Friday , 21 June 2024
Home / KELISTRIKAN / Bukti Negara Hadir, PLN Sambung Listrik Gratis ke 3.861 Keluarga Kurang Mampu di Sulsel

Bukti Negara Hadir, PLN Sambung Listrik Gratis ke 3.861 Keluarga Kurang Mampu di Sulsel

RESOURCESASIA.ID, BONE – PT PLN (Persero) menyalurkan Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) dari Pemerintah kepada 3.861 rumah tangga tidak mampu yang tersebar di 12 kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Kehadiran listrik ini pun langsung disambut suka cita oleh warga penerima bantuan. Waris (34), warga Desa Labissa, Kabupaten Bone, yang berprofesi sebagai petani ini menyampaikan rasa bahagianya setelah mendapat bantuan biaya sambung listrik ini.

“Kami telah merasakan manfaat yang luar biasa dari program bantuan ini, terima kasih kepada pemerintah. Alhamdulillah di rumah kami sekarang sudah ada listrik sendiri, semoga berkah bagi keluarga kami,” kata Waris.

Anggota Komisi VII DPR RI, Andi Yuliani Paris yang hadir dalam peresmian BPBL di Bone, mengapresiasi program BPBL yang diinisiasi Pemerintah dan disalurkan dengan baik oleh PLN kepada masyarakat kurang mampu. Menurutnya, kehadiran listrik sangat penting untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Bantuan ini ditujukan kepada masyarakat kurang mampu agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik, terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, program ini terwujud berkat sinergitas DPR RI, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan campur tangan PLN,” tutur Andi.

Dalam kesempatan itu. Andi juga turut mengapresiasi transformasi layanan PLN yang sekarang jauh lebih baik.

“Dengan adanya aplikasi PLN Mobile, kini PLN sudah canggih dan layanan lebih cepat. Silahkan masyarakat menggunakan PLN Mobile apabila ada kebutuhan terkait listrik,” ujar Andi.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, program BPBL merupakan wujud nyata kehadiran negara dalam mewujudkan energi berkeadilan. Karena itu, PLN akan terus mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi (RE) agar seluruh masyarakat dapat mengakses listrik yang cukup dan andal khususnya di wilayah terdepan terluar dan tertinggal (3T) sehingga meningkatkan gerak roda ekonomi.

“Program ini merupakan wujud sila ke 5 yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, PLN optimis hadirnya listrik dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat,” kata Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch. Andy Adchaminoerdin mencatat hingga Desember 2022, rasio elektrifikasi di Sulawesi Selatan sebesar 99,94 persen.

Dirinya juga menjelaskan, setiap keluarga penerima program BPBL mendapatkan fasilitas seperti pemasangan instalasi listrik rumah sebanyak 3 titik lampu dan 1 stop kontak, dan pemeriksaan dan pengujian instalasi Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta pengisian token listrik perdana secara gratis. Sehingga begitu pemasangan selesai, masyarakat bisa langsung menggunakan listrik.

“Terima kasih atas dukungan penuh seluruh stakeholder, program ini dapat terwujud,” tutup Andy. (RAMA)

FOTO: DOK PLN

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

Hindari Gangguan Listrik Akibat Hilangnya Perlengkapan di Instalasi, PLN Ajak Warga Turut Jaga Infrastruktur Kelistrikan

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – PT PLN (Persero) mengajak masyarakat untuk menjaga infrastruktur kelistrikan demi terjaganya pasokan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *