah dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idulfitri, yang tentu saja pameran ini menjadi salah satu upaya untuk
mendongkrak penjualan.

Salah satu UMKM asal Indramayu, Bagore dengan produk bawang goreng kemasan, mengaku sejak diikutsertakan pameran oleh Pertamina, ia mendapat banyak pelanggan baru. Banyak konsumen yang repeat order dengan membeli secara online, baik melalui marketplace maupun
whatsApp.

“Bawang goreng yang kami produksi berasal dari bahan baku bawang jenis sumenep dengan kualitas baik, dan diolah dengan banyak varian rasa, seperti original, terasi, cumi asin, jeruk purut, rebon, dan teri, selama ini kami menjual secara online namun sejak sering diajak
Pertamina pameran, pelanggan kami bertambah banyak dan pemasaran semakin luas,” kata Sunadi pemilik Bagore.

Selain pameran offline, Pertamina juga menyediakan akses belanja praktis melalui smexpo.pertamina.com. Melalui market place ini, masyarakat lebih mudah untuk menjelajah produk UMKM, serta tersedia paket khusus Lebaran.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (Rama Julian)

Foto: Dok Pertamina

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

MIND ID dan Komitmen Transformasi Inovasi Sosial untuk Keberlanjutan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID terus menjalankan transformasi paradigma dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *