Saturday , 24 October 2020
Home / TAMBANG MINERAL & BATUBARA / ANTAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN GEOPARK KABUPATEN BOGOR

ANTAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN GEOPARK KABUPATEN BOGOR

RESOURCESASIA.ID, BOGOR – PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) mengumumkan bahwa Perusahaan mendukung pengembangan Geopark Pongkor di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Hal tersebut diwujudkan melalui inisiasi Museum Tambang Bawah Tanah Pongkor dan Kawasan Wisata Cikaret (KAWACI) sebagai salah satu bagian dari keseluruhan Geopark Pongkor Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kini Geopark Pongkor telah menjadi Geopark Nasional yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya di Bogor pada 30 November 2018.

Direktur Operasi ANTAM, Hari Widjajanto mengatakan:
“Inisiasi Museum Tambang Bawah Tanah dan KAWACI ini merupakan bentuk dukungan Perusahaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dalam rangka meningkatkan nilai tambah kepada masyarakat. Meskipun saat ini masih aktif kegiatan operasional penambangannya, ANTAM berharap keberadaan geo-site Pongkor mampu mendukung kesuksesan Geopark Pongkor yang pada akhirnya dapat meningkatkan awareness publik kepada Kabupaten Bogor.”

Geo-area Pongkor merupakan satu dari empat Geo-area yang dimiliki oleh Geopark Pongkor selain Geo-area Leuwiliang, Geo-area Tenjolaya, dan Geo-area Parung. Geo-site Pongkor berada di wilayah Geo-area Pongkor. Gunung Pongkor sebagai situs geologi memiliki komponen alami keragaman geologi tertentu yang unik, langka dan bernilai keilmuan tinggi salah satunya adalah tambang emas Pongkor yang dikelola oleh Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) yang masih beroperasi.

Fokus utama ANTAM dalam mendukung pengembangan geopark adalah pengembangan program dan sarana pendukung pada Geo-site Pongkor. Perusahaan bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor terlibat aktif dalam “Badan Pengelola Geopark Pongkor”, ANTAM UBPE terlibat dalam sosialisasi Geopark Pongkor ke desa-desa di Kecamatan Nanggung, komunitas wisata di Kabupaten Bogor, serta aktif dalam kegiatan bersama Bappeda dan pemangku kepentingan lainnya.

Keberadaan Museum Tambang Bawah Tanah dalam tahap persiapan untuk rencana pasca tambang Perusahaan dimana merepresentasikan aspek edukasi melalui sharing knowledge tentang aktivitas operasional penambangan dan pengolahan bijih emas serta berbagai kegiatan penunjang lainnya. Hal ini strategis karena keberadaan ANTAM UBPE merupakan refleksi kesuksesan bangsa Indonesia dimana seluruh rangkaian aktivitas pertambangan mulai dari eksplorasi hingga pengolahan bijih emas dilakukan oleh putra-putri terbaik Indonesia.

Sedangkan Kawasan Wisata Cikaret (KAWACI) juga dalam tahap perisapan sebagai destinasi wisata alam. Latar belakang perbukitan, ikon fasilitas jembatan gantung dan fasilitas menarik lainnya menjadi daya tarik unggulan kawasan ini.

KAWACI juga memiliki potensi menjadi demonstration plot (demplot) kawasan Budidaya tanaman buah, Peternakan domba dan Demplot biogas. Demplot ini menjadi wahana belajar untuk mengenal pengolahan limbah ternak menjadi energi serta mengenal keanekaragaman hayati. (Rama Julian S)

Foto: Dok Resourcesasia.id

Check Also

Dukung Pencegahan Covid-19 di Sumatera Utara, Tambang Emas Martabe Beri Bantuan Alat Kesehatan 2,3 Miliar Rupiah

RESOURCESASIA.ID, PADANGSIDIMPUAN – PT Agincourt resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe di Batangtoru, Tapanuli Selatan …

Leave a Reply