Friday , 6 December 2019
Home / OPINI / Ramadan, Menikmati Lemang Tapai di Kota Minyak

Ramadan, Menikmati Lemang Tapai di Kota Minyak

Seperti hal-nya daerah lain di Indonesia, pada bulan Ramadan biasanya banyak sekali bermunculan jajanan-jajanan untuk berbuka puasa dengan lokasi lokasi-lokasi baru. Tak terkecuali di Kota Dumai, Provinsi Riau. Di kota kaya minyak ini, pada Ramadan biasanya banyak bermunculan pedagang-pedagang dadakan dengan panganan khas Ramadan, seperti Lemang Tapai, Kolak berbagai rasa, macam macam minuman seperti Cendol dan gorengan.

Ada beberapa titik pedagang dadakan Ramadan di kota Dumai, diantaranya di kawasan Jalan Sukajadi, Jalan Jendral Sudirman, di Jalan Raya Bukit Datuk dan Jalan janur kuning. Mereka biasanya hanya berdagang pada bulan Ramadan, dengan jam buka antara jam 15:00 WIB – hingga waktu berbuka.
Panganan yang paling banyak diserbu pembeli untuk santap berbuka di Dumai, salah satunya adalah Lemang Tapai, makanan khas asal Melayu ini selalu dijajakan karena memang disini banyak sekali warga yang mencarinya ketika Ramadan.

Di Dumai, Harga lemang tapai-pun terbilang cukup murah, antara 5 Ribu hingga 10 Ribu Rupiah, kita sudah mendapatkan lemang beberapa potong dan tape hitam yang sudah terbungkus.

Lemang tapai, merupakan perpaduan antara lemang dan tapai (tape ketan hitam). Lemang merupakan ketan putih yang memasaknya dibakar dan dibungkus dengan menggunakan bambu. Sementara tapai, adalah ketan hitam yang sudah di permentasi oleh ragi.
Memakannya, lemang ketan cukup ‘dicocolkan’ pada tapai ketan hitam dan dimakan berbarengan dan rasanya, hhhmm.. bikin segar dan pas untuk menu berbuka puasa. Pedagang lemang tapaipun tersebar di beberapa titik di kota dumai.

Seorang pedagang di jalan Jendal Sudirman Dumai, Bu Irma, mengaku hanya berdagang lemang tapai ini saat ramadan saja dan dalam sehari dirinya bisa mengantungi keuntungan 200 Ribu Hingga 300 Ribu, dengan jam dagang antara jam 3 sore, hingga menjelang maghrib.
”Setiap tahun saya berdagang lemang tapai disini mas, alhamdulilah rejeki ramadan,”Ujarnya tersipu.

Penulis mencoba membeli lemang tapai bu Irma, untuk menu berbuka puasa sore itu. Dan tak tanggung tanggung, disantap ludes oleh semua pekerja yang memang sedang berdinas di kawasan Putri Tujuh, Kota Dumai. Segerr…! Yuks.. kita coba lemang tapai.
OLEH : Suhendra Atmaja

Check Also

Mengapa Gak Tunggu Sampai 2021 Ambil Alih PT Freeport Indonesia

Resourcesasia.id, Jakarta – Ada banyak isu dan komentar menyusul penandatanganan HoA antara PT Inalum (Persero) …

Leave a Reply