Friday , 21 June 2024
Home / CSR / Ribuan UMKM Pertamina Siap Pasarkan Produk Sustainable di SMEXPO 2023
Gelaran Pertamina SMEXPO tahun-tahun sebelumnya, produk UMKM unggulan diminati pengunjung. Pertamina SMEXPO 2023 akan segera digelar pada akhir Oktober di Jakarta dan tiga kota besar lainnya, sebagai ajang pameran produk unggulan dari mitra binaan Pertamina

Ribuan UMKM Pertamina Siap Pasarkan Produk Sustainable di SMEXPO 2023

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Sekitar 1.000 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan PT Pertamina (Persero) akan berpartisipasi dalam Pertamina SMEXPO 2023, yang akan digelar pada akhir Oktober 2023 secara offline di empat kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Semarang, Balikpapan dan Pekanbaru. Acara ini juga bisa diikuti secara online dari berbagai wilayah melalui marketplace smexpo.pertamina.com

Pertamina SMEXPO 2023 fokus dalam program pemberdayaan kelompok disabilitas atau sobat istimewa. Pertamina telah memberdayakan lebih dari 500 sobat istimewa, di mana program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pertamina ini bisa menjadikan disabilitas lebih mandiri dan memiliki pekerjaan tetap.

Salah satunya, kelompok sobat istimewa Kresna Patra yang akan membawa produk fashion seperti kemeja, gamis hingga kebaya. Sebagai UMKM mini konveksi, Kresna Patra merupakan program inkubasi bisnis bagi kelompok difabel dengan memberikan berbagai pelatihan keterampilan menjahit atau konveksi. Kresna Patra Pertamina tercatat sudah melatih sebanyak 435 orang, yang sebagian besar penyandang difabel. Saat ini, 57 orang di antara ratusan peserta pelatihan tersebut, telah aktif bekerja aktif di suatu perusahaan konveksi.

BACA JUGA : Gelar SMEXPO 2023, UMKM Pertamina Siap Rebut Pasar Nasional

Kresna Patra juga berkolaborasi dengan kelompok sobat istimewa Sriekandi Patra, UMKM Batik inklusi penyandang disabilitas dari Boyolali, yang menyediakan bahan produk untuk Krena Patra.

Salah satu peserta program Kresna Patra, Sri Setyaningsih mengungkapkan antusiasmenya untuk mengikuti SMEXPO 2023. “Harapan kami, dengan mengikuti SMEXPO kami bisa bertambah koneksi dan relasi, sehingga pada akhirnya bisa memperluas pasar dan mendapat tambahan pemesanan dan pemasukan,” katanya.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menjelaskan, Pertamina SMEXPO merupakan ajang rutin Pertamina untuk mengenalkan UMKM binaannya ke masyarakat luas melalui pameran produk berkualitas. Selain pameran, juga diadakan temu bisnis, workshop, dan hiburan sehingga ajang ini semakin bermanfaat bagi UMKM dan pengunjung Pertamina SMEXPO.

“Acara ini sangat ditunggu oleh pelaku UMKM binaan Pertamina, terutama karena pada ajang-ajang tahun sebelumnya telah menghasilkan transaksi bisnis yang besar serta membuka peluang kerja sama. Besarnya potensi transaksi bisnis selama perhelatan Pertamina SMEXPO menunjukkan bahwa produk UMKM memiliki kualitas ekspor sehingga mempunyai nilai jual tinggi,” jelas Fadjar.

Pekan depan, Pertamina SMEXPO 2023 digelar di Gandaria City, Jakarta dan tiga kota besar di Indonesia. Pertamina akan hadirkan ribuan produk UMKM berkualitas, karya sobat istimewa dari berbagai penjuru Tanah Air

Pertamina SMEXPO 2023 akan dihelat di Jakarta, 31 Oktober – 5 November 2023. Selain Jakarta, Pertamina SMEXPO juga akan hadir di Balikpapan (24-26 Oktober 2023), Semarang (3-5 November 2023) dan Pekanbaru (15-19 November 2023).

Lebih jauh, Pertamina SMEXPO selalu menghadirkan konsep istimewa dalam setiap pagelarannya. Pada tahun 2020, saat pandemi Covid-19, Pertamina SMEXPO mendapatkan penghargaan Rekor MURI sebagai Expo UMKM secara daring dengan produk terbanyak. Kala itu, gelaran acara 3 hari ini menampilkan 1.780 produk UMKM dan mencatat sebanyak lebih dari 30.000 pengunjung ke situs yang menampilkan virtual exhibition dan marketplace.

Sementara pada Pertamina SMEXPO tahun 2021, sebanyak 30 UMKM mengikuti business matching. Sebagian di antaranya mampu menembus pasar ekspor dan terus aktif dengan pencapaian potensi transaksi senilai lebih dari Rp9 miliar dari sekitar 20 negara, yang didominasi oleh Amerika Serikat.

Sedangkan, Pertamina SMEXPO 2022 menghasilkan potensi transaksi lebih dari Rp 10 miliar. Selain diadakan secara offline, ajang ini juga dilakukan secara online dan virtual exhibition. Salah satu capaiannya adalah memperoleh Rekor MURI sebagai Marketplace dengan Anggota UMKM Binaan Terbanyak di Indonesia, sejumlah 676 UMKM binaan.

BACA JUGA : GBBI Diluncurkan, Pertamina Hadirkan Ribuan Produk UMKM Unggulan Indonesia Melalui SMEXPO

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (Rama)

Foto : Dok Pertamina

About Resourcesasia

Resources Asia.id adalah portal berita yang menginformasikan berita-berita terkini dan fokus pada pemberitaan sektor energi seperti minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), kelistrikan, energi terbarukan (ebt), industri penunjang, lingkungan, CSR, perdagangan dan lainnya.

Check Also

SKK Migas Tetapkan Standarisasi Pengukuran CO2 Pada Program CCS/CCUS

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Untuk memperkuat program Carbon Capture Storage/Carbon Capture Utilization Storage (CCS/CCUS) guna mendukung target …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *