Sunday , 19 September 2021
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Senyum Indah Warga Krayan, LPG Bright Gas Hiasi Dapur Rumah Perbatasan

Senyum Indah Warga Krayan, LPG Bright Gas Hiasi Dapur Rumah Perbatasan

RESOURCESASIA.ID. KRAYAN – Senyum sumringah seorang Ibu rumah tangga bernama Seniwati saat memasak menggunakan tabung Bright Gas 12 Kg, produk LPG berkualitas Pertamina di Kecamatan Krayan Induk, Kabupaten Nunukan.

Ia mengungkapkan kegembiraannya mendapatkan produk dalam negeri dengan harga yang sama di perkotaan dan kabupaten di wilayah Kalimantan Utara lainnya yaitu 600 ribu rupiah (tabung plus isi) dan 190 ribu rupiah (refill).

“Saya sangat senang akhirnya tabung pink yang cantik ini bisa menghiasi dapur rumah saya dan yang paling penting harganya sangat terjangkau. Terima kasih Pertamina.”

Tabung LPG 12 Kg Bright Gas diterbangkan dari Tarakan menuju Krayan menggunakan pesawat CASA yang dimiliki Pelita Air Service sejak (8/3). Total tabung hingga (17/3) yang telah sampai ke Krayan sejumlah 309 tabung.

Senin (15/3) tampak hadir di lokasi pangkalan LPG di Krayan Induk, Kab. Nunukan yaitu Deddy Yevri Hanteru Sitorus, anggota DPR RI Komisi VI, Gusti Anggara Permana, Sales Area Manager Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Gusti Anggara Permana, serta Camat dari lima kecamatan Krayan menyaksikan pendistribusian perdana kepada masyarakat Krayan.

Deddy mengungkapkan pada sambutannya bahwa sesuai pendistribusian LPG ke masyarakat Krayan ini sesuai dengan nawacita Presiden Republik Indonesia untuk memberikan keadilan sosial dalam hal ini di bidang energi untuk terus dilaksanakan hingga ke pelosok negeri.

“Melalui Pertamina, energi untuk negeri harus diupayakan untuk dapat tersalurkan hingga ke pelosok bahkan daerah perbatasan seperti Krayan ini,” ungkap Deddy.

“Terima kasih Pertamina yang telah menindaklanjuti dengan cepat aspirasi rakyat di perbatasan dan sekarang kita telah menyaksikan sendiri bahwa LPG Bright Gas hadir di tengah-tengah kita semua,” semangat Deddy di hadapan perwakilan masyarakat Krayan.

Pada kesempatan yang sama, Heberli selaku Camat Krayan menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak terutama kepada Pertamina karena mimpi untuk menggunakan produk dalam negeri dapat terlaksana.

“Sebuah hal yang tidak mungkin dan tidak terbayangkan menerbangkan LPG menggunakan pesawat udara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semula sangat bergantung dengan Malaysia sekarang bisa disuplai di Tarakan dengan harga yang jauh terjangkau untuk warga kami yang dominasi bekerja sebagai petani.” Jelas Heberli.

Pesawat CASA ini dapat menampung sekitar 45 tabung per satu kali terbang dengan memperhatikan aspek keselamatan. Setiap tabung dicek berulang kali untuk memastikan layak untuk diterbangkan ataupun tidak.

Gusti Anggara, Sales Area Manager Retail Kaltim-Kaltara menjelaskan bahwa ini merupakan wujud komitmen Pertamina sebagai BUMN yang bergerak dibidang energi untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

“Pertamina menanggung ongkos angkut LPG yang diterbangkan dari Tarakan ke Krayan begitu pula sebaliknya sekitar 1.8 juta per tabung. Namun, Pertamina memberikan harga yang sama seperti di perkotaan untuk LPG 12 kg bright gas ini untuk warga Krayan,” jelas Gusti.

Di temui di sekitar area pangkalan di Krayan, Susanto August Satria, Unit Manager Comm.,Rel & CSR Kalimantan menambahkan bahwa Pertamina tentu akan melakukan evaluasi mengenai distribusi tahap pertama untuk memastikan distribusi selanjutnya berlangsung dengan lancar.

“Kami akan lakukan evaluasi berkelanjutan, mengenai kontinuitas tentunya Pertamina siap untuk memenuhi kebutuhan di Krayan,” imbuh Satria.

Adanya distribusi LPG 12 Kg ini juga tidak lepas dari kerja sama yang luar biasa dari beberapa pihak terkait baik dari anak perusahaan Pertamina yakni Pelita Air Service, Patra Trading, Patra Logistik, mitra Pertamina baik agen dan pangkalan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Semangat energizing Pertamina selalu kami junjung untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau bisa dikatakan merealisasikan hal yang dirasa tidak mungkin menjadi mungkin. Berkat kerja sama yang solid, Pertamina dan seluruh pihak terkait, menyampaikan energi yaitu LPG ke wilayah 3T ini menjadi berjalan dengan lancar dan aman,” tutur Freddy Anwar, Executive General Manager Regional Kalimantan.

“Sebelumnya Pertamina juga telah merealisasikan BBM Satu Harga di Krayan dengan dukungan pemerintah pusat serta pemerintah setempat,” sambung Freddy saat dimintai keterangan di tempat terpisah.

Pertamina akan senantiasa melaksanakan tugasnya menghantarkan energi hingga dapat dinikmati semua elemen masyarakat.(RA)

Foto: Dok Pertamina

Check Also

Pertamina Call Center 135 Meraih 10 Penghargaan Pada Kompetisi 16th Annual Contact Center World Asia Pacific Award 2021

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Pertamina meraih 10 penghargaan di tahun kedua keikutsertaannya pada ajang Contact Center …

Leave a Reply