Friday , 6 December 2019
Home / INTERNASIONAL / PLN Pulihkan Listrik Pasca Banjir Bima

PLN Pulihkan Listrik Pasca Banjir Bima

Resourcesasia, Bima – Pasca banjir susulan, PLN terjunkan personil teknisi untuk pulihkan kelistrikan Bima. Listrik sebagian besar wilayah Bima mulai menyala. Pasca Fokus pulihkan listrik Bima, PLN perbaiki tiang yang rubuh akibat banjir bandang yang terjadi Rabu dan Jumat lalu.

Salah satu lokasi banjir terparah yaitu di Kelurahan Lampe, Kota Bima. Derasnya banjir yang berasal dari Sungai Lampe menghanyutkan tiang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) yang berada di sisi sungai dan jembatan yang menghubungkan Kota Bima dengan Sape.

“JTM ini menghubungkan aliran dari Bima menuju Sape, jadi sangat penting untuk keandalan listrik di Bima dan Sape. Kami usahakan JTM ini bisa selesai hari ini juga, mudah-mudahan tidak hujan.” kata General Manager PLN Wilayah NTB, Karyawan Aji, Sabtu (24/12).

Putusnya jembatan di Desa Dodu menyebabkan akses ke lokasi rubuhnya tiang menjadi sulit. PLN harus memutar sejauh 5 kilometer.

Saat ini kondisi listrik di Sape pada siang hari dalam keadaan normal, sementara pada malam hari kemampuan daya mengalami defisit sebesar 3 MW.

“Jika JTM yang menghubungkan Bima-Sape bisa beroperasi maka listrik dari PLTD Bima dapat dialirkan hingga Sape, sehingga kebutuhan daya di Sape pada malam hari dapat terpenuhi.” tambah Aji.

Secara keseluruhan sistem kelistrikan Bima hampir normal. Saat ini, pada siang hari total daya yang dialirkan oleh PLN mencapai 20 MW. Sementara pada keadaan normal, beban puncak Sistem Bima sebesar 28 MW.

Selain perbaikan JTM, PLN juga masih berupaya menormalkan gardu-gardu listrik yang terendam banjir.

Dengan penambahan 80 personil teknisi dari Mataram, Sumbawa, Bali, dan Jawa Timur, PLN berharap pemulihan listrik di Bima dapat lebih cepat. (RJS)

Foto: Dok PLN

Leave a Reply