Friday , 6 December 2019
Home / ENERGI MINYAK & GAS / Jangan Lupa, Praktisi Migas Akan Tampil di UPN Yogya 25 Maret 2017
Pertemuan antara Dekan Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta dengan mahasiswa AAPG Chapter UPN Yogya

Jangan Lupa, Praktisi Migas Akan Tampil di UPN Yogya 25 Maret 2017

Yogyakarta, ResourcesAsia.ID,- Para mahasiswa calon ahli geologi dan geofisika yang tergabung dalam American Association of Petroleum Geologists Chapter UPN Veteran Yogyakarta menggelar even Seminar Nasional bertemakan “Tantangan Industri Migas Nasional di Era Global Energy”.

Seminar tersebut akan bertempat di Auditorium Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta Kampus 1 Ring Road, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta pada hari Sabtu, 25 Maret 2017 jam 08.00 WIB sampai selesai.

Putra Nurramdhan, Executive Committe American Association of Petroleum Geologists Chapter UPN Veteran Yogyakarta mengatakan, dalam Seminar ini pihaknya akan mengundang Kementrian Energi Sumber Daya Mineral dan praktisi minyak dan gas.

“Kami sengaja mendatangkan para praktisi pertambangan dan migas agar terjadi sharing keilmuan dengan kami para mahasiswa dan civitas akademi kampus,” ujar mahasiswa Fakultas Teknologi Mineral UPN Yogyakarta ini.

Para narasumber yang akan diundang dalam Seminar tersebut diantaranya Prof. Dr. I Gusti Nyoman Wiratmadja, Direktur Jenderal Mineral dan Gas Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang juga Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kemudian juga Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication PT Pertamina Persero. Wianda juga pernah menjadi presenter berita Metro TV.

Diundang juga Taslim Yunus, Corporate Communication Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Termasuk juga mengundang Ahmad Bambang, praktisi Migas dan mantan Wakil Direktur Utama PT Pertamina Persero.

Rencananya Seminar ini akan dipandu dosen senior Fakultas Teknologi Mineral UPN Yogyakarta yang juga adviser AAPG UPN-SC, Dr.Ir. Hendaryono, DEA.

Dalam Seminar Nasional ini para mahasiswa yang tergabung dalam American Geologist akan bekerjasama dengan media digital ResourcesAsia.iD sebagai media partner mereka.

Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka yang dikenal memiliki Fakultas Geologi, Tambang dan Mineral terbaik di tanah air, UPN Yogyakarta beberapa kali telah menggelar seminar tentang energi dan pertambangan. Sehingga Seminar kali ini akan menambah kazanah keilmuan para mahasiswanya.

“Bahkan mahasiswa geologi yang kita undang bukan hanya dari UPN Yogyakarta namun juga mahasiswa geologi dari kampus luar,” ujar Putra.

Sedangkan American Association of Petroleum Geologists Chapter Fakultas Teknologi Mineral Universitas Pembangunan Nasional (AAPG UPN SC) merupakan wadah kegiatan bagi calon ahli geologi dan geofisika yang ingin mengeksplorasi kemampuan dan keinginan untuk menggali lebih dalam di bidang industri minyak, khususnya di lingkup UPN.

AAPG mengembangkan suasana kreatif dan kasual geologi dan geofisika rekayasa siswa yang ingin memiliki keterampilan untuk melangkah di depan siswa lain, dengan mengadakan serangkaian kegiatan yang mendukung internal dan eksternal untuk maju, termasuk: kuliah tamu, seminari , forum diskusi, fieldtrip dan workshop.

AAPG UPN tanggal SC berdiri pada 5 Juni 2000 oleh Roy Lesmana dan tim dan di bawah penasihat adalah Dr.Ir. Hendaryono, DEA sebagai Fakultas penasihat sampai sekarang.

AAPG Chapter UPN Yogyakarta ingin menjadi membantu dan organisasi berguna untuk UPN Yogyakarta dan Indonesia dalam hal prestasi. Diukur di antara semua AAPG SC dengan meningkatkan bakat dan kreativitas dalam geoscience tersebut. Organisasi ini juga ingin menjadi wadah untuk penelitian geosains dan minyak bumi industri lancar. (edo)

Check Also

Sinergitas TNI, SKK Migas Untuk Pengamanan Aset dan Operasi Hulu Migas

RESOURCESASIA.ID, JAKARTA – Dalam rangka pengamanan aset dan operasi industri hulu migas, TNI dan SKK …

Leave a Reply